Solusi Mudah Agar Anak Doyan Sayur dan Buah

Oleh

Ada banyak alasan mengapa anak Anda harus makan berbagai macam sayuran dan buah. Sayur dan buah-buahan kaya akan vitamin penting, seperti vitamin C dan asam folat. Sumber makanan sehat ini juga memiliki zat lainnya yang dianggap penting untuk membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.

Semua sayuran dan buah-buahan adalah makanan sehat. Buah dan sayuran terdiri dari banyak warna, bentuk, tekstur dan variasi: segar, beku, kalengan atau kering. Untuk menyiasati anak agar tidak bosan makan, Anda bisa menghidangkan sayur dan buah-buahan untuk dimakan mentah, dimasak, dikukus, direbus, ditumis, atau dipanggang.

Agar anak doyan makan sayur dan buah tanpa harus dipaksa, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan berikut ini.

1. Berikan anak berbagai jenis buah dan sayuran

Variasi sangatlah penting. Cobalah untuk memilih buah dan sayuran dengan warna yang beragam, terutama oranye, hijau dan merah seperti melon, buah-buahan persik (nektarin, prune, peach, aprikot, ceri, kurma), brokoli, bayam, sayuran hijau, tomat, wortel dan labu.

 2. Mahal tak berarti lebih baik

Kadang, harga sayur dan buah-buahan bisa melambung tinggi. Untuk menghemat biaya, beli buah dan sayuran pada musim yang tepat dan pilih alternatif olahan lain, seperti yang beku atau kalengan. Vitamin dan nutrisi dalam makanan tersebut setara seperti buah segar.

3. Cuci semua buah dan sayuran

Penelitian menunjukkan bahwa jumlah pestisida pada sayuran segar dan buah sangat rendah sehingga tidak perlu khawatir, bahkan pada anak yang masih sangat kecil dan ibu menyusui. Namun, sayuran dan buah harus tetap selalu dicuci sebelum dimakan untuk mengurangi reiiko dari kontaminasi mikroba.

4. Hindari memberikan jus buah dalam kemasan

Sayur dan buah-buahan lebih baik untuk dikonsumsi dalam bentuk asli, diiringi dengan air putih untuk mencegah haus. Jus buah dapat menjadi sumber yang baik dari beberapa vitamin, tetapi jus buah dalam kemasan  biasanya tinggi gula alami dan rendah serat. Jika Anda menambahkan jus buah dalam makanan anak Anda, batasi konsumsi si kecil hanya satu cangkir per hari.

5. Keripik kentang bukan pilihan terbaik

Jika Anda ingin memberi kentang pada anak, jangan memilih bentuk keripik. Memang terbuat dari kentang, tetapi keripik dimasak menggunakan minyak. Keripik kentang tinggi lemak dan garam, dan lebih baik disajikan untuk acara-acara tertentu saja.

6. Fruit bar atau cereal bar tidak sesehat yang Anda kira

Makanan ini mengandung kadar gula tinggi. Meskipun biasanya mengandung ekstrak buah, tetapi rendah serat dan dapat menempel pada gigi anak-anak, sehingga lebih baik jika dihindari. Biasakan hidangkan buah-buahan segar untuk menghindari anak Anda doyan makan fruit bar atau permen jeli buah-buahan.

7. Awasi anak-anak saat makan buah

Untuk mengurangi risiko tersedak, balita dan anak-anak harus selalu duduk dan diawasi setiap kali mereka makan, termasuk buah segar yang dipotong-potong, sayuran, dan semua makanan padat.

Yang juga perlu Anda baca