5 Manfaat Seni untuk Tumbuh Kembang Si Kecil yang Sayang Jika Dilewatkan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Tanpa perlu diajarkan, anak-anak sebenarnya sudah sangat lekat dengan seni. Mencoret-coret tembok, menyanyi, hingga bermain peran saat memainkan bonekanya menjadi perwujudan seni yang sering dilakukan anak secara alami. Namun, apakah Ibu tahu apa saja manfaat seni untuk anak? Berikut ulasannya.

Berbagai manfaat seni untuk anak

mainan anak DIY

Seni menjadi salah satu bidang penting untuk membantu mengasah keseimbangan kerja otak si kecil. Tak hanya itu, seni juga memiliki berbagai manfaat yang sangat sayang jika dilewatkan, seperti:

1. Merangsang kreativitas si kecil

Seni membuat si kecil bisa mengekspresikan sisi kreatifnya. Dalam seni tidak ada yang benar atau salah. Semua orang punya cara kreatif untuk menuangkannya. Mendorong si kecil untuk terlibat dalam berbagai hal yang berbau seni mendorongnya untuk berpikir dan bertindak dengan cara yang tak biasa.

Jika keterampilan ini diasah terus menerus maka kemampuan ini akan datang secara alami dalam situasi lain dan menjadi bekal yang sangat penting untuk masa depannya.

Lantas bagaimana cara merangsang kreativitasnya? Salah satu caranya melalui proses menggambar dan mewarnai.

Menggambar dan mewarnai membantu anak untuk mengekpresikan diri dan imajinasinya ke dalam sebuah gambar serta warna. Tak perlu menyuruhnya untuk membuat gambar tertentu, ibu hanya perlu memfasilitasi si kecil dengan secarik kertas dan pensil warna atau krayon. Lalu, biarkan si kecil bereksplorasi dengan dirinya sendiri melalui pensil warna dan krayon yang ada di tangannya.

2. Mengajarkan kesabaran dan kerja keras

Tidak ada hasil yang instan, begitu pun saat anak memelajari seni. Seni tari dan musik misanya mengajarkan anak bahwa latihan adalah satu-satunya cara untuk mengasah kemampuannya. Tanpa latihan terus menerus si kecil tak akan bisa menguasai keterampilan tersbut.

Melalui proses ini, si kecil akan belajar mengenai arti kesabaran dan kerja keras. Jika sejak kecil anak sudah diperkenalkan dengan keterampilan ini maka di masa depan nanti ia akan belajar untuk tetap sabar dan tidak mudah menyerah dalam memelajari hal baru.

3. Meningkatkan kepercayaan diri

Seni membantu meningkatkan kepercayaan diri si kecil. Apalagi pada anak yang cenderung pemalu, mengajarkan seni bisa membantunya untuk lebih percaya diri untuk tampil di depan umum atau saat menunjukkan karyanya. Misalnya, anak-anak yang ikut kelas musik atau drama dan berkesempatan tampil di depan umum mendapat kesempatan untuk mengatasi ketakutan dalam menghadapi orang lain.

Tak hanya itu, seni gambar dan mewarnai misalnya memberi anak kesempatan untuk memamerkan bakatnya. Oleh karena itu ketika si kecil menunjukkan hasil karyanya dalam bentuk apapun ibu wajib memujinya. Dengan memberikan pujian, kepercayaan diri si kecil akan terus bertambah. Si kecil juga akan termotivasi untuk terus berkarya lebih banyak dan lebih baik lagi.

4. Melatih fokus dan konsentrasi

Seni membantu anak untuk lebih perhatian pada banyak detail. Untuk bisa melihat banyak detail, anak harus fokus dan konsentrasi penuh. Misalnya, saat belajar musik anak diminta akan memerhatikan perbedaan nada antara do di awal dan do di akhir.

Selain itu dalam proses mewarnai misalnya anak akan belajar untuk fokus bagaimana caranya agar warna tetap berada di dalam garis, bukan di luar.

Semua kegiatan ini membutuhkan fokus dan konsentrasi yang tinggi. Oleh karena itu, anak-anak yang belajar seni biasanya lebih mampu untuk melihat sesuatu dengan detail dalam semua aspek kehidupannya saat dewasa kelak.

5. Melatih koordinasi mata dan tangan

Manfaat seni yang satu ini bisa didapatkan salah satunya saat anak belajar menggambar dan mewarnai. Saat menggambar dan mewarnai, anak akan belajar keterampilan koordinasi dasar seperti cara yang tepat untuk memegang krayon, mengarahkan krayon, dan mengenali warna yang digunakan.

Tak hanya itu, mewarnai gambar yang sudah disediakan akan melatih koordinasi mata dan tangannya secara berbarengan. Dengan bimbingan dari orangtua, si kecil belajar bagaimana caranya mewarnai tanpa keluar garis dan tetap berada pada area yang ditentukan. Kemampuan koordinasi mata dan tangan ini akan sangat membantu anak saat proses membaca dari kiri ke kanan dan saat belajar menulis.

Agar kemampuan ini bisa terasah sejak dini, tak ada ruginya jika ibu mulai mengenalkan dan memotivasi si kecil dengan menyediakan buku gambar dan buku mewarnai lengkap dengan pensil warna serta krayonnya.

Dengan mengetahui berbagai manfaat seni untuk tumbuh kembang si kecil, ibu tak perlu lagi ragu untuk mengajarkan berbagai jenis kesenian padanya. Untuk itu mulai sekarang, yuk fasilitasi si kecil dengan berbagai alat penunjang kesenian yang disukainya.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Januari 3, 2018 | Terakhir Diedit: Februari 11, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca