Ciptakan Momen Sikat Gigi yang Seru di Malam HariIni adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Menyikat gigi harus dibiasakan sejak usia anak-anak. Sebab, kesehatan gigi sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh anak secara menyeluruh. Meski begitu, membangun kebiasaan anak untuk menyikat gigi bisa dibilang gampang-gampang susah. Terlebih membiasakan anak menyikat gigi di malam hari saat sudah mengantuk. Lantas, bagaimana cara mengajak anak supaya mau sikat gigi di malam hari? Yuk, ketahui caranya di bawah ini.

Pentingnya menyikat gigi pada malam hari

Riset global terbaru yang dilakukan Unilever pada tahun 2019 lalu mengungkapkan, anak yang kebersihan mulutnya buruk ternyata jarang sikat gigi di malam hari. Fakta ini didapat dari hasil riset yang melibatkan 8 negara, termasuk Indonesia.

Sembilan puluh persen orangtua di Indonesia yang terlibat riset ini membenarkan anak-anaknya sudah rajin menyikat gigi dua kali sehari. Sayangnya, 24% dari mereka mengaku sesekali memperbolehkan anak-anaknya membolos sikat gigi di malam hari.

Riset tersebut juga melaporkan bahwa anak yang jarang menyikat gigi pada malam hari lebih berpotensi mengalami sakit gigi. Alhasil, anak akan lebih mudah untuk mengalami masalah gigi, seperti karies atau gigi berlubang.

Itu sebabnya selain menyikat gigi setelah bangun pagi, pastikan anak Anda juga terbiasa membersihkan giginya sebelum tidur malam. Kebiasaan ini harus sudah mulai diajarkan sejak dini. Dengan begitu, anak akan merasa ada sesuatu yang kurang setiap kali ia tidak sikat gigi pada pagi dan malam hari.

Trik mengajak anak rajin sikat gigi di malam hari

obat kumur untuk anak

Sebagai orangtua, Anda harus cerdik menciptakan momen yang seru supaya anak mau sikat gigi secara teratur setiap malam sebelum tidur.

Berikut beberapa trik menyenangkan mengajak anak rajin sikat gigi yang bisa Anda tiru.

1. Menyikat gigi bersama

Agar kebiasaan menyikat gigi di malam hari lebih menyenangkan bagi anak, jadikan kesempatan ini sebagai waktu menyikat gigi bersama keluarga.

Luangkan waktu setiap sebelum tidur untuk mengajak anak bersama-sama menyikat gigi. Anda bisa menggunakan momen ini sebagai quality time dengan keluarga sekaligus mengajarkan anak sikat gigi dengan benar.

Namun, supaya anak mau menyikat gigi setiap hari, sebaiknya Anda pun harus menunjukkan bahwa Anda juga rajin menyikat gigi. Ingat, anak-anak adalah peniru yang ulung.

Sambil berdiri di depan cermin, berilah contoh pada anak cara menyikat gigi yang benar. Dimulai dari banyaknya pasta gigi yang harus diambil, cara memegang gagang sikat, hingga teknik menggosoknya. 

Bila anak awalnya menolak menyikat gigi dengan benar dan menggosok semaunya saja, jangan terlalu dipermasalahkan. Seiring waktu teknik menyikat gigi anak akan terasah dengan sendirinya.

Hal yang paling penting, Anda sudah mulai menanamkan kebiasaan menyikat gigi di malam hari sejak dini.

2. Biarkan anak memilih pasta gigi dan sikat gigi sendiri

Agar anak semakin bersemangat untuk menyikat gigi, ajaklah ke toko dan biarkan mereka memilih pasta gigi dan sikat giginya sendiri. 

Saat ini sudah banyak pilihan pasta gigi dan sikat gigi khusus anak di pasaran. Sikat gigi untuk anak biasanya tersedia dengan beragam bentuk yang menggemaskan serta warna yang cerah. 

Bukan hanya itu saja. Pasta gigi khusus anak juga biasanya dibuat dengan berbagai rasa menarik, sehingga menambah keceriaan si kecil saat menyikat gigi.

3. Beri reward untuk anak

Sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan anak karena mau menyikat giginya setiap hari, Anda bisa memberikan mereka sebuah reward

Namun, jangan memberikan si kecil makanan-makanan manis yang justru dapat memicu kerusakan giginya. Bila Anda ingin menghadiahi anak makanan, sebaiknya berikan mereka camilan sehat.

4. Menyikat gigi sambil bermain

Cara menyenangkan lainnya supaya anak mau teratur sikat gigi setiap malam adalah dengan mengajaknya bergabung dalam tantangan menyikat gigi, seperti Mama Sigi dan Pepo. 

Lewat Tantangan 21 Hari ini, Anda dan anak bisa bersama-sama menonton episode seru tentang cara belajar menyikat gigi bersama tokoh binatang yang lucu.  Alhasil, menyikat gigi tidak lagi menjadi aktivitas yang membosankan bagi anak. Dengan begitu, si kecil pun akan mulai membangun kebiasaan menyikat gigi yang baik. 

Mama Sigi dan Pepo akan mengajak anak-anak untuk berpetualang sambil memandu mereka menyikat gigi malam sebelum tidur. Setiap malam, Anda akan mendapatkan notifikasi tentang petualangan terbaru di ponsel Anda.

Tantangan ini dapat membantu anak membangun kebiasaan menyikat gigi yang baik dalam 21 hari.  Anak pun akan senantiasa bersemangat setiap kali melakukannya.

Sekarang, Anda bisa membuat waktu menyikat gigi jadi lebih menyenangkan di rumah! Kunjungi tautan ini untuk menonton episode Petualangan Mama Sigi & Pepo untuk membangun kebiasaan menyikat gigi yang baik bagi si kecil.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca