Di Usia Berapa Sebaiknya Anak Mulai Belajar Menyikat Gigi?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 24/01/2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Menjaga kebersihan mulut dan gigi pada anak adalah penting dan sebaiknya mulai ditanamkan sedini mungkin. Semakin awal Anda mengajarkannya, semakin mudah pula anak Anda melakukannya sebagai rutinitas. Cara menjaga kebersihan mulut dan gigi salah satunya dengan menyikat gigi. Lalu, kapan waktu yang tepat mengajarkan anak untuk mulai menyikat gigi?

Kapan anak mulai menyikat gigi?

Perawatan gigi anak sebaiknya dimulai sejak gigi pertamanya tumbuh. Saat gigi pertama baru menempel di gusi, Anda bisa mengelapnya dulu dengan kain yang bersih dan agak basah. Ketika nanti gigi pertama mulai tumbuh sempurna, Anda bisa mulai menyikat gigi anak Anda.

Namun, ada sebagian dokter juga menyarankan agar anak mulai menyikat gigi sejak empat gigi pertamanya tumbuh. Sebagian lagi menyarankan untuk menunda hingga anak berusia dua sampai tiga tahun.

Pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut, kepala yang kecil, dan pegangan yang besar. Terus dampingi proses menyikat gigi, sampai anak Anda bisa berkumur dan meludah tanpa bantuan. Biasanya ini dilakukan hingga sekitar usia enam tahun. Setelah usia tersebut, anak sudah bisa dibiarkan menyikat gigi secara mandiri.

Biasakan untuk menyikat gigi sebanyak dua kali sehari, pagi hari dan sebelum tidur. Luangkan waktu sekitar dua menit untuk menyikat gigi. Bila sudah dibiasakan sejak usia dini, maka semakin mudah juga untuk anak Anda menyikat gigi secara rutin.

Saat mulai menyikat gigi, apakah sudah boleh menggunakan pasta gigi?

Saat usia anak Anda sudah menginjak dua tahun, Anda bisa menambahkan pasta gigi yang mengandung flouride pada sikat giginya.

Namun, American Academy of Pediatric Dentistry (AAPD) menyarankan penggunaan pasta gigi yang mengandung flouride untuk mencegah gigi berlubang mulai dari gigi pertama, daripada menunggu sampai usia dua tahun.

Gunakan pasta gigi pasta sebesar biji beras pada permukaan sikat gigi, pada awal tumbuh gigi sampai usia sekitar tiga tahun. Ketika usia anak Anda sudah mencapai tiga tahun, Anda bisa menambahkan takaran pasta gigi pada permukaan sikat giginya.

Tidak perlu khawatir jika anak Anda menelan beberapa pasta gigi, karena itu tidak akan menyebabkan kerusakan pada gigi. Mulai usia dua tahun, Anda bisa mengajari anak Anda untuk meludah setelah menyikat gigi.

mengajarkan anak sikat gigi

Sebenarnya bisa mulai menyikat gigi sebelum gigi anak tumbuh

Merawat gigi sebenarnya bisa dilakukan sejak anak Anda belum tumbuh gigi. Bersihkan atau seka bagian gusi anak Anda secara lembut dengan kain lap. Seka secara perlahan dan lembut. Lakukan ini secara rutin dan setelah selesai menyusui.

Cara ini dilakukan untuk menghilangkan bakteri penyebab munculnya plak pada gigi yang nantinya tumbuh. Ini juga dapat meningkatkan kesehatan mulut anak Anda.

Jangan lupa bawa anak ke dokter gigi

Setelah mengenalkan anak dengan sikat gigi, bawa anak Anda ke dokter gigi. Ini juga merupakan salah satu upaya melindungi kesehatan gigi anak dan memperkenalkan anak dengan dokter gigi.

Tidak perlu menunggu gigi anak berlubang atau rusak untuk ke dokter gigi. Jika gigi anak tidak ada masalah, anak harus tetap pergi ke dokter gigi.

Biasanya kunjungan pertama ke dokter gigi dimulai pada usia satu tahun. Setelah kunjungan pertama dilakukan, jadwalkan kunjungan lagi setiap enam bulan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Menjaga Kebersihan Mulut Saat Berpuasa

Salah satu keluhan saat puasa adalah kesehatan mulut, contohnya seperti bau mulut. Untuk itu, Anda perlu menjaga kesehatan mulut saat puasa dengan cara ini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
menjaga kesehatan mulut saat puasa
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 06/05/2020 . Waktu baca 4 menit

4 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Gigi Saat Sedang Puasa

Puasa saat sakit gigi? Jangan khawatir! pasalnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit gigi saat puasa tanpa harus menelan obat!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hari Raya, Ramadan 05/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Kapan Waktu yang Tepat Membersihkan Karang Gigi?

Karang gigi bukan hanya mengganggu penampilan saja, tapi juga kesehatan. Kapan sebernarnya waktu yang tepat untuk membersihkan karang gigi?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 01/01/2020 . Waktu baca 3 menit

Jangan Abai, Ini Pentingnya Membersihkan Sikat Gigi

Cara membersihkan sikat gigi dapat dilakukan secara mudah. Membersihkannya dapat menghindarkan Anda dari persebaran infeksi bakteri.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 09/12/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyebab vagina bau

Berbagai Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 17/06/2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
daun eucalyptus dan ekstrak minyak eukaliptus yang berguna untuk usir bau mulut dan kesehatan gigi dan mulut

Manfaat Eucalyptus untuk Usir Bau Mulut saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 20/05/2020 . Waktu baca 4 menit
mulut terasa pahit saat puasa

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 19/05/2020 . Waktu baca 3 menit
Konten Bersponsor
mengatasi bau mulut saat puasa

5 Langkah Supaya Napas Tetap Segar Saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 19/05/2020 . Waktu baca 5 menit