Bagaimana Indra Peraba Bayi di Usia 0-6 Bulan?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29/11/2019 . 5 menit baca
Bagikan sekarang

Bayi Anda mengembangkan indra peraba miliknya sejak masih dalam kandungan dan berlanjut terus selama 1 tahun pertamanya dan seterusnya. Bayi terlahir dengan kulit yang sangat sensitif. Beberapa area tubuh bayi yang sangat sensitif pada sentuhan adalah mulut, pipi, wajah, tangan, perut, dan telapak kaki.

Pengalaman pertama bayi Anda dengan lingkungan sekitarnya terjadi melalui sentuhan. Indra ini sangat penting untuk pertumbuhan kemampuan fisik, bahasa, kognitif, dan skill sosial-emosionalnya. Sentuhan tidak hanya mempengaruhi perkembangan selama bayi dan awal masa kanak-kanak, tapi juga memiliki pengaruh jangka panjang yang membuatnya menyadari pentingnya sentuhan lembut. Melalui kontak fisik, bayi Anda yang baru lahir dapat belajar tentang dunianya, bonding dengan dunianya, dan mengekspresikan kebutuhan dan keinginannya. Lagipula, 80% komunikasi bayi dilakukan melalui gerakan badan. Saat Anda melakukan interaksi melalui sentuhan yang tepat, bayi Anda memiliki kesempatan untuk berkembang dengan baik secara sosial, emosional, dan intelektual.

Tahap perkembangan indra peraba

Selama 6 bulan pertama, bayi Anda harus mampu:

  • Memutar kepalanya untuk merespon sentuhan lembut Anda di pipinya dan menggunakan mulutnya untuk mengeksplor sumber sentuhan
  • Menggenggam jari Anda saat Anda menyentuh telapak tangannya. Ini adalah refleks bayi. Begitu pula, saat Anda menaruh suatu benda di telapak tangan bayi Anda, ia dapat menggenggamnya.
  • Menikmati sentuhan Anda saat Anda memegangnya. Bayi Anda mulai merespon terhadap sentuhan dan gelitikan lembut. Lidah, bibir, dan mulut bayi sangat sensitif. Saat bayi Anda mengunyah mainan empuk, ia menggunakannya untuk meneliti rasa dan teksturnya.
  • Mengetahui perbedaan antara benda yang keras dan lunak

Bayi Anda mungkin juga sudah dapat:

  • Menggapai dan menyentuh objek
  • Mengangkat dan memegang, menggenggam objek dengan kedua tangannya. Tapi ia masih menggunakan mulutnya untuk merasakan teksturnya.
  • Menikmati sensasi berada di dalam air, terutama percikan air saat ia mandi
  • Belajar untuk meraih dan menggenggam objek dengan kedua tangan, seringkali mengopernya dari satu tangan ke tangan lainnya. Ia menikmati mainan yang dapat disentuh dan berinteraksi. Doronglah hal ini dengan mengenalkannya pada mainan yang dapat bersuara saat dipegang.

Peran Anda

Bayi Anda sangat tertarik dengan indra perabanya. Saat Anda memeluk atau mengayun bayi Anda, ia merasa tenang dan nyaman. Sentuhan sangatlah penting, tidak hanya bagi bayi Anda, tetapi untuk Anda juga. Anda dapat merasa lelah dan kewalahan dalam merawat bayi yang baru lahir, namun pelipur lara yang terbaik bagi Anda adalah dengan merasakan kehangatan bayi di dalam pelukan Anda. Penelitian membuktikan, bayi baru lahir yang disusui tapi tidak disentuh atau digendong dapat memiliki masalah dengan perkembangan mental dan fisiknya. Sentuhan tidaklah hanya untuk menenangkan bayi Anda tapi juga untuk menopang pertumbuhan dan tingkat kenyamanan.

Bayi Anda menikmati usapan lembut di tangannya. Usapan ini membantunya untuk tidur, dan mendorong kedekatan antara Anda dan bayi. Sentuhan yang lembut juga bermanfaat bagi bayi prematur karena ini dapat membantu meningkatkan berat badannya, kesiagaannya, aktivitasnya, dan dapat membuatnya diperbolehkan keluar dari rumah sakit lebih awal.

