Kesalahan Umum yang Dilakukan Ortu Saat Mengajari Anak Menjaga Kesehatan Gigi dan MulutIni adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Sudah banyak memang orangtua yang mengajari anak mereka teknik menyikat gigi dengan benar. Sayangnya, tidak sedikit juga yang masih luput melakukan kesalahan berikut tanpa disadari.

Cara salah mengajari anak menyikat gigi

Jika berbagai cara keliru ini terus diterapkan anak sampai ia besar nanti, ia akan lebih mudah mengalami masalah gigi.

1. Anak boleh tidak gosok gigi sebelum tidur

obat kumur untuk anak

Hayo, Anda sering membolehkan anak bolos menyikat gigi di malam hari?

Hasil studi global dari Unilever pada tahun 2019 menemukan sekitar 24% orangtua di Indonesia mengaku sesekali membolehkan anaknya tidak sikat gigi sebelum tidur sebagai bentuk “hadiah”.

Padahal, studi tersebut melaporkan anak yang jarang menyikat gigi pada malam hari lebih rentan sakit gigi.

2. Asal pakai perlengkapan sikat gigi

mengajari anak gosok gigi

Mengajari anak menyikat gigi dengan perlengkapan yang salah kenyataannya malah tidak efektif. Coba cek lagi sikat dan pasta gigi yang Anda sediakan untuk si kecil di rumah.

Sikat gigi anak sebaiknya yang berbulu lembut, kepalanya kecil dengan lebar yang pas dengan mulutnya, dan gagangnya nyaman ketika digenggam tangan si kecil. Dengan begitu, anak akan lebih mudah menjangkau semua giginya saat menyikat.

Pastikan juga pasta giginya mengandung fluoride. Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan American Dental Association (ADA) pun menekankan pentingnya bagi anak menyikat gigi dengan pasta gigi ber-fluoride. Fluoride sudah terbukti efektif oleh berbagai penelitian untuk melindungi gigi anak dari karies.

3. Menyikat gigi dengan gerakan lurus

anak rajin sikat gigi

Ini merupakan salah satu kesalahan menyikat gigi yang paling banyak dilakukan oleh orang dewasa. Bila Anda terbiasa melakukannya, Anda akan lebih mungkin untuk mengajari si kecil dengan cara yang sama.

Alih-alih gigi bersih dan sehat, menyikat gigi dengan gerakan lurus dan bolak-balik justru dapat menyebabkan sejumlah masalah. Sebut saja gusi berdarah dan meradang, erosi gigi, dan penumpukkan plak.

Cara menyikat gigi yang benar adalah menempatkan sudut kepala sikat agak miring dengan posisi membentuk sudut 45 derajat. Lalu, sikatlah gigi dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah di mulai dari gigi depan, gigi yang dekat dengan pipi dan lidah, hingga sisi dalam gigi.

Pastikan seluruh permukaan gigi disikat bersih, sehingga plak atau sisa makanan yang mungkin masih menempel bisa hilang semua.

4. Tidak mencuci sikat gigi sampai bersih

mencegah gigi anak keropos

Sikat gigi yang tidak dicuci sampai bersih dan dikeringkan dengan baik rentan menjadi sarang bakteri. Sebab, bulu sikat yang lembap serta sisa pasta gigi dan kotoran yang masih menempel di sikat merupakan tempat yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Alhasil, gigi anak berisiko lebih tinggi terkena infeksi bakteri nantinya.

Maka dari itu, ajarkan anak cara membersihkan dan mengeringkan sikat gigi dengan baik. Hindari menggunakan sikat gigi ketika masih dalam keadaan basah.

5. Membiarkan anak menyikat gigi sendiri

mulai menyikat gigi

Maksud hati mungkin ingin membuat anak mandiri. Namun, membiarkan anak menyikat gigi sendiri tanpa dibekali ilmu yang tepat justru dapat membuat anak melakukan cara yang salah. Misalnya anak menyikat gigi terlalu sebentar, menggosok gigi dengan gerakan lurus bolak-balik (bukan melingkar), dan masih banyak lagi.

Oleh sebab itu, coba luangkan waktu setiap pagi atau sebelum tidur untuk mengajak anak menyikat gigi bersama-sama. Dampingi terus sampai si kecil benar-benar mampu melakukannya sendiri, dengan cara yang benar.

Terus ingatkan anak supaya menyikat gigi setidaknya 2 menit untuk memastikan bahwa gigi mereka benar-benar bersih. Menurut para ahli, anak-anak umumnya sudah bisa lancar menyikat gigi sendiri mulai usia sekitar 8 tahun.

Sekarang Anda bisa membuat waktu sikat gigi jadi lebih menyenangkan di rumah. Caranya, tonton episode Petualangan Mama Sigi & Pepo untuk membangun kebiasaan menyikat gigi yang baik bagi si kecil setiap pagi dan malam. Klik tautan berikut (m.me/tanyapepsodent) untuk mulai menonton!

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca