Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Awas Bahaya Kandungan Detergen dalam Pasta Gigi!

    Awas Bahaya Kandungan Detergen dalam Pasta Gigi!

    Menyikat gigi adalah salah satu fondasi utama untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi. Namun hati-hati. Pasta gigi favorit Anda mungkin bisa berbalik menjadi bumerang. Kandungan detergen pasta gigi dilaporkan berkaitan dengan masalah kesehatan.

    SLS, kandungan detergen pasta gigi yang harus diwaspadai

    Banyak orang yang membeli pasta gigi tanpa terlebih dulu membaca label komposisinya. Ini adalah kesalahan fatal.

    Banyak produk pasta gigi yang mengandung bahan berpotensi bahaya bagi kesehatan, termasuk beberapa yang dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang.

    Salah satu yang harus diwaspadai adalah kandungan detergen pasta gigi bernama SLS, atau sodium lauryl sulfate. SLS adalah zat yang berfungsi menciptakan banyak busa untuk meluruhkan plak dan kotoran yang menempel di gigi.

    Tidak hanya itu, SLS juga diklaim mampu memutihkan gigi dan memberikan efek mulut senantiasa bersih dan segar.

    Bahaya kandungan detergen pasta gigi pada kesehatan

    pasta gigi sensitif

    Anda mungkin pernah sesekali mengalami luka atau sariawan kecil di mulut akibat kebiasaan menggosok gigi terlalu keras. Namun apabila Anda masih suka sariawan meski cara menyikat gigi Anda sudah benar, bisa jadi ini disebabkan oleh kandungan detergen pasta gigi.

    Parahnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Dentistry Norwegia menyebutkan bahwa SLS secara khusus dapat menghambat fungsi mineral fluoride untuk mencegah gigi berlubang.

    Penelitian terbitan European Journal of Dentistry menyebutkan penggunaan SLS paling berisiko menyebabkan iritasi pada jaringan lunak dalam rongga mulut dibandingkan pasta gigi yang mengandung detergen jenis cocoamidopropyl-betaine (CAPB).

    Sementara itu, pasta gigi bebas detergen sama sekali tidak menyebabkan iritasi.

    Hal senada juga ditemukan para peneliti yang mempublikasikan hasil penelitiannya dalam Journal of Oral Disease pada 2012.

    Mereka melaporkan kandungan SLS dalam pasta gigi menyebabkan sariawan berulang, serta efek rasa nyeri yang lebih menyakitkan dibandingkan dengan pasta gigi yang tidak mengandung SLS.

    Menurut American College of Toxicology, SLS yang tertelan dapat bertahan dalam tubuh hingga 5 hari dan bisa terus menumpuk dalam jantung, hati (liver), paru-paru, dan otak semakin sering Anda menggosok gigi.

    Ketika berinteraksi dengan bahan kimia lainnya, sodium laurel sulfate dapat berubah menjadi nitrosamin. Nitrosamin adalah agen karsinogen kuat yang menyebabkan tubuh menyerap nitrat berbahaya.

    Pentingnya baca label komposisi bahan

    Itu sebabnya penting bagi Anda untuk selalu mengecek label komposisi bahan pada kemasan pasta gigi yang Anda gunakan sehari-hari.

    Berdasarkan penelitian-penelitian yang telah dilakukan, batas aman kadar SLS SLS dalam pasta gigi yakni di bawah 0,5 persen.

    Selain SLS, zat detergen lainnya yang rentan menyebabkan sariawan adalah pyrophosphate. Zat perasa dalam pasta gigi juga turut berperan serta dalam risiko ini.

    Jika pasta gigi yang Anda gunakan mengandung beberapa bahan yang sudah disebutkan di atas, ada baiknya Anda menghindari pemakaiannya. Jika perlu, berkonsultasilah ke dokter gigi untuk memastikan keamanan pasta gigi yang Anda gunakan.


    Sering sakit gigi atau punya gigi sensitif?

    Yuk gabung Komunitas Gigi Mulut agar kamu bisa tanya dokter atau berbagi cerita bersama member lainnya.


    health-tool-icon

    Kalkulator BMI (IMT)

    Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Toxic Toothpaste Ingredients You Need to Avoid. http://articles.mercola.com/sites/articles/archive/2015/09/09/toxic-toothpaste-ingredients.aspx. Accessed 26/04/2017.

    Human and Environmental Toxicity of Sodium Lauryl Sulfate (SLS): Evidence for Safe Use in Household Cleaning Products. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4651417/. Accessed 26/04/2017.

    Effects of Oral Rinsing With Triclosan and Sodium Lauryl Sulfate on Dental Plaque Formation: A Pilot Study. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/labs/articles/8362195/. Accessed 26/04/2017.

    Sodium Lauryl Sulphate. http://www.healthychoices.co.uk/sls.html. Accessed 26/04/2017.

    The Effect of the Addition of Tricalcium Phosphate to 5% Sodium Fluoride Varnishes on the Microhardness of Enamel of Primary Teeth. https://www.hindawi.com/journals/ijd/2013/486358/. Accessed 26/04/2017.

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui Jan 24
    Ditinjau secara medis oleh drg. Farah Nadiya