4 Kiat Memilih Sikat Gigi yang Tepat untuk Balita

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Gigi membantu anak untuk mengolah makanan. Tidak hanya itu, gigi juga membantu berbicara dan membentuk wajah anak. Sama seperti orang dewasa, anak -anak terutama usia balita harus mulai dikenalkan dengan kebiasaan menggosok gigi. Salah satu yang harus dipersiapkan untuk belajar menyikat gigi tentu mempersiapkan sikat gigi. Agar tidak salah pilih, ikuti tips memilih sikat gigi anak berikut ini.

Alasan kenapa anak perlu menggosok gigi

Anak-anak cenderung menyukai makanan manis, seperti permen. Permen cenderung meninggalkan sisa yang menempel di gigi.

Adanya sisa makanan di mulut memungkinkan bakteri berkembang biak dan menyebabkan lubang pada gigi. Menurut Kids Health, plak yang menumpuk juga bisa menyebabkan gingivitis, yakni penyakit yang membuat gusi bengkak, sakit, dan memerah. Untuk mencegah hal tersebut, si kecil perlu diajari menggosok gigi dengan rutin.

Tips memilih sikat gigi anak balita yang tepat

anak sikat gigi bersama

Jika Anda berencana untuk mengajari si kecil menggosok gigi, mulailah dengan memilih sikat gigi anak yang tepat. Salah pilih sikat gigi bisa menyebabkan masalah, entah tidak nyaman digunakan atau melukai mulut dan gusi.

Agar tidak terjadi, ikuti beberapa langkah untuk memilihnya berikut ini.

1. Pastikan sesuai dengan usia anak

Tidak semua sikat gigi yang dijual di toko sama. Khusus untuk anak-anak, sikat gigi memiliki ukuran yang lebih kecil. Namun, ada juga sikat gigi untuk orang dewasa yang juga berukuran kecil.

Supaya tidak salah, Anda bisa memerhatikan kemasan pembungkus sikat gigi. Beberapa merek produk biasanya mencantumkan rentang usia atau label “anak-anak” pada kemasan. Jika Anda tidak menemukan label anak-anak, jangan cemas, tanyakan pada penjaga toko untuk memastikan.

2. PIlih tipe sikat gigi

Di pasaran Anda akan menemukan dua jenis sikat gigi, yakni manual dan elektrik. Umumnya, orang akan menggunakan sikat gigi manual.

Sementara itu, sikat gigi elektrik didesain lebih canggih karena sikat dapat berputar dan anak hanya perlu menempelkannya pada gigi.

Sebaiknya, Anda memilih sikat gigi manual untuk anak. Hal ini membantunya memahami bagaimana cara sikat gigi yang benar.

Setelahnya, bergantung pada preferensi Anda, apakah hendak menggantinya atau tetap membiarkan pakai yang manual.

3. Pilih yang nyaman dan baik kualitasnya

Memilih sikat gigi untuk anak tidak hanya mempertimbangkan tipenya. Anda perlu memastikan ia nyaman menggunakan sikat gigi yang Anda beli untuknya. Pilih ukuran gagang sikat gigi yang sesuai dengan genggaman tangan si kecil. Jika terlalu besar, kemungkinan sikat gigi akan mudah jatuh ketika digunakan.

Amati pula bulu sikat giginya. Pilih bulu sikat gigi yang lembut dan tipis karena lebih aman untuk gigi dan gusi si kecil. Langkah selanjutnya pilih sikat gigi yang dikemas dengan wadah tertutup dan kemasannya tidak rusak.

4. Model dan warna patut diperhitungkan

Langkah terakhir, biarkan anak memilih sendiri sikat gigi yang ingin ia gunakan. Memberi kebebasan anak untuk memilih bisa menarik minat anak untuk belajar menyikat gigi. Si kecil mungkin tertarik dengan bentuknya yang menyerupai tokoh karakter yang ia suka atau warnanya yang menarik.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca