Temozolomide

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 9 menit
Bagikan sekarang

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Temozolomide digunakan?

Temozolomide adalah obat untuk mengobati jenis kanker otak tertentu. Temozolomide adalah obat kemoterapi yang bekerja dengan memperlambat pertumbuhan sel kanker. Pada beberapa pasien, temozolomide mengurangi ukuran tumor otak.

MANFAAT LAIN: Bagian ini terdiri atas manfaat obat ini yang tidak tercantum dalam label profesional obat yang disetujui tapi mungkin diresepkan oleh penyedia layanan kesehatan profesional. Gunakan obat ini untuk kondisi yang tertulis dalam bagian ini hanya jika telah diresepkan oleh penyedia layanan kesehatan profesional. Obat ini mungkin juga berguna untuk mengobati jenis kanker lainnya (misalnya kanker tulang).

Bagaimana aturan pakai obat Temozolomide?

Bacalah brosur informasi pasien yang disediakan oleh apoteker sebelum Anda mulai menggunakan temozolomide dan setiap kali Anda mendapatkan isi ulang. Jika ingin bertanya tentang informasi atau Anda tidak yakin kapan harus minum obat dalam siklus pengobatan, konsultasikan kepada dokter atau apoteker.

Obat ini biasanya diminum sekali sehari atau sesuai dengan arahan dokter. Untuk mengurangi mual dan muntah, minumlah saat perut kosong (1 jam sebelum atau 3 jam setelah makan) atau pada jam tidur, kalau tidak disuruh sebaliknya oleh dokter. Untuk memastikan jumlah obat dalam tubuh konstan, minumlah dalam waktu yang sama setiap hari yang berhubungan dengan jam makan (contohnya: selalu 1 jam sebelum makan malam atau selalu 3 jam setelah makan malam).

Telanlah kapsul dengan segelas air putih (8 ons atau 240 ml). Dosis berdasarkan kondisi medis, ukuran tubuh, dan respon terhadap terapi. Jangan menghancurkan, mengunyah, atau membuka kapsul. Jika kapsul secara tidak sengaja terbuka atau hancur, hindari menghirup obat, dan jangan membiarkan obat menyentuh kulit atau membran lendir (misalnya di dalam hidung). Bila kontak terjadi, cucilah area dengan air. Karena obat ini dapat terserap melalui kulit, wanita hamil atau calon ibu hamil tidak boleh menyentuh obat ini.

Jangan menambah dosis atau minum obat ini lebih sering tanpa persetujuan dokter. Kondisi tidak akan membaik dengan lebih cepat dan risiko efek samping serius mungkin meningkat.

Bagaimana cara menyimpan Temozolomide?

Simpan obat pada suhu ruangan jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di dalam kamar mandi dan membekukan obat. Obat dengan merek yang berbeda-beda mungkin mempunyai cara menyimpan yang berbeda. Periksa kotak produk untuk mencari tahu instruksi bagaimana cara menyimpannya, atau menanyakan apoteker. Jauhi obat dari anak-anak dan binatang peliharaan.

Dilarang mengguyur obat di dalam toilet atau membuangnya ke dalam saluran pembuangan jika tidak disuruh. Buang produk ini dengan benar jika sudah melewati batas waktu atau tidak dibutuhkan lagi. Konsultasi dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal untuk detail lebih mendalam tentang bagaimana membuang produk dengan aman.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Temozolomide?

Sebelum memutuskan untuk menggunakan obat, pertimbangkan dulu manfaat dan risikonya. Ini adalah keputusan yang harus Anda setelah berdiskusi dengan dokter Anda. Untuk obat ini, hal-hal di bawah ini harus dipertimbangkan:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda pernah mengalami reaksi tidak biasa atau alergi terhadap obat ini atau obat-obatan lain. Selain itu, beri tahu penyedia layanan kesehatan profesional bila Anda memiliki jenis alergi lainnya, misalnya makanan, pewarna, pengawet, atau hewan. Untuk produk tanpa resep, bacalah label atau bahan kemasan dengan hati-hati.

