home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Bukan Kelaparan Biasa, Pahami tentang Hidden Hunger pada Anak

Bukan Kelaparan Biasa, Pahami tentang Hidden Hunger pada Anak

Kata “hunger” mungkin identik dengan kondisi kelaparan. Namun faktanya, hidden hunger bukanlah kondisi kelaparan seperti pada umumnya. Apa maksud dari istilah ini dan apakah perlu dikhawatirkan?

Apa itu hidden hunger?

Hidden hunger, atau disebut juga dengan defisiensi mikronutrien, adalah salah satu bentuk kekurangan gizi atau malnutrisi pada anak.

Hidden hunger juga biasa disebut dengan kelaparan tersembunyi.

Ini terjadi ketika anak tidak mendapat asupan vitamin dan mineral esensial yang sesuai dengan kebutuhannya.

Vitamin dan mineral untuk anak yang dimaksud, yaitu zinc (seng), zat besi, yodium, kalsium, atau vitamin A, B, C, atau D.

Meski demikian, sebagian besar kasus hidden hunger terkait dengan kekurangan zat besi, vitamin A, atau yodium pada anak.

Data Food and Agriculture Organization (FAO) menyebutkan, sebanyak dua miliar orang atau sekitar satu dari tiga orang mengalami defisiensi mikronutrien.

Kondisi ini sering memengaruhi anak-anak, terutama dalam 1.000 hari pertama kehidupannya atau hingga usia 2 tahun.

Apakah hidden hunger berbahaya?

benjolan di leher anak

Mikronutrien itu sendiri berperan dalam proses tumbuh kembang anak serta membantu menjaga kesehatan anak, baik fisik maupun mental.

Kumpulan vitamin dan mineral ini memungkinkan tubuh untuk memproduksi enzim, hormon, dan zat lain yang dibutuhkan tubuh untuk bertumbuh dan berkembang secara normal.

Bila kebutuhan mikronutrien ini tidak terpenuhi, anak menjadi lebih rentan terhadap penyakit serta memiliki perkembangan fisik dan mental yang buruk.

Beberapa penyakit yang terkait defisiensi mikronutrien tertentu pun bisa terjadi.

Penyakit tersebut misalnya, anemia pada anak akibat kekurangan zat besi dan vitamin B12, penyakit gondok akibat kekurangan yodium, rabun senja atau kebutaan karena kurangnya vitamin A, hingga stunting jika kekurangan seng.

Kekurangan vitamin A juga bisa meningkatkan risiko kematian pada anak yang mengalami penyakit infeksi parah, seperti campak atau diare pada anak.

Apa tandanya anak mengalami hidden hunger?

Tidak seperti kekurangan protein, defisiensi mikronutrien tidak selalu terlihat tandanya secara akut dan jelas. Inilah mengapa kondisi ini disebut juga dengan “hidden” atau yang berarti sembunyi.

Namun, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut, defisiensi mikronutrien juga bisa menimbulkan berbagai kondisi kesehatan yang terlihat dan berbahaya.

Kondisi ini umumnya ditandai dengan penurunan tingkat energi, kejernihan mental, dan seluruh kemampuan tubuh anak.

Adapun kondisi-kondisi tersebut bisa berdampak pada penurunan nilai akademis anak, kurangnya produktivitas kerja, serta peningkatan risiko penyakit.

Beberapa tanda hidden hunger lainnya pun bisa muncul tergantung pada penyakit yang anak derita akibat defisiensi mikronutrien tertentu.

Ambil contoh, anak pusing atau terlalu cepat lelah karena menderita anemia akibat kekurangan zat besi dan vitamin B12.

Apa penyebab dari hidden hunger?

perbedaan marasmus dan kwashiorkor

Penyebab umum dari hidden hunger adalah pola makan anak yang buruk, yang tidak memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan.

Kondisi ini biasanya terjadi pada anak yang berada di negara berpenghasilan rendah.

Di negara berpenghasilan tinggi, kekurangan mikronutrien sering kali muncul bersamaan dengan kelebihan berat badan atau obesitas pada anak.

Ini terjadi ketika seorang anak terlalu banyak mengonsumsi makanan berkalori tinggi, tetapi zat gizi mikronya justru kurang.

Selain pola makan yang buruk, defisiensi mikronutrien juga bisa terjadi karena masalah kesehatan tertentu yang mengganggu penyerapan nutrisi anak, misalnya penyakit infeksi pada anak, seperti infeksi parasit.

Di sisi lain, hidden hunger juga bisa terjadi akibat tidak terpenuhinya vitamin dan mineral selama masa kehamilan dan menyusui, di mana kebutuhan gizi pada wanita umumnya meningkat.

Akibat kondisi tersebut, perkembangan janin selama masa kehamilan bisa terganggu.

Bahkan, defisiensi mikronutrien tertentu selama masa kehamilan meningkatkan risiko stillbirth, berat badan lahir rendah, hingga kelainan bawaan pada bayi.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Bagaimana mengatasi dan mencegah hidden hunger?

Cara paling utama untuk mengatasi dan mencegah hidden hunger adalah memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral esensial untuk anak.

Ini bisa dipenuhi melalui asupan makanan sehat untuk anak yang beragam dengan gizi yang seimbang.

Namun, bila melalui asupan makanan saja tidak cukup, cara-cara lainnya juga bisa dilakukan.

Melansir laman Our World in Data, berikut tiga strategi utama untuk mengatasi masalah defisiensi mikronutrien.

  • Suplemen makanan. Pemberian zat gizi mikro terkonsentrasi dalam bentuk pil, bubuk, atau cair.
  • Fortifikasi makanan. Penambahan sejumlah kecil mikronutrien ke produk makanan, seperti sereal, tepung terigu, dan beras.
  • Biofortifikasi. Peningkatan konsentrasi mikronutrien tertentu pada tanaman pangan pokok melalui pendekatan agronomi dan pemuliaan tanaman. Misalnya, beras yang ditanam dengan vitamin A konsentrasi tinggi.

Selain cara-cara tersebut, pemberian ASI eksklusif serta inisiasi menyusui dini (IMD) juga bisa membantu mencegah terjadinya hidden hunger pada anak.

Konsultasikan dengan dokter dan ahli gizi untuk informasi lebih lanjut.


Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Chapter 3: Addressing the Challenge of Hidden Hunger. Ifpri.org. (2022). Retrieved 3 January 2022, from https://www.ifpri.org/sites/default/files/ghi/2014/feature_1818.html

Goiters and Thyroid Nodules (for Parents) – Nemours KidsHealth. Kidshealth.org. (2022). Retrieved 3 January 2022, from https://kidshealth.org/en/parents/goiter.html

Micronutrients. Who.int. (2022). Retrieved 3 January 2022, from https://www.who.int/health-topics/micronutrients#tab=tab_1

Micronutrient Facts. Centers for Disease Control and Prevention. (2022). Retrieved 3 January 2022, from https://www.cdc.gov/nutrition/micronutrient-malnutrition/micronutrients/index.html

Ritchie, H., & Roser, M. (2022). Micronutrient Deficiency. Our World in Data. Retrieved 3 January 2022, from https://ourworldindata.org/micronutrient-deficiency

VIDEO: What is hidden hunger? | FAO. Fao.org. (2022). Retrieved 3 January 2022, from https://www.fao.org/about/meetings/icn2/news-archive/news-detail/en/c/265240/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui 2 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita