Mebendazole obat apa?

Oleh

Nama Generik: Mebendazole Merek: Gavox dan Vermox 500.

Penggunaan

Untuk apa Mebendazole?

Mebendazole adalah “antihelmintik,” atau obat anti-cacing dengan fungsi untuk mencegah cacing tumbuh atau berkembang biak di dalam tubuh Anda.

Mebendazole digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh cacing, misalnya cacing cambuk, cacing kremi, cacing gelang, cacing tambang dan. Obat ini juga digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh lebih dari satu cacing ini pada waktu yang sama.

Mebendazole dapat juga digunakan untuk tujuan selain yang tercantum di dalam panduan pengobatan.

Dosis mebendazole dan efek samping mebendazole akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan Mebendazole?

Gunakan mebendazole persis seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Jika Anda tidak mengerti, tanyakan kepada apoteker, perawat, atau dokter untuk meminta penjelasan.

Minum setiap dosis dengan air segelas penuh.

Tablet mebendazole dapat ditelan, dikunyah, atau dihancurkan dan dicampur dengan makanan.

Ambil semua mebendazole yang telah ditentukan meskipun Anda sudah merasa lebih baik. Kemungkinan ada peningkatan gejala sebelum infeksi selesai diobati.

Kira-kira dibutuhkan hingga 3 hari pengobatan sebelum cacing akhirnya akan hilang dari perut dan usus. Waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan infeksi tergantung pada seberapa rentan cacing ini terhadap mebendazole, dan seberapa cepat sistem pencernaan tubuh Anda. Jika infeksi belum sembuh dalam waktu 3 minggu, pengobatan alternatif mungkin diperlukan.

Puasa, obat pencahar, dan pembersihan tidak akan membantu proses penyembuhan infeksi.

Perawatan dari anggota keluarga dan lingkungan sekitar sangat diperlukan. Cacing kremi sangat mudah tersebar dari orang yang terinfeksi kepada orang di sekitarnya.

Untuk mencegah infeksi ulang, toilet harus disemprot dengan zat desinfektan setiap hari, juga pakaian, seprai, handuk, dan piyama harus diganti dan dicuci setiap hari.

Bagaimana cara penyimpanan Mebendazole?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Mebendazole untuk orang dewasa?

Dosis Dewasa biasa untuk Angiostrongylosis: 100 mg diminum dua kali sehari selama 5 hari.

Dosis Dewasa biasa untuk Ascariasis: 100 mg diminum dua kali sehari selama 3 hari. Jika obstruksi bilier juga hadir, piperazine sitrat 150 mg / kg awalnya, diikuti oleh 65 mg / kg setiap 12 jam selama 6 dosis oleh tabung nasogastrik juga dianjurkan.

Dosis Dewasa biasa untuk Capillariasis: 200 mg diminum dua kali sehari selama 20 hari. Kambuh dapat diobati dengan kursus berkepanjangan terapi.

Dosis Dewasa biasa untuk Trichostrongylosis: 100 mg diminum dua kali sehari selama 3 hari.

Dosis Dewasa biasa untuk Filariasis: 100 mg diminum satu kali. Dosis ini harus diulang selama 2 minggu. Semua anggota keluarga dan orang yang tinggal berdekatan juga harus diperiksa.

Dosis Dewasa biasa untuk cacing tambang Infeksi (Necator atau Ancylostoma): 100 mg diminum dua kali sehari selama 3 hari.

Dosis Dewasa biasa untuk Cacing cambuk Infeksi (Trichuris trichiura): 100 mg diminum dua kali sehari selama 3 hari.

Dosis Dewasa biasa untuk cacing kremi Infeksi (Enterobius vermicularis): 100 mg diminum satu kali. Dosis ini harus diulang selama 2 minggu. Semua anggota keluarga dan orang yang tinggal berdekatan juga harus diperiksa.

Dosis Dewasa biasa untuk Trichinosis: 200 hingga 400 mg diminum tiga kali sehari selama 3 hari, kemudian 400 sampai 500 mg tiga kali sehari selama 10 hari. Terapi steroid bersamaan dapat diberikan jika pasien tidak sembuh.

Dosis Dewasa biasa untuk Visceral Larva Migrans (Toxicariasis): 100-200 mg diminum dua kali sehari selama 5 hari. Penggunaan bersama dengan obat anti-inflamasi mungkin dianggap perlu.

Dosis Dewasa biasa untuk Echinococcus Infeksi: Infeksi Cystic hepatika – larva (tahap jaringan): 40 sampai 50 mg/kg per hari, diberikan dalam tiga dosis terbagi, dalam hubungannya dengan percutaneous aspiration-injection-reaspiration (PAIR) drainase, 1 minggu sebelum dan 4 minggu setelah PAIR drainase.

Dosis Dewasa biasa untuk Penyakit hidatidosa: infeksi Cystic hepatika – larva (tahap jaringan): 40 sampai 50 mg/kg per hari, diberikan dalam tiga dosis terbagi, dalam hubungannya dengan percutaneous aspiration-injection-reaspiration (PAIR) drainase, 1 minggu sebelum dan 4 minggu setelah PAIR drainase.

Dosis Dewasa biasa untuk dracunculiasis: 400-800 mg per hari selama 6 hari.

Bagaimana dosis Mebendazole untuk anak-anak?

Dosis Pediatrik biasa untuk Angiostrongylosis: 2 tahun atau lebih: 100 mg diminum dua kali sehari selama 5 hari.

Dosis Pediatrik biasa untuk Ascariasis: 2 tahun atau lebih: 100 mg diminum dua kali sehari selama 3 hari. Jika terjadi gangguan empedu, piperazine sitrat 150 mg/kg awalnya, diikuti oleh 65 mg/kg setiap 12 jam untuk 6 dosis juga dianjurkan.

Dosis Pediatrik biasa untuk Capillariasis: 2 tahun atau lebih: 200 mg diminum dua kali sehari selama 20 hari. Apabila kambuh dapat diobati dengan terapi yang cukup panjang.

Dosis Pediatrik biasa untuk Filariasis: 2 tahun atau lebih: 100 mg diminum satu waktu. Dosis ini harus diulang dalam 2 minggu. Semua anggota keluarga dan orang yang tinggal berdekatan juga harus diperiksa.

Dosis Pediatrik biasa untuk cacing tambang Infeksi (Necator atau Ancylostoma): 2 tahun atau lebih: 100 mg diminum dua kali sehari selama 3 hari.

Dosis Pediatrik biasa untuk Cacing cambuk Infeksi (Trichuris trichiura): 2 tahun atau lebih: 100 mg diminum dua kali sehari selama 3 hari.

Dosis Pediatrik biasa untuk cacing kremi Infeksi (Enterobius vermicularis): 2 tahun atau lebih: 100 mg diminum satu kali. Dosis ini harus diulang selama 2 minggu. Semua anggota keluarga dan orang yang tinggal berdekatan juga harus diperiksa.

Dosis Pediatrik biasa untuk Trichinosis: 2 tahun atau lebih: 200-400 mg diminum tiga kali sehari selama 3 hari, kemudian 400 sampai 500 mg tiga kali sehari selama 10 hari. Steroid dapat diberikan jika pasien tidak kunjung sembuh.

Kasus (n = 23), infeksi Nativa Trichinella: 1-14 tahun: 200 mg diminum tiga kali sehari selama 3 hari pertama, kemudian 400 mg diminum tiga kali sehari selama 11 hari. Terapi steroid dalam waktu yang bersamaan dapat diberikan jika pasien menunjukkan gejala.

Dosis Pediatrik biasa untuk Visceral Larva Migrans (Toxicariasis): 2 tahun atau lebih: 100 sampai 200 mg diminum dua kali sehari selama 5 hari. Penggunaan bersamaan dengan obat anti-inflamasi juga direkomendasikan.

Dalam dosis apakah Mebendazole tersedia?

Tablet, dapat dikunyah: 100 mg.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Mebendazole?

EFEK SAMPING: nyeri perut, muntah, diare, sakit kepala, pusing, atau mengantuk bisa terjadi. Jika salah satu dari efek tersebut berlangsung lama atau memburuk, beritahu dokter Anda atau apoteker segera.

Ingatlah bahwa dokter memberikan resep obat ini atas pertimbangan bahwa manfaatnya lebih besar ketimbang risiko efek samping yang ditimbulkan. Banyak orang menggunakan obat ini tidak mengalami efek samping yang serius.

Katakan segera kepada dokter jika salah satu efek samping yang jarang terjadi tapi sangat serius: sakit perut yang parah, pendarahan/memar, tanda-tanda infeksi serius (misalnya, demam, sakit tenggorokan berat), kelelahan ekstrem, kejang, lemas, urin berwarna gelap atau merah muda, mata atau kulit menjadi kuning.

Obat ini jarang mengakibatkan reaksi alergi yang serius pada tubuh pengguna. Namun, dapatkan pertolongan medis segera apabila Anda mendapat gejala-gejala reaksi alergi yang serius, seperti: ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing berat, sulit bernapas.

Tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tertentu mengenai efek samping, silakan konsultasikan dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Mebendazole?

Sebelum menggunakan mebendazole,

  • Katakan kepada dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap mebendazole atau obat lain.
  • Hubungi dokter dan apoteker mengenai obat yang Anda gunakan baik dengan atau tanpa resep, misalnya carbamazepine (Tegretol), phenytoin (Dilantin), dan vitamin.
  • Beri tahu dokter Anda jika memiliki atau pernah memiliki masalah perut atau penyakit hati.
  • Beri tahu dokter Anda jika sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil saat menggunakan mebendazole, hubungi dokter Anda.

Apakah Mebendazole aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko
  • ┬áB=Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C=Mungkin berisiko
  • D=Ada bukti positif dari risiko
  • X=Kontraindikasi
  • N=Tidak diketahui

Belum diketahui apakah mebendazole masuk ke dalam ASI dan bagaimana pengaruhnya terhadap bayi. Jangan memakai mebendazole tanpa terlebih dahulu berbicara dengan dokter Anda jika sedang dalam masa menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Mebendazole?

Interaksi obat dapat mengubah cara obat bekerja atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Kemungkinan dokumen ini tidak mencantumkan semua interaksi obat. Simpanlah daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan dengan atau tanpa resep serta produk-produk herbal) dan ceritakan pada dokter dan apoteker. Jangan memakai, berhenti, atau mengubah dosis obat yang Anda gunakan tanpa seizin dokter.

Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati kejang, seperti fenitoin (Dilantin), ethotoin (Peganone), mephenytoin (Mesantoin), dan carbamazepine (Tegretol), dapat menurunkan efek mebendazole. Katakan kepada dokter Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat ini sehingga terapi Anda dapat dipantau.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Mebendazole?

Obat-obatan tertentu sebaiknya tidak digunakan ketika atau sekitar waktu makan atau mengonsumsi jenis makanan tertentu karena interaksi dapat terjadi. Menggunakan alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi. Diskusikan dengan ahli kesehatan Anda untuk penggunaan obat dengan makanan, alkohol, atau tembakau.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Mebendazole?

Adanya masalah medis lain dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberi tahu dokter jika Anda memiliki masalah medis lain, terutama:

  • Penyakit Crohn
  • Penyakit hati
  • Kolitis ulserativa–Pasien dengan penyakit ini mungkin memiliki risiko peningkatan efek samping dari mebendazole

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca