Menentukan Porsi Makan Bayi Sesuai dengan Usianya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 27/03/2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Ketika bayi mulai memasuki usia 6 bulan, ibu sudah harus bersiap untuk memperkenalkan makanan pendamping ASI (MPASI) guna memenuhi kebutuhan gizinya. Namun, banyak ibu yang mungkin masih merasa bingung bagaimana cara memberikan bayinya makan atau seberapa banyak porsi makan bayi yang harus disiapkan. 

Supaya lebih jelas, mari simak informasi berikut mengenai porsi makan bayi yang pas sesuai usianya.

Porsi makan bayi berdasarkan usia

Kemampuan makan bayi akan terus mengalami perkembangan seiring bertambahnya usia. Selain dari segi kemahiran dalam menggunakan tangannya sampai akhirnya mampu menggunakan alat makan, porsi makan bayi juga akan terus bertambah.

Oleh karena itu, sejak awal diperkenalkan dengan makanan padat ibu tidak bisa asal dalam memberikan porsi makanan kepada bayi.

Asupan nutrisi untuk bayi memang penting, tetapi tidak kalah baiknya juga untuk mengetahui porsi makanan yang tepat sesuai kemampuan si kecil. Nah, berikut penjelasan porsi makan bayi di setiap usia:

1. Porsi makan bayi 6-8 bulan

makanan penyebab sembelit pada bayi

Memberikan makanan pendamping ASI pada bayi yang baru memasuki usia 6 bulan memang tidak mudah. Mungkin sebagian besar dari mereka akan menolak karena belum terbiasa dengan rasa makanan yang Anda berikan.

Jika bayi menolak makanan yang Anda sajikan, bukan berarti ia tidak suka. Akan tetapi, bayi mungkin butuh waktu untuk menyesuaikan diri dari yang tadinya menyusu ASI eksklusif sampai akhirnya sekarang belajar makan.

Itulah mengapa selama masa awal pemberian makanan pendamping ASI (MPASI), Anda harus sangat bersabar dan terus mencoba memberikan makanan pada bayi. 

Selama si kecil sudah menunjukkan tanda siap makan makanan padat, biasanya ia memang sudah siap untuk belajar makan sendiri.

Menurut WHO sebagai badan kesehatan dunia, porsi makan bayi 6 bulan atau yang baru pertama kali belajar makan adalah sekitar 2-3 sendok makan (sdm).

Seiring bertambahnya usia, biasanya porsi makan bayi di usia 7 bulan sudah meningkat hingga mencapai ½ mangkuk ukuran 250 mililiter (ml). 

Sampai akhirnya di usia bulan ke-8, bayi telah berhasil terbiasa menghabiskan porsi makan dengan takaran ½ mangkuk ukuran 250 ml. 

Bukan masalah untuk memberikan makanan padat secara sedikit-dikit dan perlahan. Ini karena tujuan utamanya adalah agar si bayi mau dan mampu untuk makan makanan padat saat ia mencapai usia 12 bulan atau 1 tahun.

Aturan pemberian makanan bayi 6-8 bulan

Berikut adalah pedoman pemberian makan untuk si kecil yang berusia 6-8 bulan:

ASI masih menjadi makanan bayi yang bisa Anda berikan sampai usianya 24 bulan atau 2 tahun. Pemberian ASI selama masa MPASI bisa disesuaikan dengan jadwal atau waktu menyusui.

Sereal bayi

Anda bisa memulai memberikan bayi Anda makanan lunak seperti sereal bayi. Porsi sereal yang bisa Anda berikan sesuai dengan kemampuan makan bayi dan tingkatkan seiring bertambahnya usia. 

Buah

Pilihlah buah yang dagingnya lembut, bisa dilumatkan, dan sebaiknya jangan gunakan buah yang berasa asam. Buah yang bisa jadi pilihan Anda misalnya pepaya, alpukat, dan pisang. 

Sayur-sayuran

Sayur-sayuran seperti wortel, brokoli, dan labu sebaiknya dilembutkan terlebih dahulu. Dalam satu hari porsi makanan bayi untuk sayuran dan buah-buahan bisa disesuaikan kembali dengan kemampuan si kecil. 

Daging dan sumber protein hewani lainnya

Sama dengan sayuran, daging dan sumber protein hewani lainya diolah menjadi sangat halus dan lumat. Hal ini dilakukan untuk memudahkan bayi memakannya.

Protein nabati

Protein nabati yang dimaksud misalnya tahu, kacang kedelai, kacang merah, atau kacang hijau. Anda bisa membuat berbagai jenis kacang-kacangan tersebut menjadi bubur atau puree.

Camilan bayi

Camilan bayi bisa Anda berikan saat bayi mulai belajar makan, tetapi tetap dengan porsi yang tidak terlalu banyak. Anda bisa memberikan potongan buah yang dilumatkan (puree).

Dalam masa awal pengenalan makanan, Anda harus memberikan bayi satu per satu jenis makanan. Pastikan juga Anda menunggu setidaknya dua atau tiga hari agar bayi dapat beradaptasi dengan satu jenis makanan yang baru dicobanya.

Porsi makan bayi 9-11 bulan

makanan hangat pada bayi

Porsi makan bayi yang berusia 9-11 bulan sudah mulai banyak karena bayi sudah mulai beradaptasi dengan aneka makanan yang Anda berikan.

Kemampuan mengunyah bayi juga semakin baik disertai dengan jumlah gigi yang kian bertambah. Di masa ini, Anda bisa mulai melatih belajar untuk memegang sendoknya sendiri.

Sementara untuk porsi makan bayi usia 9 bulan sudah jauh lebih baik karena ia berhasil menghabiskan ½ mangkuk ukuran 250 ml. 

