5 Cara Membantu Anak Mengatasi Stres Akibat Masalah di Sekolah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 27/02/2020 . 6 mins read
Bagikan sekarang

Tidak hanya orang dewasa yang dapat merasakan stres di kantor, anak pun dapat mengalami hal yang sama di sekolah mereka. Entah itu karena tugas sekolah yang tidak kunjung usai atau lingkungan yang buruk. Tentu sebagai orangtua Anda perlu membantu mengatasi stres anak di sekolah. 

Bagaimana caranya? Simak ulasan di bawah ini untuk membantu Anda mengetahui jawabannya.

Tips membantu mengatasi stres anak di sekolah

penyebab anak stres sekolah

Salah satu kunci membantu anak mengatasi stres akibat masalah di sekolah adalah mengajarkan mereka cara menyelesaikan masalah tersebut. Mulai dari merencanakan, mengetahui kapan harus menolak dan mengiyakan suatu ajakan dapat mengelola stres anak.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi potensi anak melarikan diri dari masalah dengan mengonsumsi makanan secara berlebihan, obat-obatan atau alkohol. Artinya, mereka cenderung lebih mudah merasa diyakini oleh sesuatu yang membuat pikiran lebih baik segera.

Seperti yang dilansir dari laman Mott Children’s Hospital, ada tiga cara yang dapat orangtua lakukan untuk menghilangkan stres anak, yaitu:

  • Mengurangi faktor yang dapat menyebabkan anak stres
  • Membantu mereka membangun cara menyelesaikan masalah
  • Mengajari anak cara melepaskan stres

Ketiga cara ini bisa diterapkan pada anak yang mengalami stres akibat masalah di sekolah. 

1. Mengatasi stres anak di sekolah dengan memperhatikan gejalanya

Salah satu cara membantu anak mengatasi stres di sekolah adalah dengan memperhatikan gejala stres tersebut. 

Kebanyakan kasus pada remaja yang memiliki masalah di sekolahnya, mereka cenderung terlihat lebih putus asa, seperti melukai diri sendiri. Walaupun mereka terlihat biasa saja dari luar, tanda tersebut adalah gejala stres yang cukup serius. 

Berbeda dengan anak yang lebih muda. Mereka menunjukkan tanda yang lebih halus, seperti pura-pura sakit agar tidak sekolah atau menghadapi masalah mereka. 

Terdengar sepele, tetapi ketika gejala tersebut sudah terlalu sering terjadi, mungkin saja anak Anda sedang mengalami stres berat di sekolahnya. 

2. Mengajari anak cara mengelola waktu

mengajari anak mengatur waktu

Selain memperhatikan gejalanya, mengatasi anak yang stres di sekolah bisa dilakukan dengan mengajari mereka mengelola waktu

Beberapa anak usia sekolah mungkin merasa berat hari-harinya karena terlalu banyak tugas yang harus dikerjakan dan les yang harus diikuti. Akibatnya, anak tidak tahu kapan harus mengerjakan tugas yang mungkin sudah menumpuk, sehingga mau tidak mau mengerjakannya di akhir pekan. 

Oleh karena itu, peran orangtua di sini sangat penting agar mereka tahu bagaimana caranya mengelola waktu. Beberapa tips di bawah ini mungkin dapat membantu anak Anda untuk bisa mengorganisir pekerjaan sekolah mereka menjadi terasa lebih ringan. 

  • Mengajarkan anak cara merencanakan kapan harus menyelesaikan tugas
  • Membantu anak mengerjakan tugas jika mereka merasa kesulitan
  • Menyediakan tempat belajar yang mendukung konsentrasi anak
  • Membantu anak menyeimbangkan antara belajar dan bermain

Hal ini dikarenakan aktivitas yang ditawarkan di luar jam belajar di sekolah pun cukup banyak. Selain bertujuan agar anak dapat bersosialisasi dengan murid lainnya, ekstrakulikuler juga membantu mengasah kemampuan mereka. 

Akan tetapi, tidak jarang hal tersebut menyita waktu belajar anak, sehingga mereka akhirnya kewalahan. Oleh karena itu, membantu anak mengelola waktu agar kehidupan sekolahnya seimbang sangat penting dilakukan oleh para orangtua. 

3. Membantu anak menjalani hidup sehat

menu sahur untuk anak

Setelah anak berhasil mengatur waktunya menjadi lebih seimbang, orangtua dapat membantu mereka mengatasi stres di sekolah dengan menerapkan cara mendorong anak  hidup lebih sehat

Sama seperti orang dewasa, pola hidup yang buruk pun dapat memengaruhi tingkat stres anak menjadi lebih tinggi. Kurang tidur dan makan tidak teratur pun dapat membuat anak stres. Oleh karena itu, sebagai orangtua Anda perlu membantu anak menjalani hidup yang lebih sehat. 

