Tips Mengajarkan Anak Agar Mau Minta Maaf Saat Melakukan Kesalahan

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: | Oleh

Tanggal tayang Maret 30, 2020
Bagikan sekarang

Seiring bertambahnya usia, semakin banyak hal yang perlu orang tua ajarkan. Berbagai faktor dan elemen dalam kehidupan lambat laun akan dipelajari anak. Satu hal yang tidak kalah penting adalah mengajarkan anak untuk minta maaf. Namun bukan hanya sekadar minta maaf. Anda perlu membimbing anak agar tidak melakukan kesalahan yang sama setelah mengutarakan rasa penyesalan.

Bukan hanya sekadar minta maaf

Beberapa pakar anak setuju bahwa orang tua tidak perlu memaksakan anak untuk meminta maaf ketika melakukan kesalahan. Namun, bukan berarti si kecil bebas melakukan perbuatan yang bersifat menyimpang atau melanggar aturan.

Orang tua perlu mengajarkan anak untuk minta maaf dengan cara menjelaskan alasan mengapa mereka harus berkata maaf sekaligus belajar tentang cara berperilaku baik pada saat yang bersamaan.

Contohnya, memaksa anak untuk minta maaf setelah memukul anak lain tanpa mengubah perilaku merupakan cara mendidik yang kurang baik dan tidak efektif.

Tips mengajarkan anak untuk minta maaf dengan tulus

mengajarkan anak peduli sesama

Mengajarkan anak untuk minta maaf secara tulus memang tidak mudah. Untuk itu, orang tua perlu mulai mengajarkan hal ini sejak dini agar anak terbiasa. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu:

Manfaatkan perilaku buruk anak sebagai kesempatan untuk belajar

Para pakar memiliki opini yang berbeda-beda, tapi sebagian besar setuju bahwa menjelaskan anak mengenai kesalahan yang telah mereka buat dan dampaknya terhadap orang lain merupakan cara terbaik untuk mengajarkan anak untuk minta maaf.

Setelah memberikan waktu bagi anak untuk berpikir mengenai perilakunya, tanyakan pada mereka apa yang bisa ia lakukan untuk memperbaiki situasi yang telah terjadi.

Beri tahu anak perilaku apa saja yang salah

mengajarkan anak untuk menghargai penyandang disabilitas

Orang tua perlu secara tegas memberi tahu anak ketika mereka melakukan sebuah kesalahan dan perilaku yang salah. Beberapa contohnya seperti saat menggigit, memukul, atau merebut mainan anak lain.

Jika menghiraukan perilaku salah, secara tidak sadar Anda telah menanamkan pada anak bahwa perilaku tersebut bukan sebuah kesalahan dan tidak akan menghasilkan konsekuensi negatif.

Menjadi contoh yang baik

Hal yang wajar jika anak tidak tahu cara untuk membuat sebuah situasi menjadi lebih baik. Oleh karena itu, Anda perlu mencontohkan bagaimana merespon sebuah keadaan agar anak lebih terbiasa untuk minta maaf.

Kemampuan anak untuk menyelesaikan sebuah hubungan dipelajari dari orang tua. Penting untuk mengajarkan anak bahwa selalu ada masalah dalam suatu hubungan sekaligus ada juga cara untuk memperbaikinya.

Ajarkan anak minta maaf dengan cara menyelesaikan masalah

Terkadang, meski anak sudah minta maaf dengan tulus, masalah belum sepenuhnya selesai. Hal yang lebih penting adalah memperbaiki dan menyelesaikan sebuah situasi permasalahan.

Ajukan pertanyaan seperti, “Apa yang bisa aku lakukan untuk membuatmu lebih baik?”. Lalu juga berikan pilihan seperti pelukan kemudian mengembalikan mainan yang direbut.

Metode SORRY

Amanda Morin, seorang guru dan penulis buku The Everything Parent’s Guide to Special Education menjelaskan cara mengajarkan anak untuk minta maaf dengan tahapan SORRY.

  • S untuk Stand up. Agar anak mengucapkan rasa penyesalan dengan tulus, ia harus mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dan dampaknya pada anak atau orang lain.
  • O untuk Own itSetelah anak memahami situasi yang terjadi, tahap selanjutnya adalah mengajarkan posisinya sebagai pelaku atau yang membuat salah, sehingga ia harus bertanggung jawab.
  • R untuk Respond differently. Si kecil akan berpikir apa yang seharusnya dilakukan dan belajar dari kesalahan. Proses ini membantu anak belajar apa yang perlu (atau tidak) dilakukan ketika akan merespon sebuah situasi.
  • R untuk Repair the damageSeperti yang sudah dibahas sebelumnya, menyelesaikan masalah perlu dilakukan setelah anak minta maaf agar situasi jadi lebih baik.
  • Y untuk Yield to their feelingsBagian dari proses meminta maaf dengan tulus adalah tidak berharap orang lain untuk langsung memaafkan.

Tidak mudah memang untuk mengajarkan anak untuk minta maaf bahkan sebagian orang tua mungkin melakukan kesalahan. Namun, tetap usahakan untuk tidak memaksakan anak untuk melakukan hal ini.

Dengan beberapa tips di atas, diharapkan anak akan lebih mudah menunjukan rasa empati seiring dengan bertambahnya usia.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Cara Mengajarkan Anak Menjaga Kebersihan Lingkungan

Kebersihan lingkungan merupakan hal yang penting bagi kehidupan manusia. Lalu, bagaimana mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan lingkungan?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Ihda Fadila
Parenting, Tips Parenting April 11, 2020

Ini 5 Manfaat Mengajarkan Anak Bahasa Asing

Mengajarkan anak bahasa asing memberikan manfaat kognitif dan kemampuan berpikir kritis. Namun tidak hanya itu, ada beragam keuntungan yang bisa ia dapatkan

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Maria Amanda
Parenting, Tips Parenting April 7, 2020

7 Tips Mengajarkan Anak Agar Rajin Merapikan Mainan Sendiri

Merapikan mainan mungkin tugas yang sederhana, tapi orangtua perlu sedikit trik untuk mengajarkannya kepada anak. Inilah sederet tips untuk Anda.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Diah Ayu
Parenting, Tips Parenting April 6, 2020

Benarkah Langkah Orangtua Memberi Hukuman Mengurung Anak?

Saat anak berbuat kesalahan, orangtua terkadang memberi hukuman dengan mengurung anak di kamar untuk merenungi kesalahannya. Apakah hal ini baik dilakukan?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Ihda Fadila
Parenting, Tips Parenting April 3, 2020

Direkomendasikan untuk Anda

Menghukum Anak Karena Berbohong Justru Akan Membuatnya Berbohong Lagi

Menghukum Anak Karena Berbohong Justru Akan Membuatnya Berbohong Lagi

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh Ulfa Rahayu
Tanggal tayang April 29, 2020
Cara Mengajari Anak Menulis dengan Baik dan Rapi

Cara Mengajari Anak Menulis dengan Baik dan Rapi

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Annisa Hapsari
Tanggal tayang April 27, 2020
Ketahui Penyebab Anak Pendiam dan Cara Menghadapinya

Ketahui Penyebab Anak Pendiam dan Cara Menghadapinya

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Annisa Hapsari
Tanggal tayang April 26, 2020
5 Cara Efektif Mengatasi Anak Malas Belajar

5 Cara Efektif Mengatasi Anak Malas Belajar

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Annisa Hapsari
Tanggal tayang April 13, 2020