Perkembangan Bayi di Usia 5 Minggu

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Perkembangan Bayi Usia 5 Minggu

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi saya di usia 5 minggu (1 bulan 1 minggu)?

Menurut Denver II, perkembangan bayi di usia 5 minggu atau 1 bulan 1 minggu, umumnya sudah mencapai hal-hal berikut ini:

  • Mampu melakukan gerakan tangan dan kaki secara bersamaan dan berulang kali.
  • Bisa mengangkat kepalanya sendiri.
  • Bersuara dengan merengek dan menangis.
  • Bisa memandang wajah orang yang berada di dekatnya.
  • Bisa tersenyum dengan sendirinya saat diajak bicara.

Kemampuan motorik kasar

Tidak jauh berbeda dengan usia di minggu sebelumnya alias 4 minggu, di usia 5 minggu ini si kecil masih terus melakukan gerakan-gerakan tangan dan kakinya secara bersamaan.

Perkembangan lainnya, di usia 5 minggu atau 1 bulan 1 minggu ini, bayi juga dapat mengangkat sebentar kepalanya. Ia juga akan memiringkan kepalanya alias menengok mengikuti pergerakn sesuatu yang menarik perhatiannya. Misalnya saat melihat Anda berjalan mengitari setiap sudut ruangan.

Kemampuan komunikasi dan bahasa

Setiap kali berusaha menunjukkan keinginannya, buah hati Anda masih mengandalkan cara utamanya yakni dengan menangis.

Kemampuan motorik halus

Tangan-tangan kecilnya masih akan bergerak ke sana kemari bersamaan dengan pergerakan kakinya. Menariknya, perkembangan jari-jari tangan bayi usia 5 minggu atau 1 bulan 1 minggu juga tampak mulai mampu menggenggam sesuatu yang diletakkan di telapak tangannya.

Itu sebabnya, ketika telapak tangan bayi sedang terbuka dan Anda menyentuhnya mengunakan 1 jari Anda, si kecil refleks akan menutup tangannya. Dengan kata lain, ia menggenggam jari tangan Anda.

Kemampuan sosial dan emosional

Kemampuan si kecil dalam mengamati wajah orang-orang yang ada di sekitarnya semakin handal. Terlebih lagi, ia juga mampu merasakan dan merespons dengan gerakan tubuh ketika Anda berjalan mendekatinya.

Contohnya ketika sedang menangis dan merasa Anda berjalan mendatanginya, perlahan-lahan suara tangisan si kecil akan mereda. Sampai akhirnya Anda benar-benar datang dan menggendongnya, barulah tangisannya kemudian berhenti.

Apa yang harus saya lakukan untuk membantu perkembangan bayi usia 5 minggu?

Ajaklah anak berinteraksi secara rutin. Si kecil akan menyukai perhatian Anda pada tahap ini. Berkomunikasilah untuk mengajarkannya tentang struktur dan fungsi bahasa.

Berkomunikasi dengan bayi juga merupakan cara meningkatkan keakraban dan kasih sayang antara Anda dan bayi Anda.

Kesehatan Bayi Usia 5 Minggu

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 5?

Dokter akan melakukan pemeriksaan tergantung kondisi bayi Anda. Namun, bila Anda membawa bayi ke dokter untuk memeriksa perkembangan di usia 5 minggu atau 1 bulan 1 minggu, konsultasikanlah tentang hal di bawah ini:

  • Jika Anda cemas dengan kebiasaan, pola tidur, dan pola menyusui bayi yang tidak wajar selama satu minggu terakhir.
  • Pengukuran berat badan, panjang, dan lingkar kepala bayi, serta perkembangan bayi sejak lahir.
  • Cek pendengaran dan penglihatan bayi.

Jangan ragu untuk memeriksakan dengan dokter, apabila ada masalah pada bayi yang tidak bisa ditunggu sampai kunjungan berikutnya.

Apa yang harus diketahui pada perkembangan bayi 5 minggu?

Beberapa hal yang perlu Anda ketahui guna mendukung perkembangan bayi 5 minggu atau 1 bulan 1 minggu, yaitu:

1. Muntah

Pada beberapa bulan pertama, kebanyakan bayi sesekali muntah alias gumoh, bahkan setiap setelah bayi Anda menyusu. Terkadang bayi muntah karena terlalu banyak minum ASI.

Tidak ada obat untuk menyembuhkan muntah bayi. Namun Anda bisa mencoba mengurangi jumlah udara yang masuk saat bayi menyusu.

Walaupun muntah adalah hal yang biasa dan tidak berbahaya, beberapa jenis muntah bisa menjadi masalah. Hubungi dokter bila bayi muntah diiringi dengan, tersedak, batuk berkepanjangan, atau muntahan berwarna cokelat atau hijau.

2. Alergi susu

Alergi susu adalah alergi makanan paling umum terjadi pada bayi, tak terkecuali di masa perkembangan usia 5 minggu atau 1 bulan 1 minggu. Bayi yang mengalami gejala alergi susu yang parah biasanya akan terus muntah dan buang air besar berair, yang mungkin juga bercampur darah.

Beberapa bayi yang alergi susu mungkin juga mengalami eksim, gatal-gatal, napas berbunyi, dan hidung mengeluarkan ingus atau tersumbat.

Tidak ada cara mengetes alergi susu, kecuali dengan cara coba-coba. Bila Anda mencurigai adanya alergi susu, diskusikan kemungkinan alergi dengan dokter sebelum mengambil langkah apapun.

3. Buang air besar

Bayi yang diberi ASI biasanya mengeluarkan feses yang lembut atau terkadang berair. Namun Anda harus waspada jika feses atau pup bayi terlalu cair, berbau, dan mungkin mengandung lendir.

Pasalnya, hal tersebut bisa jadi tanda kalau bayi mengalami diare. Terutama jika bayi mengalami demam atau kehilangan berat badan secara drastis. Biasanya, diare jarang terjadi pada bayi yang hanya minum ASI eksklusif. Sekalipun hal tersebut terjadi, bayi yang diberi ASI cenderung lebih cepat sembuh dari diare dibandingkan bayi yang diberi susu formula.

Akan tetapi, bila kotoran bayi tidak memiliki bentuk tertentu atau berbentuk butiran keras, anus bayi akan menjadi sakit dan berdarah karena adanya retakan atau luka, bayi mungkin mengalami sembelit. Bila Anda mencurigai anak Anda terkena sembelit, konsultasikan kepada dokter.

Yang Harus Diperhatikan

Apa yang perlu diwaspadai pada perkembangan bayi 5 minggu?

Di beberapa bulan pertama kelahirannya, ada sejumlah hal yang harus Anda perhatikan guna mendukung perkembangan bayi 5 minggu atau 1 bulan 1 minggu. Beberapa di antaranya seperti:

  • Segera ganti popok bayi yang basah untuk menghindari ruam popok.
  • Pastikan Anda menyusui bayi secara teratur setiap beberapa jam sekali.
  • Pastikan urin bayi jernih, ini artinya asupan cairannya terpenuhi dengan baik.
  • Berikan bayi tempat tidur yang nyaman.
  • Ciptakan rasa tenang untuk bayi.
  • Pastikan bayi cukup tidur di siang hari.
  • Kamar tidur bayi harus mendapatkan cahaya yang cukup di siang hari.

Bagaimana perkembangan bayi Anda di minggu ke-6?

Sumber
Yang juga perlu Anda baca