Natur-E

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23 Juni 2020 . Waktu baca 10 menit
Bagikan sekarang

Manfaat Natur-E

Apa manfaat Natur-E?

Natur-E adalah suplemen untuk memenuhi asupan vitamin E dari dalam tubuh. Suplemen ini mengandung vitamin E alami, yang disebut juga dengan D-alpha tocopherol. Vitamin ini berasal dari ekstrak biji bunga matahari dan biji gandum pilihan.

Vitamin E yang terkandung di dalam Natur-E ini memiliki berbagai manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mata, mencegah penuaan dini, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu meregenerasi sel-sel di tubuh, dan lain sebagainya.

Selain itu, vitamin E juga merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas menyebabkan sel-sel tubuh melemah dan mati lebih cepat.

Dengan mengonsumsi vitamin E, Anda tidak hanya mendapatkan manfaat terhindar dari penuaan dini dan kulit yang sehat, tetapi juga dari risiko penyakit kerusakan sel-sel, seperti:

Natur-E masuk dalam golongan obat bebas tanpa resep dokter yang bisa ditemui dengan mudah di berbagai toko obat atau apotek. Suplemen ini sudah terdaftar Badan POM dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Meski begitu, Anda harus tetap berhati-hati saat mengonsumsinya karena tidak semua orang membutuhkannya. Silakan konsultasi ke dokter untuk informasi lebih lanjut.

Bagaimana aturan pakai Natur-E?

Gunakan suplemen ini sesuai dengan petunjuk pemakaian yang tertera pada label kemasan atau resep. Minum dengan air putih jika Anda mengonsumsi Natur-E dalam bentuk kapsul. Minumlah setelah makan untuk mendapatkan manfaat maksimal dari Natur-E.

Jangan gunakan obat ini terlalu banyak, sedikit, lebih lama dari yang disarankan. Kondisi Anda mungkin tidak akan membaik lebih cepat, dan risiko efek samping Anda dapat meningkat.

Segera beri tahu dokter jika kondisi Anda tidak membaik atau justru semakin memburuk.

Bagaimana cara penyimpanan obat Natur-E?

Natur-E adalah suplemen yang sebaiknya disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan tempat yang lembap. Jangan menyimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda.

Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Jangan membuangnya ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan.

Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Natur-E

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis untuk orang dewasa?

Berikut adalah dosis Natur-E yang untuk orang dewasa:

Minum obat 1-3 kapsul lunak setiap hari.

  • Untuk orang dewasa berusia 19 tahun ke atas, asupan maksimal vitamin E harian adalah 1.000 mg atau 1.500 IU
  • Untuk remaja berusia 14-18 tahun ke atas, asupan maksimal vitamin E harian adalah 800 mg atau 1.200 IU

Bagaimana dosis untuk anak-anak?

Suplemen vitamin E merek ini tidak dianjurkan untuk anak-anak.

Meski begitu, National Institutes of Health menyebutkan dosis maksimal yang dianjurkan untuk anak-anak, sebagai berikut:

  • Untuk anak-anak usia 9-13 tahun, asupan maksimal vitamin E harian adalah 600 mg atau 900 IU
  • Untuk anak-anak usia 4-8 tahun, asupan maksimal vitamin E harian adalah 300 mg atau 450 IU

Dalam dosis apakah suplemen ini tersedia?

Natur-E tersedia dalam bentuk kapsul lunak. Satu boks Natur-E terdiri dari 10 strip, yang masing-masingnya mengandung 10 kapsul.

Berikut adalah kandungan vitamin E yang terdapat di tiap jenis produk Natur-E:

  • Natur-E Daily Nourishing: vitamin E 100 IU
  • Natur-E Daily Nourishing: vitamin E 300 IU
  • Natur-E Advanced: dengan bahan aktif tambahan Astaxanthin dan lycopene
  • Nature-E White: dengan bahan tambahan Glutathione serta ekstrak buah zaitun

Efek samping Natur-E

Apa efek samping Natur-E?

Meskipun suplemen Natur-E sangat jarang menimbulkan terjadinya efek samping, ada kemungkinan beberapa orang akan mengalami tanda-tanda dan gejala tertentu setelah mengonsumsi suplemen ini.

Beberapa efek samping Natur-E yang mungkin terjadi setelah minum obat adalah:

  • Mual
  • Muntah
  • Pusing
  • Reaksi alergi, seperti gatal, ruam merah, dan bengkak di kulit

Efek samping yang terjadi mungkin berbeda setiap orangnya. Jadi, tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas.

Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Natur-E

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan obat ini?

Sebelum pakai obat ini, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan segala manfaat dan risiko yang ada. Pasalnya, obat ini tidak boleh digunakan secara sembarangan. Beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui sebelum menggunakan obat ini adalah:

  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki alergi atau gejala tidak biasa dari penggunaan obat ini atau obat-obatan lainnya.
  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat penyakit hati dan ginjal.
  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung dan tekanan darah.
  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki rencana untuk melakukan operasi dalam waktu dokter.
  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat penyakit diabetes.
  • Beri tahu dokter terkait semua obat yang sedang Anda konsumsi, termasuk vitamin, suplemen, dan herbal lainnya.
  • Hindari penggunaan obat ini dalam jangka panjang. Gunakan sesuai jangka waktu yang sudah diresepkan dokter.

Mungkin ada hal-hal lain yang tidak disebutkan di atas. Jika ada pertanyaan lain, maka silakan konsultasi ke dokter untuk informasi lebih lanjut. Dokter mungkin akan memberikan informasi yang lebih lengkap, termasuk dosis, keamanan, serta interaksi suplemen ini.

Simak dengan baik semua informasi yang dijelaskan dokter agar pengobatan yang Anda lakukan berjalan secara optimal.

Apakah suplemen ini aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Namun, sejauh ini belum pernah ditemukan komplikasi atau masalah kehamilan, baik pada ibu dan janin, akibat berlebihan atau kurang konsumsi vitamin E.

Pernah terdapat sebuah studi yang menunjukkan bahwa bayi lahir dengan berat badan kurang setelah sang ibu mengonsumsi vitamin E selama hamil. Meski begitu, belum ada yang dapat memastikan apakah kurangnya berat badan memang disebabkan pleh vitamin E atau bukan. Hal tersebut bisa saja terjadi akibat fakt0r lainnya.

Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Kandungan vitamin E dalam Natur-E juga dapat terserap oleh air susu ibu, sehingga tidak menutup kemungkinan suplemen ini dapat terminum oleh bayi.

Namun, tidak diketahui apakah vitamin E yang diserap ASI dapat membahayakan bayi atau tidak. Jangan gunakan obat ini tanpa memberi tahu dokter jika Anda sedang menyusui.

Interaksi Obat Natur-E

Obat lain apa yang mungkin berinteraksi dengan Natur-E?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Berikut adalah beberapa obat yang berpotensi memicu terjadinya interaksi, khususnya dengan kandungan vitamin E yang terdapat di Natur-E:

1. Obat pengencer darah atau antikoagulan

Jika Anda mengonsumsi vitamin E bersamaan dengan obat pengencer darah atau antikoagulan, ada kemungkinan kombinasi tersebut dapat menimbulkan efek samping yang parah. Salah satunya adalah risiko pendarahan, terutama apabila jumlah vitamin E yang dikonsumsi melebihi 400 IU sehari.

Contoh obat antikoagulan yang sebaiknya dihindari saat mengonsumsi Natur-E adalah:

  • warfarin (Coumadin)
  • apixaban
  • clopidogrel

2. Obat-obatan kemoterapi dan radioterapi

Konsumsi vitamin E atau suplemen antioksidan lainnya sangat tidak disarankan untuk penderita kanker yang sedang menjalani pengobatan kemoterapi atau radioterapi.

Hal ini karena vitamin E justru dapat mengurangi tingkat keberhasilan pengobatan kemoterapi dan radioterapi. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

3. Aspirin

Konsumsi Natur-E yang dikombinasikan dengan aspirin juga berpotensi menimbulkan terjadinya interaksi. Hal ini disebabkan aspirin meningkatkan risiko terjadinya pendarahan jika dikonsumsi bersamaan dengan vitamin E.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Natur-E?

Obat-obatan tertentu tidak bisa digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi.

Merokok atau mengonsumsi alkohol dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Natur-E?

Adanya masalah medis lainnya mungkin mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberi tahu dokter kalau Anda memiliki masalah medis lainnya, khususnya:

  • Penyakit ginjal
  • Penyakit jantung
  • Penyakit gangguan darah
  • Penyakit hipertensi/hipotensi
  • Alergi terhadap vitamin E atau komponen lain dalam vitamin ini

Mungkin ada beberapa kondisi kesehatan yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda ragu dengan kondisi kesehatan Anda, maka jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter. Dokter mungkin akan meresepkan obat lain yang sesuai dengan kondisi Anda.

Overdosis Natur-E

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis Natur-E?

Kasus overdosis akibat suplemen vitamin E sangat jarang terjadi dan kemungkinannya pun sangat kecil. Namun, diperkirakan konsumsi vitamin E yang berlebihan dapat memicu terjadinya efek samping yang serius.

Salah satu efek overdosis vitamin E yang mungkin dapat terjadi adalah risiko stroke hemoragik. Jadi, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi vitamin E melebihi batas asupan harian, yaitu 1.000 IU sehari.

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun, bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, ataupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Anda Punya Alergi pada Obat? Kenali Ciri-Ciri dan Cara Mencegahnya

Alergi obat adalah reaksi abnormal tubuh terhadap efek obat. Cari tahu gejala, penyebab, dan perbedaannya dengan efek samping obat.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Alergi, Penyakit Alergi Lainnya 22 September 2020 . Waktu baca 11 menit

Multivitamin Gummy untuk Dewasa, Benarkah Lebih Sehat?

Multivitamin anak biasanya dikemas menarik dan rasanya enak seperti permen. Nah, ada juga multivitamin gummy khusus orang dewasa. Tapi benarkah lebih sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 18 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Ragam Obat dan Pengobatan untuk Mengatasi Anyang-anyangan

Anyang-anyangan bikin kita harus bolak-balik ke WC sehingga jadi tidak nyaman beraktivitas. Psstt... Intip di sini pilihan obat anyang-anyangan yang ampuh!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Urologi, Kandung Kemih 6 Agustus 2020 . Waktu baca 8 menit

Hati-hati Penggunaan Obat Kortikosteroid Berlebihan

Sering disebut "obat dewa" karena bisa menyembuhan alergi, gatal-gatal, hingga flu, obat kortikosteroid juga bisa berbahaya jika dipakai berlebihan.

Ditulis oleh: dr. Angga Maulana
Hidup Sehat, Tips Sehat 28 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makanan untuk penderita thalasemia

Panduan Makanan Bergizi untuk Orang dengan Thalassemia

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
Dermatitis herpetiformis

Dermatitis Herpetiformis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
beli obat online

Sebenarnya, Bolehkah Beli Obat-obatan dari Aplikasi Online?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 9 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
ciri kulit sensitif

Ciri Kulit Sensitif dan 8 Cara Jitu Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 7 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit