Mitotane

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 9 menit
Bagikan sekarang

Penggunaan

Untuk apa mitotane?

Mitotane adalah obat dengan fungsi untuk mengobati kanker kelenjar adrenal. Kelenjar adrenal memproduksi hormon, yang dibutuhkan tubuh untuk mengatasi stres, melawan infeksi, dan mempertahankan fungsi normal seperti tekanan darah. Kanker tertentu membuat kelenjar adrenal memproduksi terlalu banyak cortisol dan hormon lainnya, menyebabkan kondisi serius tertentu (sindrom Cushing). Hormon yang berlebihan ini dapat menyebabkan banyak masalah seperti perubahan tekanan darah, perubahan berat badan, lemah otot/tulang, kulit menipis, dan diabetes.

Mitotane bekerja dengan menghentikan atau memperlambat pertumbuhan sel kelenjar adrenal dan juga membalikkan efek samping karena terlalu banyak produksi hormon.

MANFAAT LAIN: Bagian ini menjelaskan tentang manfaat obat ini yang tidak tercantum dalam label obat profesional yang diakui namun mungkin diresepkan oleh penyedia layanan kesehatan profesional. Gunakan obat ini hanya untuk kondisi yang tercantum dalam bagian ini bila memang telah diresepkan oleh penyedia layanan kesehatan profesional.

Obat ini boleh juga digunakan sendiri atau dengan obat-obatan lain untuk mengobati bentuk lain sindrom Cushing yang tidak disebabkan oleh kanker adrenal (contohnya tumor non-pituitary).

Bagaimana cara penggunaan mitotane?

Minum obat ini dengan atau tanpa makanan, biasanya 3-4 kali sehari atau sesuai dengan arahan dokter. Obat ini sering dimulai di rumah sakit, di mana dokter mampu mengawasi Anda karena dosis disesuaikan dengan dosis terbaik untuk Anda. Dosis berdasarkan kondisi medis dan respon terhadap terapi (misalnya kadar cortisol). Biasanya, Anda akan harus minum corticosteroid pengganti (misalnya hydrocortisone) setiap hari saat Anda sedang minum obat ini dan selama beberapa waktu setelah menghentikan mitotane.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal. Untuk membantu Anda mengingat, minum dalam waktu yang sama setiap hari. Jangan meningkatkan dosis atau minum obat ini lebih sering yang diresepkan. Kondisi tidak akan membaik lebih cepat, dan risiko efek samping serius mungkin meningkat.

Mungkin membutuhkan waktu beberapa bulan untuk menerima manfaat maksimal obat ini. Beri tahu dokter jika kondisi tidak kunjung membaik atau semakin memburuk. Karena obat ini dapat diserap melalui kulit dan paru-paru dan mungkin membahayakan janin, wanita hamil atau yang mungkin hamil tidak boleh minum obat ini atau menghirup serbuk tablet ini. Pelajari teknik yang tepat untuk menangani dan membuang obat ini beserta kemasannya. Konsultasikan dengan apoteker.

Bagaimana cara penyimpanan mitotane?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis mitotane untuk orang dewasa?

Dosis biasa orang dewasa untuk karsinoma kortikal adrenal

Dosis awal: 2-6 g/hari oral dalam 3-4 dosis terpisah.

Dosis perawatan: 9-10 g/hari oral dalam 3-4 dosis terpisah.

Mungkin meningkat sampai 16g/hari bila dapat ditoleransi. Dosis tertinggi 18-19 g/hari.

Bagaimana dosis mitotane untuk anak-anak?

Dosis untuk anak-anak belum dipastikan. Konsultasikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah mitotane tersedia?

Tablet, Oral: 500 mg.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena mitotane?

Dapatkan pertolongan medis darurat bila Anda memiliki tanda reaksi alergi ini: gatal-gatal, sulit bernapas, wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan bengkak.

Hubungi dokter segera jika Anda mengalami efek samping serius berikut:

  • Merasa hendak pingsan
  • Detak jantung cepat
  • Bagian bawah kulit hangat, memerah, atau kesemutan
  • Berkeringat, kulit dingin atau basah
  • Demam tinggi, menggigil, gemetaran tidak terkendali
  • Penglihatan buram atau ganda
  • Kebingungan, gaya bicara, keseimbangan, atau cara berjalan bermasalah
  • Nyeri atau merasa panas saat buang air kecil
  • Darah dalam urin atau
  • Berat badan mendadak turun

Efek samping yang lebih ringan mungkin termasuk:

  • Pusing, sensasi berputar
  • Mengantuk, merasa lelah
  • Depresi
  • Ruam ringan
  • Mual, muntah, diare atau
  • Kehilangan nafsu makan

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda ingin tahu tentang efek samping, konsultasikan kepada dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan mitotane?