Anak-anak

Studi memadai belum dilakukan pada hubungan umur dengan efek temozolomide dalam populasi anak-anak. Keamanan dan kemanjuran belum dipastikan.

Lansia

Walaupun studi memadai pada hubungan umur dengan efek temozolomide belum dilakukan dalam populasi lansia, gangguan khusus lansia tidak dianggap membatasi manfaat temozolomide pada lansia. Namun, pasien lansia lebih rentang mengalami gangguan ginjal, hati, atau jantung, yang mungkin membutuhkan kewaspadaan dan penyesuaian dalam dosis bagi pasien yang menerima temozolomide.

Apakah obat Temozolomide aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan pada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori D (A = Tidak berisiko, B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C = Mungkin berisiko, D = Ada bukti positif dari risiko, X = Kontraindikasi, N = Tidak diketahui)

Efek Samping

Apa efek samping Temozolomide yang mungkin terjadi?

Dapatkan pertolongan medis darurat jika Anda memiliki tanda reaksi alergi ini: gatal-gatal; sulit bernapas; pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter segera apabila Anda mengalami efek samping serius seperti:

  • Kejang-kejang
  • Mati rasa atau terasa geli pada salah satu sisi tubuh
  • Tanda-tanda infeksi macam demam, menggigil, radang tenggorokan, gejala flu, mudah memar atau pendarahan (mimisan, gusi berdarah), kehilangan nafsu makan, mual dan muntah, lemas tidak wajar
  • Batuk tidak berdahak, napas pendek, penurunan berat badan, berkeringat di malam hari
  • Nyeri atau merasa panas terbakar saat buang air kecil
  • Bercak atau bintik-bintik putih di dalam mulut atau bibir
  • Mual, sakit perut atas, gatal-gatal, kehilangan nafsu makan; urin berwarna gelap, kotoran berwarna tanah liat, sakit kuning

Efek samping yang lebih ringan mungkin termasuk:

  • Rambut rontok
  • Merasa lelah
  • Diare, sembelit
  • Ruam ringan
  • Pusing, penglihatan buram
  • Gangguan tidur (insomnia)
  • Rasa tidak biasa atau tidak enak di dalam mulut

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda mengalami kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Temozolomide?

Walaupun obat-obatan tertentu sama sekali tidak boleh digunakan secara bersamaan, dalam kasus lain dua obat berbeda boleh digunakan bersama sekalipun interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter mungkin ingin mengubah dosis, atau peringatan lain mungkin penting. Beritahu penyedia layanan kesehatan profesional jika Anda sedang menggunakan obat resep atau tanpa resep.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Temozolomide?

Obat-obatan tertentu tidak bisa digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan profesional mengenai penggunaan obat dengan makanan, alkohol, atau tembakau.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Temozolomide?

Adanya gangguan medis lain mungkin mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter jika Anda mengalami gangguan medis lain, terlebih:

  • Masalah sumsum tulang (misalnya anemia, leukemia, sindrom myelodysplastic, pancytopenia, thrombocytopenia)
  • Gangguan hati — gunakan dengan hati-hati. Mungkin memperparah kondisi.
  • Cacar air (termasuk paparan baru-baru ini)
  • Herpes zoster (shingles) — mungkin meningkatkan risiko penyakit berat yang mempengaruhi bagian tubuh lainnya.
  • Penyakit ginjal, parah
  • Penyakit hati, parah — gunakan dengan hati-hati.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Temozolomide untuk dewasa?

Dosis biasa orang dewasa untuk anaplastic astrocytoma:

Oral:

Dosis awal: 150 mg/m2 oral sekali sehari

Dosis aturan: 200 mg/m2 oral sekali sehari

Durasi terapi: 5 hari berturut-turut per siklus pengobatan 28 hari

IV:

Dosis awal: 150 mg/m2 IV selama 90 menit sekali sehari

Dosis aturan: 200 mg/m2 IV selama 90 menit sekali sehari

Durasi terapi: 5 hari berturut-turut per siklus pengobatan 28 hari.

