Menyusui Langsung Atau Dengan Botol? Ketahui Dulu Manfaat dan Kelemahannya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Tak sedikit ibu yang merasa bingung memilih antara menyusui langsung atau menyusui dengan botol. Sebenarnya, hal ini kembali ke pilihan masing-masing ibu. Namun ingat, jika keputusan ini tentu akan memengaruhi pola asuh Anda. Supaya tak bingung, Anda bisa mempertimbangkannya dengan mengetahui pro dan kontra dari keduanya. Lantas, apa saja pro dan kontra dari menyusui langsung dan menyusui dengan botol?

Manfaat menyusui langsung bagi ibu dan bayi

Tentu, manfaat menyusui sangat banyak bagi ibu dan bayi. Untuk ibu, menyusui bayi dapat membantu rahimnya kembali ke ukuran semula, membakar kalori lebih banyak, dan menurunkan risiko kanker payudara, kanker ovarium, hingga diabetes.

Nah, menyusui langsung juga terbukti baik untuk kesehatan ibu dan bayi. Memberikan ASI pada si kecil dengan langsung dari payudara Anda meningkatkan ikatan antara ibu dan anak.

Dengan cara ini juga, ibu tak perlu repot menyiapkan berbagai peralatan seperti pompa, botol susu, dan produk aksesoris botol lainnya. Anda bisa memberikan bayi Anda ASI kapan saja ketika bayi Anda siap.

Manfaat menyusui langsung untuk bayi

  • ASI memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk pertumbuhan dan tetap sehat.
  • Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan si kecil. Bayi yang diberi ASI cenderung tidak mengalami diare dan sakit perut.
  • Memeperkuat sistem kekebalan tubuh bayi.
  • Meningkatkan IQ. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayi yang diberi ASI mungkin memeliki IQ yang lebih tinggi daripada bayi yang diberi susu formula.
  • Mencegah sindrom kematian bayi mendadak atau sudden infant death syndrome (SIDS).
  • Berpotensi melindungi dari beberapa kondisi seperti asma, alergi, diabetes, dan obesitas.
  • Baik untuk perkembangan pada bayi prematur.

Jika Anda memilih untuk menyusui langsung bayi Anda, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk melakukannya selama Anda merasa nyaman. Semakin lama Anda menyusui, semakin besar manfaat kesehatan yang Anda dan si kecil dapatkan.

Menyusui dengan botol juga ada kelebihannya, apa saja?

mencampur ASI dan susu formula dalam botol

Jika Anda memberi bayi Anda ASI dengan botol, maka bayi akan tetap mendapatkan manfaat yang sama dengan menyusui langsung. Namun, jika Anda memberi ASI dengan botol, manfaat yang akan didapatkan adalah:

1. Lebih praktis

Memompa ASI dan kemudian mengumpulkannya di dalam botol-botol tentu akan lebih praktis bagi Anda yang memiliki jadwal yang agak padat. Anda dapat menyusui si kecil di mana pun dan kapan pun dengan botol.

Bila memang Anda sedang tidak ada di dekat sang bayi, orang terdekat Anda tetap bisa memberikan ASI yang sudah dikumpulkan di dalam botol pada si kecil.

2. Bisa mengukur kebutuhan bayi

Memberikan ASI dengan botol membuat Anda tahu berapa banyak susu yang bayi habiskan dalam satu waktu. Dengan begitu Anda akan tahu ‘porsi’ standar yang ia butuhkan. Jika suatu saat ia minum susu kurang dari biasanya, maka Anda pun akan lebih mudah mengetahuinya.

3. Memberikan kesempatan anggota keluarga lain

Jadwal memberi makan bayi bisa jadi kesempatan untuk mendekatkan dan menjalin ikatan dengan si bayi. Tentu saja Anda yang setiap hari menyusuinya sudah memiliki ikatan tersebut.

Maka itu, dengan memberikan si kecil ASI dari botol, dapat memberikan kesempatan anggota keluarga lain untuk menjalin ikatan tersebut dengan si kecil.

Supaya bisa memilih, ketahui dulu kelemahan dari keduanya

Masing-masing cara tersebut memang memiliki kelebihannya sendiri, begitu juga kekurangan yang sebaiknya Anda ketahui. Dengan begitu, Anda dapat memilih dengan tepat cara menyusui seperti apa yang cocok bagi Anda.

Menyusui langsung

Meskipun memberikan bayi Anda ASI secara langsung sehat untuk Anda dan si kecil, tapi ini juga bisa memberikan tantangan tersendiri untuk Anda.

  • Anda mungkin merasa tidak nyaman, terutama selama beberapa kali menyusui.
  • Tidak ada cara untuk mengukur seberapa banyak bayi Anda minum ASI.
  • Anda harus memperhatikan obat-obatan yang Anda konsumsi, kafein, dan asupan makanan Anda. Karena beberapa hal yang masuk ke tubuh Anda akan diteruskan ke bayi melalui ASI.
  • Bayi baru lahir akan lebih sering makan, sehingga mungkin akan sulit jika Anda perlu bekerja tapi tetap mengikuti jadwal menyusui si kecil.

Menyusui dengan botol

  • Susu formula tidak memberikan perlindungan yang sama terhadap infeksi seperti ASI.
  • Anda perlu mencampur dan menyiapkan susu formula untuk memastikan suhu yang tepat.
  • Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menyiapkan botol, susu formula, puting karet, dan pompa payudara.
  • Susu formula mungkin dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit dan gas.

Share now :

Direview tanggal: Mei 19, 2018 | Terakhir Diedit: Mei 15, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca