Yuk, Coba Aktivitas Anak yang Seru Ini di Rumah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020 . 4 mins read
Bagikan sekarang

Memiliki anak yang aktif menjadi pertanda bahwa anak dalam kondisi sehat. Hanya saja, tidak jarang hal ini membuat orangtua merasa kewalahan, sehingga sulit mendukung sikap anak yang aktif tersebut. Anda tidak perlu khawatir, untuk menjaga anak tetap aktif pun sebenarnya bisa dilakukan meski hanya di rumah. Apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di rumah agar anak tetap aktif?

Ragam aktivitas di rumah untuk anak agar tetap aktif

Anak yang aktif sangat baik untuk kesehatan dan perkembangan dirinya. Dilansir dari KidsHealth, anak yang aktif secara fisik memberikan manfaat kesehatan bagi tubuhnya.

Beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh anak aktif, termasuk meningkatkan kepadatan tulang dan otot, berat badan yang sehat, menurunkan risiko terkena diabetes, memiliki tidur yang lebih berkualitas, serta memiliki pandangan hidup yang lebih baik.

Selain itu, menjaga aktivitas anak pun dapat membantu anak memiliki kepercayaan diri serta termotivasi, fokus, dan sukses di sekolah.

Untuk itu, meski hanya di rumah, orangtua perlu tetap mendukung sikap aktif anak. Hal utama yang perlu dilakukan adalah membatasi menonton televisi serta menonton video atau bermain games di handphone.

Melakukan beragam aktivitas atau bermain untuk anak adalah proses penting dalam tumbuh kembang. Berikut ragam aktivitas dan permainan yang bisa dilakukan anak agar ia tetap aktif meski hanya di dalam rumah.

1. Menari

Menari bisa menjadi aktivitas pilihan bagi anak meski hanya di rumah. Apalagi anak-anak, terutama balita, cenderung menyukai menari. Anda bisa menyalakan musik yang anak Anda suka dan menarilah bersama. Bila perlu, Anda dan anak bisa bermain freeze dance untuk menambah keseruannya.

Aturan menari untuk anak sederhana, mulai menari ketika musik diputar. Ketika seseorang yang ditunjuk menghentikan musik, semua orang harus diam tanpa melakukan pergerakan sedikitpun.

2. Main petak umpet

Siapa yang tidak tahu main petak umpet? Aktivitas ini sangat digemari banyak orang, termasuk anak, dan tentu membuat anak tetap aktif karena harus berlarian. Biarkan Anda yang menjadi penjaganya ketika bermain petak umpet dan dorong anak Anda agar berlari dan bersembunyi di sekitar rumah.

3. Hula hoop

Bermain hula hoop sangat baik untuk memperkuat otot anak Anda. Aktivitas ini pun dapat dilakukan anak hanya di dalam rumah. Namun, Anda harus memastikan agar bermain hula hoop tidak terlalu dekat dengan barang pecah belah atau furnitur rumah.

4. Bermain gelembung

Bermain gelembung sangat menyenangkan bagi anak. Buatlah cairan dari sabun dan gunakan tongkat gelembung atau sedotan yang dilipat untuk menghasilkan gelembung dari sabun tersebut. Anda bisa melakukan hal ini di sekitar rumah Anda, seperti di teras atau di balkon. Dorong anak Anda untuk mengejar dan menangkap gelembung tersebut agar tetap aktif bergerak.

5. Olahraga di teras rumah

Tidak bisa ke mana-mana bukan berarti tidak boleh ke luar rumah. Anda bisa melakukan aktivitas olahraga bersama anak di teras rumah, seperti bermain sepak bola atau basket. Aktivitas ini tentu menyenangkan bagi anak Anda dan membuat ia tetap aktif. Beberapa olahraga pun bisa dilakukan di dalam rumah, seperti bermain voli menggunakan balon.

6. Memasak

Bila bosan dengan permainan, Anda bisa memasak dengan anak Anda. Buatlah masakan yang sederhana, tetapi sangat disukai anak, seperti membuat smoothies bersama anak, memanggang kue atau resep makanan lain yang seru dibuat bersama anak.

Beberapa kegiatan dalam memasak memang berbahaya. Oleh karena itu, minta anak untuk melakukan hal-hal yang sederhana, tetapi membutuhkan keterampilan fisik agar ia tetap aktif, seperti mengaduk adonan atau menghancurkan bahan makanan tertentu.

7. Berkebun

Berkebun bisa menjadi salah satu aktivitas yang bisa dilakukan anak agar tetap aktif meski di rumah. Kegiatan ini bisa dilakukan di teras rumah Anda, seperti mengeruk tanah dan menanamkan benih di dalamnya, menyirami tanaman, atau bahkan memanen buah atau sayuran yang sudah tumbuh. Selain membuat anak tetap aktif, kegiatan ini pun bisa menjadi salah satu cara bagi anak untuk belajar.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Keuntungan untuk Anak Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga di Sekolah

Dibanding nonton tv atau main game, Anda lebih baik membujuk anak untuk ikut kegiatan klub olahraga di sekolah. Kenapa? Ini manfaatnya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Anak, Parenting 14/07/2019 . 4 menit baca

Asah Kemampuan Motorik Halus Anak dengan 3 Aktivitas Sederhana Ini

Kemampuan motorik halus anak akan lebih terampil jika terus Anda latih. Nah, Anda bisa mengasah kemampuan motorik anak dengan beberapa aktivitas berikut.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Parenting, Nutrisi Anak 19/01/2019 . 3 menit baca

Seberapa Penting Kesenian Bagi Perkembangan Anak?

Bukan hanya menyenangkan, belajar seni juga memberikan banyak manfaat untuk perkembangan anak. Apa saja manfaat seni dan bagaimana cara mengenalkannya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Parenting, Tips Parenting 13/04/2018 . 4 menit baca

4 Persiapan Olahraga untuk Anak yang Penting Dilakukan

Sebagaimana orang dewasa, butuh persiapan olahraga untuk anak agar aktivitas ini bermanfaat optimal. Yuk, ketahui apa saja persiapan yang diperlukan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Parenting, Tips Parenting 05/03/2018 . 7 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

nutrisi untuk anak aktif

Kebutuhan Asupan Nutrisi yang Perlu Dipenuhi Anak Aktif dan Suka Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30/06/2020 . 6 menit baca
aktivitas untuk anak gagap

3 Aktivitas Seru dan Menyenangkan untuk Si Kecil yang Gagap

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 07/06/2020 . 4 menit baca
aktivitas anak di rumah

Aktivitas Fisik untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak Usia 1-3 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 15/01/2020 . 5 menit baca
melatih anak mengorganisasikan sesuatu

Asah Kemampuan Si Kecil Mengorganisasikan Barang Dengan 4 Tips Ini

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 29/11/2019 . 5 menit baca