Ciri-ciri Anak Anda Keracunan Nikotin

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan

Seperti yang telah kita ketahui, nikotin merupakan salah satu kandungan dalam rokok yang berbahaya. Nikotin adalah zat adiktif yang dapat Anda temukan dalam tanaman tembakau atau dalam produk rokok, baik dalam rokok tradisional maupun rokok elektrik yang mengandung nikotin dalam bentuk cair. Nikotin sangat berbahaya, bahkan Anda bisa mengalami keracunan nikotin sampai meninggal karena nikotin.

Bagaimana seseorang bisa keracunan nikotin?

Nikotin bisa menyebabkan keracunan dalam tiga cara, yaitu jika Anda menelannya, menghirupnya, atau mengalami kontak kulit dengan nikotin (nicotine patch). Mungkin Anda pikir Anda tidak mungkin menelan nikotin, tapi bagaimana dengan anak Anda? Memang, keracunan nikotin biasanya terjadi pada anak-anak.

Sangat mudah bagi anak untuk mengalami keracunan nikotin. Anak-anak mungkin menganggap puntung rokok di depannya sebagai makanan, sehingga ia ingin mencobanya dan akhirnya menelannya. Atau, anak-anak mungkin menganggap cairan nikotin dalam rokok elektrik sebagai sirup karena memiliki warna dan rasa yang beragam, sehingga ia kemudian meminumnya. Anak-anak memang sangat gemar mencari tahu tentang hal-hal yang berada di sekelilingnya.

Perlu Anda waspadai, terutama jika Anda orangtua pengguna rokok elektrik atau vape, bahwa rokok elektrik bisa lebih membahayakan untuk anak Anda. Jumlah sedikit saja cairan nikotin dari vape yang hanya sampai di mulut anak (menempel di lidah), terminum, atau tumpah di kulit anak bisa menyebabkan keracunan nikotin, bahkan bisa membunuh seorang anak.

Sudah banyak kasus keracunan nikotin yang terjadi pada anak di dunia ini dan beberapa kasus menyebabkan anak meninggal dunia. Salah satu kasus keracunan nikotin yang menyebabkan kematian menimpa anak usia 1 tahun di Amerika Serikat pada bulan Desember 2014, seperti dikutip dari laman Healthy Children. Kasus lainnya terjadi di Israel pada seorang anak perempuan berusia 30 bulan yang menelan cairan nikotin dari rokok elektrik kakeknya. Anak perempuan ini juga akhirnya meninggal setelah dibawa ke rumah sakit.

BACA JUGA: Bahaya Vape dan Fakta Lain Seputar Rokok Elektrik

Berapa dosis nikotin yang bisa menyebabkan meninggal?

Dosis fatal dari nikotin berbeda-beda antar usia.

  • Pada orang dewasa, dosis fatal dari nikotin adalah 40 mg nikotin.
  • Untuk anak-anak, dosis fatal dari nikotin adalah sebesar 1 mg tiap 1 kg berat badan yang dimiliki anak. Misalnya, jika anak Anda berusia 3 tahun dan memiliki berat badan 15 kg, 15 mg nikotin yang masuk ke tubuhnya bisa membuat anak Anda mengalami keracunan nikotin.

Jika anak Anda menelan sejumlah tembakau pada puntung rokok atau meminum cairan nikotin (walaupun hanya sedikit), sebaiknya segera bawa anak Anda ke dokter karena bisa berakibat fatal.

BACA JUGA: Apa Akibatnya Pada Janin Jika Ibu Merokok Saat Hamil?

Apa saja tanda-tanda anak keracunan nikotin?

Anak yang mengalami keracunan nikotin akan menunjukkan tanda-tanda sebagai berikut. Tanda-tanda ini bisa langsung muncul dan terjadi selama beberapa jam setelah anak terpapar oleh nikotin.

1. Perubahan tanda vital

Paparan nikotin yang terlalu banyak diterima tubuh dapat menyebabkan perubahan pada denyut jantung dan tekanan darah. Denyut jantung anak bisa meningkat dan kemudian bisa menjadi lebih lambat (aritmia jantung). Begitu juga dengan tekanan darah anak bisa meningkat (hipertensi) dan kemudian menurun di bawah normal.

2. Masalah pada sistem pencernaan

Anak yang mengalami keracunan nikotin bisa menunjukkan tanda-tanda perut kram, diare, mual, dan muntah. Anak juga bisa mengalami masalah pada mulutnya, seperti perasaan panas pada mulut dan tenggorokan, serta terjadi peningkatan jumlah produksi air liurnya.

3. Masalah kesulitan bernapas

Keracunan nikotin pada anak juga dapat menyebabkan anak mengalami kesulitan bernapas, pernapasan anak bisa berhenti sejenak. Anak juga bisa mengalami pernapasan yang lebih cepat.

4. Perubahan mental

Tidak hanya masalah pada kesehatan, keracunan nikotin juga menyebabkan masalah pada mental anak. Anak yang keracunan nikotin bisa mengalami depresi, kecemasan, kegelisahan, kegembiraan, dan kebingungan mental.

5. Perubahan lainnya

Selain tanda-tanda di atas, anak yang keracunan nikotin juga menunjukkan tanda-tanda, seperti:

BACA JUGA: Hari Gini Masih Merokok? Simak 4 Alasan Penting untuk Berhenti

Saran untuk orangtua

Karena keracunan nikotin bisa berakibat fatal pada anak, Anda sebagai orangtua sebaiknya lebih berhati-hati lagi jika Anda seorang perokok. Sebaiknya Anda tidak merokok di depan anak Anda, selain untuk mencegah anak dari bahaya asap rokok, juga untuk menghindari anak dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti keracunan nikotin.

Serta,  jauhkan rokok, rokok elektrik, isian rokok elektrik, dan alat lainnya yang terkait rokok dari jangkauan anak Anda. Taruh rokok dan peralatan merokok Anda di tempat yang aman dari jangkauan anak-anak.

BACA JUGA: Merokok Dekat Anak Adalah Penganiayaan Anak

Share now :

Direview tanggal: Desember 5, 2016 | Terakhir Diedit: Januari 8, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca