Perkembangan Bayi 25 Bulan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28/01/2020 . 7 mins read
Bagikan sekarang

Perkembangan Bayi Usia 25 Bulan

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi 25 bulan atau 2 tahun 1 bulan?

Perkembangan bayi 25 bulan atau 2 tahun 1 bulan dalam grafik perkembangan anak Denver II, umumnya sudah memiliki kemampuan dalam beberapa hal, yaitu:

  • Melompat dengan jarak yang lebih jauh.
  • Pelafalan sudah semakin jelas dan dimengerti.
  • Mampu mencuci dan mengeringkan tangan sendiri.
  • Memakai celana sendiri walau masih belum lancar.
  • Menjejerkan mainan secara vertikal.
  • Menumpuk balok menjadi 6-8 tingkat.
  • Berlari. 
  • Berjalan mundur.

Kemampuan motorik kasar

Perkembangan bayi 25 bulan atau 2 tahun 1 bulan untuk kemampuan motorik kasar sudah semakin baik. Si kecil terlihat semakin aktif, mampu menaiki anak tangga sendiri tanpa berpegangan, berlari, melompat lebih jauh dari jarak sebelumnya, menendang bola dan melempar bola.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah pergerakan yang dilakukan si kecil. Perkembangan bayi 25 bulan atau 2 tahun 1 bulan sering kali membuatnya sangat aktif, sehingga semakin sulit dipegang. Jadi, pastikan ia tidak lepas dari pandangan Anda. Bila ia terjatuh, Anda bisa menolongnya.

Kemampuan motorik halus

Tidak hanya motorik kasar, kemampuan motorik halus di perkembangan bayi 25 bulan atau 2 tahun 1 bulan juga berjalan cukup pesat.

Di usia ini, anak sudah bisa mencoret-coret dengan garis yang lebih tegas. Ia juga semakin sering membuka lembaran buku cerita kesayangannya. 

Anak Anda semakin sering melempar barang? Ini adalah salah satu kemampuan motorik yang dimiliki anak dalam perkembangan bayi 25 bulan atau 2 tahun 1 bulan.

Agar menjadi kegiatan yang lebih positif, Anda bisa mengajaknya melempar mainan ke dalam kotak. Selain melatih kemampuan motorik halus, mainan si kecil menjadi lebih rapi dari sebelumnya. Ini merupakan salah satu perkembangan bayi 25 bulan.

Kemampuan komunikasi dan bahasa

Dari segi kemampuan komunikasi dan bahasa, perkembangan bayi 25 bulan atau 2 tahun 1 bulan, semakin sering bertanya apa yang mereka lihat dan tidak pahami.

Tidak jarang Anda mendapatkan pertanyaan yang agak sulit dijelaskan dengan kalimat sederhana. Sebagai contoh, mengapa bentuk sepatu seperti itu, atau mengapa semut berjalan berbaris.

Meski sulit dijawab, pertanyaan-pertanyaan ini adalah salah satu cara anak bertukar pendapat dengan Anda. Ini membuat anak lebih dekat dengan Anda juga bisa menambah kosakata si kecil agar kemampuan bahasanya lebih terasah. 

Kemampuan sosial dan emosional

Ketika anak masuk dalam perkembangan bayi 25 bulan atau 2 tahun 1 bulan, beberapa orang tua mulai menyekolahkan anak ke prasekolah atau preschool untuk mengasah kemampuan sosialnya.

Untuk perkembangan bayi 25 bulan atau 2 tahun 1 bulan, ia sedang mengembangkan semua rasa kegelisahan dalam diri dan mengaitkan dengan memori. Sebagai contoh, ia merasa gelisah ketika akan diberikan vaksin karena ia merekam memori ketika disuntik.

Bagaimana cara membantu meningkatkan perkembangan bayi 25 bulan atau 2 tahun 1 bulan?

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu perkembangan si kecil, antara lain:

Mengatasi ketakutan anak ke dokter

Dalam tahap perkembangan bayi 25 bulan atau 2 tahun 1 bulan, ia mulai mengenal rasa takut dan gelisah sesuai dengan memorinya.

Untuk mengurangi rasa takut anak saat harus melakukan kunjungan ke dokter atau hendak imunisasi, Anda bisa melakukan beberapa hal, yaitu: 

  • Selalu bawa “tas dokter” dengan stetoskop mainan, termometer dan lainnya, jadi anak Anda dapat bermain dokter-dokteran. Selalu bawa boneka bayi untuk menjadi “pasien” anak Anda.
  • Jelaskan aktivitas Anda dan jelaskan apa yang akan terjadi: “Pertama kita akan berjalan ke meja besar dan menyebutkan namamu. Lalu kita akan menunggu sambil membaca buku…”
  • Pangku anak Anda selama pemeriksaan dan penyuntikkan, jika memungkinkan.
  • Jangan berbohong atau berkata, “Suntikannya tidak akan terasa sakit sama sekali.” Hal ini akan membuat anak tidak percaya lagi pada Anda dan dokter.
  • Jangan berjanji yang tidak benar, seperti, ”Kamu tidak akan disuntik,” jika anak Anda mungkin akan disuntik.
  • Tetap ceria. Anak usia 2 tahun ahli dalam membaca raut wajah dan bahasa tubuh.

Berikan stimulasi

Untuk mengasah perkembangan bayi 25 bulan atau 2 tahun 1 bulan, Anda perlu melakukan beberapa hal. Kemampuan yang perlu diasah adalah kemampuan motorik halus, kasar, sosial, dan bahasa. Berikut yang perlu Anda lakukan:

  • Jangan menghentikan si kecil dalam menjelajahi benda di sekitar rumah.
  • Stimulasi semua inderanya. Beri mainan sensorik seperti mainan tanah liat dan pasir, dan alat musik seperti xylophone atau maracas.
  • Ajak anak Anda ke tempat baru, seperti kolam renang, kebun binatang, bandara.
  • Selalu bawa buku sebagai persediaan agar anak tidak bosan. Anda juga bisa sering kunjungi perpustakaan lokal untuk mencari buku baru.

Kesehatan Bayi Usia 25 Bulan

Apa yang harus didiskusikan dengan dokter tentang perkembangan bayi 25 bulan atau 2 tahun 1 bulan?

Di perkembangan bayi 25 bulan atau 2 tahun 1 bulan, Anda akan menghadapi anak yang keinginan makannya tidak menentu. Terkadang sangat lahap, tapi tidak jarang ia membuka mulut saja susah.

Agar perkembangan bayi 25 bulan atau 2 tahun 1 bulan tidak terganggu, Anda perlu berkonsultasi ke dokter bila si kecil sudah anak susah makan berlangsung sekitar satu minggu.

Melansir dari What to Expect, anak memerlukan makanan tinggi lemak untuk menyehatkan jantung dan meningkatkan kinerja otak. Konsultasikan dengan dokter bila si kecil sudah tidak selera makan agar perkembangan bayi 25 bulan atau 2 tahun 1 bulan tidak terganggu.

Apa yang harus diketahui seputar perkembangan bayi 25 bulan atau 2 tahun 1 bulan?

Sebenarnya waktu untuk toilet training setiap anak berbeda. Jika Anda ingin mengajarkan si kecil untuk toilet training pada masa perkembangan bayi 25 bulan atau 2 tahun 1 bulan, ada beberap hal yang perlu diperhatikan:

  • Jangan paksa anak Anda jika ia belum siap. Pemaksaan malah dapat menunda kesiapan anak melakukan toilet training. Ia akan merasa lebih takut.
  • Cobalah dudukkan anak Anda pada potty sambil memejamkan mata. Lalu Anda dapat mengatakan padanya tentang potty dan cara kerjanya.
  • Coba dengan membaca buku. Anda dapat membiarkannya membaca buku saat duduk di tempat duduk potty. Hal ini dapat membuatnya lebih santai.
  • Berikan penghargaan. Misalnya Anda dapat menawarkan camilan favoritnya setelah ia selesai. Atau Anda dapat menawarkan tambahan 15 menit untuk bermain gadget.
  • Jika semuanya gagal, Anda dapat berhenti dan mencobanya kembali lain waktu.

Hal yang Harus Diperhatikan

Apa yang harus diperhatikan dalam perkembangan bayi 25 bulan atau 2 tahun 1 bulan ?

Pada perkembangan bayi 25 bulan atau 2 tahun 1 bulan, sangat penting untuk mempertahankan lemak baik dan membuang lemak jahat. Anda dapat memberikan si kecil susu tinggi lemak, tapi tetap hindari keripik dan kentang goreng.

Selain itu, Anda harus meningkatkan jumlah gandum kaya serat, kacang-kacangan, buah, dan sayuran pada porsi makan anak Anda dengan sumber protein non lemak seperti ayam dan ikan. Namun, jangan terlalu berlebihan membatasinya karena ini bisa mengganggu perkembangan bayi 25 bulan atau 2 tahun 1 bulan.

Anak membutuhkan lemak untuk kesehatan jantung anak untuk mendukung pertumbuhan yang baik. Jadi konsultasikan pada dokter anak mengenai pola makan yang sehat yang sesuai dengan kebutuhan si kecil.

Kemudian, bagaimana perkembangan bayi 26 bulan?

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Perkembangan Balita 60 Bulan atau 5 Tahun

Perkembangan balita 60 bulan atau 5 tahun, termasuk mampu memanjat, menggambar dan mengulang cerita yang didengar. Ketahui perkembangan lengkap di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Anak 1-5 Tahun, Parenting, Perkembangan Balita 25/11/2019 . 8 mins read

Perkembangan Balita 54 Bulan atau 4 Tahun 6 Bulan

Perkembangan balita 54 bulan atau 4 tahun 6 bulan yang penting termasuk memahami posisi dan tempat. Ketahui perkembangan lengkap di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Anak 1-5 Tahun, Parenting, Perkembangan Balita 22/11/2019 . 7 mins read

Perkembangan Balita 51 Bulan atau 4 Tahun 3 Bulan

Pada fase perkembangan balita 51 bulan atau 4 tahun 3 bulan, si kecil makin mahir berbicara dan memilih kata-kata. Ketahui perkembangan lengkap di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Anak 1-5 Tahun, Parenting, Perkembangan Balita 22/11/2019 . 7 mins read

Perkembangan Balita 42 Bulan atau 3 Tahun 6 Bulan

Tahap perkembangan balita 42 bulan atau 3 tahun 6 bulan semakin baik dari banyak aspek. Ketahui perkembangan lengkap di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Anak 1-5 Tahun, Parenting, Perkembangan Balita 19/11/2019 . 7 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

gizi pada balita

Panduan Memenuhi Kebutuhan Gizi Balita Usia 1-5 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 20/03/2020 . 11 mins read
usia anak berlari

Usia Berapa Anak Mulai Belajar Berlari?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 11/01/2020 . 5 mins read
les balita

4 Pilihan Les untuk Balita Sekaligus Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 24/12/2019 . 4 mins read
kemampuan bahasa balita

Tahapan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 1-5 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 02/12/2019 . 11 mins read