Sampai kemudian usianya mencapai 10 bulan, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menjelaskan bahwa porsi makan bayi juga kurang lebih masih sekitar ½ mangkuk ukuran 250 ml. 

Akhirnya di usia 10 bulan, porsi makan bayi biasanya sekitar ½-¾ mangkuk ukuran 250 ml. 

Aturan pemberian makanan bayi 9-11 bulan

Secara rincinya, berikut cara memberikan makanan untuk bayi:

  • ASI, masih dianjurkan untuk diberikan. Frekuensi pemberian ASI yaitu sekitar 3-4 kali dalam satu hari atau setara dengan 700-800 mL.
  • Sereal bayi, bisa Anda berikan sekitar 10-16 sendok teh per hari.
  • Buah-buahan. Anda masih perlu melumatkan buah-buahan atau dibuat menjadi puree buah. Berikan puree buah tersebut sebanyak 4-8 sendok teh per hari dalam dua kali waktu makan.
  • Sayuran harus dipotong kecil-kecil dan dimasak hingga empuk. Porsi sayur yang dapat Anda berikan yaitu sekitar 4-8 sendok kecil per hari dalam dua kali waktu makan.
  • Lauk-pauk. Anda sudah boleh memberikan lauk-pauk yang beragam jika bayi sudah berada pada masa ini. Misalnya saja Anda memberikan daging sapi, daging ayam, keju, dan ikan (tanpa tulang) sebanyak 6-8 sendok teh. Pastikan lauk memiliki tekstur yang lembut.
  • Makanan sumber karbohidrat bisa diberikan sedari awal sejak bayi belajar makan. 

3. Porsi makanan bayi 12-24 bulan

menu makanan bayi 1 tahun

Bayi yang sudah mencapai usia 12 bulan atau 1 tahun sudah mampu menghabiskan porsi makan sekitar ¾ pada mangkuk berukuran 250 ml. 

Seiring perkembangannya, sampai akhirnya bayi yang berusia 2 tahun bisa melahap habis seluruh makanannya di mangkuk yang berukuran 250 ml.

Namun, tetap ingat bahwa waktu makan bayi sebaiknya tidak lebih dari 30 menit untuk sekali makan.

Aturan pemberian makanan bayi 12-24 bulan

  • Berikan makanan utama berupa makanan keluarga dengan bumbu ringan dan tidak terlalu pedas.
  • Berikan makanan selingan atau camilan untuk bayi berupa buah, kue, biskuit, puding, bubur, dan lain sebagainya.
  • Selama bayi tidak mengalami alergi, tidak ada batasan makanan untuk diberikan pada si kecil.

Bagaimana porsi untuk bayi yang berusia kurang dari 6 bulan?

makanan padat dan kualitas tidur bayi

Idealnya, bayi memang baru diperbolehkan makan saat usianya sudah 6 bulan. Hanya saja, terkadang ada beberapa kondisi yang mau tidak mau membuat perkenalan bayi dengan makanan padat menjadi lebih cepat.

Biasanya, hal ini dikarenakan berat badan bayi yang kurang sehingga mengharuskannya mendapatkan asupan zat gizi yang lebih banyak selain dari ASI.

Jika ini yang terjadi, porsi makan bayi usia kurang dari 6 bulan sebenarnya bisa Anda samakan dengan bayi usia 6 bulan.

Kemudian seiring bertambahnya usia, tentu Anda bisa meningkatkan porsi makan si kecil menjadi lebih banyak sedikit demi sedikit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Panduan Menerapkan Jadwal MPASI Usia 6-24 Bulan Beserta Aturannya

Sejak dini bayi sebaiknya punya jadwal MPASI yang teratur. Agar lebih optimal, ortu perlu tahu seperti apa jadwal makan yang tepat untuk bayi.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Parenting, Nutrisi Anak 01/04/2020 . Waktu baca 8 menit

Aneka Macam Resep Makanan Bayi yang Sehat dan Menggugah Selera

Menyajikan menu makanan bayi dalam masa MPASI sebenarnya tidak sulit. Berbekal resep ini, mari buat aneka makanan yang sehat dan lezat untuk bayi yuk, Bu!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Parenting, Nutrisi Anak 01/04/2020 . Waktu baca 12 menit

Bayi Kurang dari 6 Bulan Diberikan Makanan, Boleh atau Tidak, Ya?

Bayi yang belum genap 6 bulan seharusnya masih menyusu ASI. Namun, bolehkah memberikan makanan untuk bayi di bawah 6 bulan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Parenting, Nutrisi Anak 30/03/2020 . Waktu baca 7 menit

Panduan Menyiapkan dan Memberikan Makanan Bayi Sampai Usia 2 Tahun

Pemberian makanan untuk bayi penting guna memenuhi kebutuhan gizi hariannya. Namun, jangan asal, pahami dulu berbagai hal penting seputar makanan si kecil.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Parenting, Nutrisi Anak 29/03/2020 . Waktu baca 12 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kebutuhan lemak untuk bayi

Tidak Selalu Buruk, Ini Jumlah Kebutuhan Lemak untuk Bayi yang Harus Dipenuhi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/04/2020 . Waktu baca 7 menit
kebutuhan protein bayi

Memahami Kebutuhan Protein Bayi dan Pilihan Sumbernya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 09/04/2020 . Waktu baca 7 menit
menu makanan bayi 7 bulan

Agar Lebih Bervariasi, Begini Cara Membuat Menu Makanan Bayi 7 Bulan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 05/04/2020 . Waktu baca 7 menit
jadwal makan bayi di bawah 6 bulan

Ketika Sudah Mulai MPASI, Ini Jadwal Makan Bayi di Bawah Usia 6 Bulan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 04/04/2020 . Waktu baca 6 menit