Bahkan aktivitas yang sangat biasa seperti menyusui dan memandikannya, mengganti pakaia dan popoknya, menggendongnya, berjalan dengannya di pelukan Anda, juga dapat merangsang indra peraba dan gerakan bayi Anda.

Bermain sangatlah penting untuk perkembangan dan pembelajaran bayi. Bermain dengan mainan atau peralatan rumahyang berbeda-beda dapat memiliki banyak manfaat positif dan membantu merangsang perkembangan bayi. Carilah benda dan mainan dengan berbagai tekstur seperti lembut, kasar, keras, lunak, dan mainan yang dapat bersuara seperti mainan gemerincing. Anda juga dapat mengeksplor tekstur melalui berbagai macam kain, bulu, dan kardus.

Anda dapat memulai dengan cara membuka telapak tangan bayi dan mengusapnya dengan berbagai tekstur. Jika ia tertarik, bayi Anda mungkin akan mengoper barang tersebut dari satu tangan ke tangan lainnya.

Cara lain adalah dengan pijatan yang memberikan kontak fisik yang penting dan dapat menguatkan rasa kasih sayang dan kebahagiaan emosional jangka panjang. Hal ini bagus untuk bayi, termasuk bayi prematur dan bayi dengan berat yang ringan.

Sangatlah penting bagi Anda untuk memperhatikan respon bayi Anda terhadap berbagai sentuhan. Dengan ini, Anda dapat mengerti kebutuhan bayi Anda.

Kapan saya perlu khawatir?

Jika Anda menyadari bahwa bayi Anda sepertinya tidak dapat membedakan suhu hangat dan dingin saat mandi, atau tidak memberi respon pada sentuhan dan tekanan, atau tidak bereaksi terhadap rasa sakit, bayi Anda mungkin memiliki masalah sensor. Bayi dengan beberapa kondisi penyakit tertentu mungkin memiliki masalah sensor, misalnya anak dengan spina bifida bisa memiliki minim sensasi pada kakinya. Anda harus berdiskusi dengan dokter anak jika Anda merasa khawatir.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"

    Yang juga perlu Anda baca

    Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

    Munculnya kista saat hamil adalah hal yang umum terjadi. Walau biasanya tidak berbahaya, ibu hamil perlu memahami apa saja pengaruhnya terhadap kandungan.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19/06/2020 . 5 menit baca

    Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

    Postpartum depression tak cuma menyerang wanita yang baru melahirkan. Depresi pasca melahirkan juga bisa dialami para ayah. Inilah tanda-tandanya.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Parenting, Tips Parenting 14/06/2020 . 5 menit baca

    Hai Para Suami, Ini 15 Tanda Istri Anda Sedang Hamil

    Tak hanya wanita yang harus memerhatikan perubahan pada dirinya. Sebagai suami Anda juga harus peka melihat tanda istri hamil dan segera mempersiapkan diri.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Kesuburan, Kehamilan, Hidup Sehat 13/06/2020 . 6 menit baca

    Hal yang Harus Diketahui Jika Ingin Cepat Hamil Setelah Keguguran

    Bukanlah hal yang mustahil jika Anda ingin segera kembali hamil setelah mengalami keguguran, tapi ketahui dulu beberapa hal berikut ini.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Kesuburan, Kehamilan 18/05/2020 . 5 menit baca

    Direkomendasikan untuk Anda

    cara memandikan bayi yang baru lahir

    Agar Tidak Bingung, Berikut Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Riska Herliafifah
    Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 9 menit baca

    Ini Akibatnya Jika Bayi Memakai Popok Terlalu Lama

    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
    pelukan bayi perkembangan bayi 14 minggu perkembangan bayi 3 bulan 2 minggu

    Ilmuwan Jepang Ungkap Cara Sempurna Memeluk Bayi

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 4 menit baca
    akibat anak terlalu sering dibentak

    Apa Akibat Anak Sering Dibentak? Orangtua Perlu Tahu Ini

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 8 menit baca