Apa Saja yang Terkandung Dalam ASI?

Oleh

ASI menyediakan nutrisi yang ideal sekaligus melengkapi semua kebutuhan bayi untuk tumbuh, seperti vitamin, protein, dan lemak. Dan itu semua disediakan dalam bentuk yang lebih mudah dicerna daripada susu formula. ASI mengandung antibodi yang membantu bayi Anda melawan virus dan bakteri. Menyusui juga menurunkan risiko bayi Anda terhadap asma atau alergi. Lebih lanjut lagi, bayi yang mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama tanpa pemberian susu formula apapun akan memiliki imun tubuh yang lebih kuat terhadap infeksi telinga, penyakit pernapasan, dan serangan diare. Mereka juga akan lebih jarang di rawat inap dan mengunjungi dokter.

Sejumlah penelitian melaporkan, pemberian ASI ekslusif telah dikaitkan dengan nilai IQ yang lebih tinggi di masa kanak-kanak. Terlebih lagi, kedekatan fisik, sentuhan dari kulit-ke-kulit, dan kontak mata akan memperkuat ikatan bayi dengan Anda sehingga bayi akan merasa aman. Bayi yang disusui akan memiliki berat badan yang pas saat bertumbuh, menghindari risiko kelebihan berat badan. Menyusui juga berperan dalam pencegahan SIDS (sindrom kematian bayi mendadak). Diperkirakan, pemberian ASI juga dapat menurunkan risiko diabetes, obesitas, dan kanker tertentu, walaupun masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Manfaat menyusui untuk ibu

Menyusui membakar kalori berlebih sehingga dapat membantu menurunkan berat badan pascamelahirkan dengan lebih cepat. Menyusui juga dapat menghasilkan hormon oksitosin yang membantu rahim kembali ke ukuran semula dan dapat mengurangi perdarahan rahim setelah melahirkan. Menyusui menurunkan risiko kanker payudara dan ovarium, juga menurunkan risiko osteoporosis.

Karena Anda tidak perlu membeli dan mengukur susu formula, mensterilkan puting, atau menghangatkan botol, ini akan menghemat waktu dan uang Anda. Hal ini juga memberi Anda waktu untuk bersantai dengan bayi Anda.

Apa yang terkandung dalam ASI?

Terdapat berbagai vitamin dan mineral pada ASI yaitu:

Protein

Terdapat dua jenis protein dalam ASI yaitu whey dan kasein. Sekitar 60% dari kandungan protein ASI adalah whey, sedangkan 40% lainnya adalah protein kasein. Keseimbangan protein baik untuk kelancaran pencernaan bayi. Susu formula memiliki persentase kasein yang lebih besar sehingga akan sulit bagi bayi untuk mencernanya. Sekitar 60-80% dari semua protein dalam susu manusia adalah protein whey. Protein ini sangat penting untuk melindungi diri dari infeksi.

Lemak

Susu manusia juga mengandung lemak yang penting untuk kesehatan bayi Anda. Hal ini diperlukan untuk perkembangan otak, penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, dan merupakan sumber utama kalori. Asam lemak diperlukan bagi otak, retina, dan pengembangan sistem saraf. Asam lemak disimpan dalam otak selama trimester terakhir kehamilan dan juga ditemukan dalam ASI.

Vitamin

Jumlah dan jenis vitamin dalam ASI secara langsung berkaitan dengan asupan vitamin ibu. Inilah alasan mengapa sangat penting bagi ibu untuk mendapatkan  nutrisi yang cukup, termasuk vitamin. Vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K, penting untuk kesehatan bayi, Begitu juga vitamin yang larut dalam air seperti vitamin C, riboflavin, niasin, dan asam panthothenic juga sangat penting. Karena kebutuhan vitamin ini, banyak penyedia layanan kesehatan dan konsultan  akan menyarankan ibu menyusui mengonsumsi vitamin prenatal.

Karbohidrat

Laktosa adalah karbohidrat utama yang ditemukan dalam susu manusia. Karbohidrat menghasilkan sekitar 40% dari total kalori yang disediakan oleh ASI. Laktosa membantu mengurangi jumlah bakteri tidak sehat di dalam perut, yang mana meningkatkan penyerapan kalsium, fosfor, dan magnesium. Menyusui juga membantu imun Anda untuk melawan penyakit dan meningkatkan pertumbuhan bakteri sehat di perut.

Yang juga perlu Anda baca