Misalnya, tidur yang cukup adalah suatu aktivitas yang sangat penting bagi setiap orang, bahkan anak Anda. Hal ini dikarenakan tidur dapat mengurangi stres, meningkatkan mood ,dan kinerja sekolah. 

Anda mungkin dapat menciptakan lingkungan agar anak mendapatkan tidur yang cukup dengan menjauhkan TV dan barang elektronik lainnya dari kamar tidur mereka. 

Selain itu, Anda mungkin dapat mulai program makan bersama keluarga demi mengurangi stres anak. Dengan begitu, Anda bisa mendengarkan dan berkomunikasi dengan mereka, setidaknya 4-5 kali dalam seminggu.

4. Membatasi tekanan yang diberikan ke anak

kesehatan anak orangtua

Sadarkah Anda bahwa terlalu menekan anak untuk menjadi berprestasi di sekolah juga dapat meningkatkan hormon stres di tubuh mereka?

Sadar atau tidak, ucapan seperti “bagaimana ujian matematika hari ini?” ketika anak pulang ke rumah ternyata dapat memengaruhi prinsip sukses di mata mereka. Bertanya seputar akademis setelah mereka pulang sekolah ternyata tidak jarang membuat anak mengira bahwa nilai sangat dihargai dibandingkan apapun. 

Alih-alih berkata demikian, mungkin ucapan tersebut bisa diganti dengan kabar mereka hari itu atau apakah mereka belajar sesuatu yang baru. Walaupun hal ini membutuhkan waktu dan latihan yang tidak sebentar, setidaknya Anda tidak terlalu menekan anak seputar sekolah. 

5. Mengajarkan anak cara melepas stres

kesehatan anak

Terakhir, Anda dapat membantu mengatasi stres anak di sekolah dengan mengajarkan mereka cara melepasnya. 

Hal ini bertujuan agar anak merasa jauh lebih baik dan merasa masa kecil mereka tidak begitu buruk karena tertekan oleh stres akibat masalah sekolah. 

Beberapa cara di bawah ini mungkin dapat membantu anak untuk melepaskan stres mereka agar tidak membelenggu masa kanak-kanak yang seharusnya menyenangkan:

  • Berolahraga
  • Menulis jurnal atau menggambar tentang apa yang mengganggu mereka
  • Mengajak anak mengekspresikan perasaan dengan menangis, marah, atau tertawa
  • Ikut dalam kegiatan relawan atau membantu orang lain
  • Mulai melakukan meditasi, teknik pernapasan, atau yoga

Peran orangtua sangat penting untuk membantu anak mengatasi stres akibat masalah di sekolah. Dengan begitu, Anda bisa melihat anak tumbuh dewasa dengan masa kecil yang menyenangkan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Begini Cara Mengatasi Stres Karena PHK Akibat dari Pandemi COVID-19

Imbas dari COVID-19 membuat sebagian pekerja diberhentikan dari pekerjaannya dan merasa stres. Yuk, kenali cara mengatasi stres karena PHK di sini.

Ditulis oleh: Nabila Azmi
Coronavirus, COVID-19 04/05/2020 . 7 mins read

Segudang Manfaat yang Ditawarkan Dari Bermain Golf yang Sayang Dilewatkan

Golf adalah salah satu olahraga yang cukup populer di segala usia. Manfaat dari bermain golf pun cukup banyak, apa saja ya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kebugaran, Hidup Sehat 17/04/2020 . 5 mins read

Kebahagiaan Bisa Jadi Pereda Stres, Lho! Ini Penjelasannya

Stres sering bikin pusing tujuh keliling. Namun, ada satu cara mudah untuk mengelolanya, yaitu kebahagiaan disebut dapat menjadi pereda stres. Benarkah?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Psikologi 05/04/2020 . 6 mins read

5 Hal yang Harus Dilakukan agar Menjadi Orangtua yang Lebih Positif

Sikap orangtua bisa mencerminkan anak-anaknya. Lalu, bagaimana cara menjadi orangtua yang baik dan lebih positif terhadap anak? Berikut penjelasannya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Parenting, Tips Parenting 22/01/2020 . 4 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat menulis jurnal mental

3 Manfaat Menulis Jurnal untuk Kesehatan Mental dan Cara Memulainya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 07/06/2020 . 6 mins read
stres mengubah bentuk otak

Stres Berkepanjangan Ternyata Bisa Mengubah Bentuk dan Fungsi Otak

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 07/06/2020 . 5 mins read
stres menangani kabar buruk

Stres Ternyata Membuat Seseorang Menerima Berita Buruk dengan Berbeda

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 04/06/2020 . 5 mins read
stres anak saat pandemi

Bagaimana Cara Membantu Anak Atasi Stres Saat Pandemi COVID-19?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020 . 4 mins read