Sebelum menggunakannya, beritahu dokter dan apoteker:

  • Jika Anda alergi mitotane, atau obat-obatan lainnya.
  • Jenis obat resep dan tanpa resep, vitamin, suplemen nutrisi, dan produk herbal yang sedang atau akan Anda minum. Pastikan menyebutkan: antikoagulan (‘pengencer darah’) macam warfarin (Coumadin) antidepresan (‘peningkat mood’) obat cemas, penyakit kejiwaan, atau kejang sedatif, pil tidur, atau kejang dan spironolactone (Aldactone). Dokter mungkin perlu mengubah dosis obat atau mengawasi Anda dengan hati-hati untuk efek samping. Banyak obat lainnya mungkin juga berinteraksi dengan mitotane, jadi pastikan Anda memberitahu dokter tentang semua obat yang Anda minum, sekalipun yang tidak muncul dalam daftar.
  • Jika Anda (pernah) mengidap penyakit hati.
  • Jika Anda hamil, berencana hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil saat sedang minum mitotane, hubungi dokter.
  • Jika Anda menjalani operasi, termasuk operasi gigi, beritahu dokter umum atau dokter gigi bahwa Anda sedang minum mitotane.
  • Anda harus tahu bahwa mitotane mungkin membuat Anda pusing atau mengantuk. Jangan mengendarai mobil atau menjalankan mesin sampai Anda tahu cara obat ini mempengaruhi Anda.

Apakah mitotane aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori D menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Mitotane bisa masuk ke dalam ASI dan mungkin membahayakan bayi. Anda tidak boleh menyusui saat sedang menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan mitotane?

Interaksi obat mungkin mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping serius. Dokumen ini tidak terdiri dari semua interaksi obat yang mungkin terjadi. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/tanpa resep dan produk herbal) dan berikan kepada dokter dan apoteker. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat tanpa persetujuan dokter.

Beberapa produk yang mungkin berinteraksi dengan obat ini termasuk: “pengencer darah” (contohnya warfarin), corticosteroid (contoh: dexamethasone, prednisone), “pil air”/diuretik (contoh: furosemide, spironolactone), obat yang dikeluarkan dari dalam tubuh oleh enzim hati tertentu (seperti barbiturate, phenytoin).

Mitotane mampu mempercepat pembuangan obat lainnya dari dalam tubuh, yang mungkin mempengaruhi cara kerja mereka. Salah satu contoh obat yang terpengaruh adalah suvorexant, di antara obat-obatan lainnya.

Beri tahu dokter atau apoteker bila Anda juga minum obat yang membuat Anda mengantuk seperti: antihistamin tertentu (misalnya diphenhydramine), obat anti kejang (misalnya carbamazepine), obat tidur atau cemas (misalnya alprazolam, diazepam, zolpidem), perileks otot, pereda nyeri narkotik (misalnya codeine), obat psikiatrik (misalnya chlorpromazine, risperidone, amitriptyline, trazodone).

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan mitotane?

Obat-obatan tertentu tidak bisa digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan dengan ahli penyedia layanan kesehatan profesional tentang penggunaan obat Anda bersama makanan, alkohol, atau rokok.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan mitotane?

Adanya masalah medis lainnya mungkin mempengaruhi penggunaan obat. Pastikan Anda memberitahu dokter jika Anda memiliki masalah medis lainnya, terutama:

  • Cedera, parah
  • Shock
  • Trauma, parah—Tidak boleh digunakan pada pasien dengan kondisi ini
  • Penyakit hati—Efek mungkin meningkat karena pembuangan obat dari dalam tubuh yang lebih lambat

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun, bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis untuk menggantikan dosis yang terlewatkan.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Segala Pengobatan Psoriasis, dari Obat Minum Hingga Terapi

Gejala dan frekuensi kekambuhan psoriasis memang dapat dikendalikan. Cari tahu berbagai obat dan pengobatan psoriasis di sini!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Penyakit Kulit, Psoriasis 25 September 2020 . Waktu baca 11 menit

Ensefalopati Uremikum, Komplikasi Gangguan Ginjal yang Menyerang Otak

Hati-hati jika punya riwayat penyakit ginjal kronis atau akut. Komplikasinya bisa merambat sampai otak, disebut dengan ensefalopati uremikum.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Urologi, Ginjal 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Abses Ginjal

Abses ginjal ditandai dengan berkumpulnya nanah seperti batu kerikil di sekitar ginjal. Apakah penyakit ini berbahaya? Simak penjelasan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Urologi, Ginjal 25 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Perkembangan Anak Usia 15 Tahun, Bagaimana Tahapan yang Sesuai?

DI usia ini, anak sudah masuk masa pertengahan remaja. Lantas, apa saja perkembangan yang terjadi pada anak usia 15 tahun? Berikut ulasannya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Remaja, Tumbuh Kembang Remaja, Parenting 25 September 2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pantangan penderita psoriasis

Daftar Pantangan Makanan yang Patut Diperhatikan oleh Penderita Psoriasis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 6 menit
obat psoriasis alami

Sederet Bahan Herbal yang Berpotensi Sebagai Obat untuk Psoriasis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 9 menit
obat cacing kremi

Obat Paling Ampuh untuk Menghilangkan Cacing Kremi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 5 menit
spina bifida

Spina Bifida

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 13 menit