Dosis biasa orang dewasa untuk glioblastoma multiforme:

Fase concomitant dengan radioterapi fokus:

Oral:

75 mg/m2 oral sekali sehari

Durasi terapi: 42 hari

IV:

75 mg/m2 IV selama 90 menit sekali sehari

Durasi terapi: 42 hari

Berapa dosis obat Temozolomide untuk anak-anak?

Dosis biasa anak-anak untuk anaplastic astrocytoma

Kurang dari 3 tahun

Keamanan dan kemanjuran belum dipastikan

3 tahun atau lebih

Sebelumnya tidak diobati dengan kemoterapi: 200 mg/m2 oral sekali sehari

Durasi terapi: 5 hari disusul oleh 23 hari tanpa pengobatan

Sebelumnya diobati dengan kemoterapi:

Dosis awal: 150 mg/m2 oral sekali sehari

Dosis aturan: 200 mg/m2 oral sekali sehari

Durasi terapi: 5 hari pertama dalam setiap siklus pengobatan

Dosis biasa anak-anak untuk glioblastoma multiforme

Kurang dari 3 tahun 

Keamanan dan kemanjuran belum dipastikan

3 tahun atau lebih

Sebelumnya tidak diobati dengan kemoterapi: 200 mg/m2 oral sekali sehari

Durasi terapi: 5 hari disusul oleh 23 hari tanpa pengobatan

Sebelumnya diobati dengan kemoterapi:

Dosis awal: 150 mg/m2 oral sekali sehari

Dosis aturan: 200 mg/m2 oral sekali sehari

Durasi terapi: 5 hari pertama dalam setiap siklus pengobatan

Dalam dosis dan sediaan apa Temozolomide tersedia?

Kapsul 5 mg; 20 mg; 100 mg; 140 mg; 180 mg; 250 mg

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun, bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ragam Obat dan Jenis Pengobatan untuk Mengatasi Leukemia

Leukemia merupakan kanker darah bermula di sumsum tulang, kemudian menyerang darah. Ketahui obat dan jenis pengobatan leukimia selengkapnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kanker, Kanker Darah 4 September 2020 . Waktu baca 8 menit

5 Jenis Obat Herbal yang Berpontensi Mengobati Kanker Kolorektal

Selain pengobatan dokter, ada beberapa obat herbal yang digunakan secara tradisional sebagai obat kanker kolorektal (usus besar dan rektum). Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kanker Usus Besar, Kanker 31 Agustus 2020 . Waktu baca 6 menit

Obat dan Jenis Pengobatan untuk Kanker Lambung (Perut)

Kanker yang menyerang lambung atau lapisan perut bisa sembuh dengan minum obat atau mengikuti perawatan medis lainnya. Apa saja obat kanker lambung?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kanker, Kanker Lambung 25 Agustus 2020 . Waktu baca 7 menit

4 Penyebab Kanker Kembali Lagi Setelah Sembuh

Setelah melakukan pengobatan yang cukup panjang dan kanker dinyatakan sembuh, rasanya sangat melegakan. Namun, bagaimana kalau kanker kembali muncul?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Hidup Sehat, Tips Sehat 21 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara mengobati obat kanker

Cara Mengobati Kanker, Mulai dari Minum Obat Hingga Prosedur Medis

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 12 menit
stadium kanker otak

Mengenali Stadium Kanker Otak, Mulai dari Awal Hingga Akhir

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 15 September 2020 . Waktu baca 6 menit
penyebab kanker otak

Penyebab dan Berbagai Faktor Risiko Kanker Otak yang Penting Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 15 September 2020 . Waktu baca 6 menit
obat, pengobatan, dan cara mengobati kanker payudara

Jenis Obat dan Pengobatan Kanker Payudara yang Dapat Direkomendasikan Dokter

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 8 September 2020 . Waktu baca 13 menit