Nama Generik: Human Menopausal Gonadotrophins Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa human menopausal gonadotrophins?

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Obat ini umumnya digunakan untuk mengobati masalah kehamilan tertentu pada wanita. Obat ini menyediakan follicle stimulating hormone (FSH) dan luteinzing hormone (LH) yang membantu menstimulasikan ovarium yang sehat untuk membuat sel telur. Obat ini biasanya digunakan dengan kombinasi hormon lain (human chorionic gonadotrophin-hCG) untuk membantu Anda mengalami kehamilan dengan cara membawa perkembangan dan pelepasan sel telur dewasa (ovulasi). Obat ini tidak disarankan untuk wanita yang ovariumnya tidak lagi membuat sel telur dengan benar (primary ovarian failure).

Bagaimana cara penggunaan human menopausal gonadotrophins?

Ikuti aturan yang diberikan oleh ahli medis professional tentang penggunaan obat ini. Pelajari dan pahami semua persiapan dan instruksi penggunaan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda. Suntikkan di bawah kulit (subcutaneously) atau ke dalam otot (intramuscularly) sesuai arahan dokter Anda. Dosis dan waktu pengobatan itu berdasarkan kondisi kesehatan Anda, respon Anda akan terapi, dan pengobatan lain yang mungkin Anda gunakan. Pastikan untuk memberi tahu dokter dan apoteker Anda semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat non-resep, dan obat herbal). Pastikan untuk selalu datang pada pertemuan dengan dokter Anda agar dokter Anda dapat memantau respon Anda secara dekat untuk menentukan dosis yang tepat untuk Anda.

Produsen menyarankan dosis Anda tidak boleh lebih dari 450 internasional unit per hari dan obat-obatan tidak boleh digunakan lebih dari 12 hari per siklus pengobatan. Jangan ubah dosis atau gunakan obat ini untuk waktu lebih lama dari yang ditentukan, kecuali atas saran dokter Anda.

Ikuti semua petunjuk untuk cara pencampuran yang benar dengan obat ini. Gunakan solusi segera setelah obat dicampur. Sebelum menggunakan obat ini, periksa terlebih dahulu solusinya secara visual untuk partikel atau perubahan warna. Jika ada salah satunya, jangan gunakan cairan tersebut. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda. Cuci tangan dengan sabun dan air sebelum menggunakan obat ini. Bersihkan daerah suntikan dengan alkohol sebelum menyuntikkan obat ini. Penting untuk mengganti lokasi suntikan setiap harinya untuk menghindari rasa gelisah atau daerah bermasalah pada kulit. Pelajari cara penyimpanan dan cara membuang jarum suntik dan obat-obatan secara aman. Konsultasikan dengan apoteker Anda untuk info lebih. Gunakan obat-obatan ini sesuai anjuran dokter Anda untuk mendapatkan manfaat yang tepat dari obat ini. Untuk membantu ingatan Anda, gunakan obat ini di saat yang sama setiap hari. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda bila Anda ada pertanyaan tentang terapi Anda.

Bagaimana cara penyimpanan human menopausal gonadotrophins?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis human menopausal gonadotrophins untuk orang dewasa?

Dosis umum untuk orang dewasa untuk Follicle Stimulation
Assisted reproduction technologies (ART):
Dosis awal:
-225 International Units subcutaneously (SC) or intramuscularly (IM) daily.
-Menotropin dapat diberikan bersamaan dengan urofollitropin, dan total konsumsi dosis tidak boleh lebih dari 225 internasional (150 internasional unit menotropin dan 75 internasional unit urofollitropin, atau 75 internasional unit menotropin dan 150 internasional unit urofollitropin).

Dosis maksimal:

  • 450 internasional unit per hari

– bila diberikan dengan urofollitropin, total kombinasi dosis dari urofollitropin dan menotropin tidak boleh lebih dari 450 internasional unit per hari.

Durasi terapi: 7 sampai 20 hari

Induksi ovulasi:

Dosis awal: 150 internasional unit SC atau IM per hari untuk 5 hari pertama pengobatan.

Dosis maksimal: 450 internasional unit per hari

Durasi terapi: 7 sampai 12 hari

Bagaimana dosis human menopausal gonadotrophins untuk anak-anak?

Dosis untuk anak-anak belum ditentukan. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk lebih lebih lanjut.

Dalam dosis apakah human menopausal gonadotrophins tersedia?

Suntikan, bubuk untuk: 75 unit

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena human menopausal gonadotrophins?

Hentikan penggunaan obat ini dan cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi (sulit bernapas; penyumbatan pada tenggorokan; bengkak pada bibir, lidah, atau wajah Anda; atau gatal-gatal).

Kondisi pulmonal (paru-paru dan pernafasan) serius pada pasien pengguna Human Menopausal Gonadotrophin telah dilaporkan.

Cari bantuan medis bila Anda mengalami perubahan mendadak dalam pernapasan. Efek samping lain juga dapat terjadi. Beri tahu dokter Anda bila Anda mengalami:

    • pembesaran ovarium sebagai sakit perut atau panggul, rasa nyeri, tekanan, atau pembengkakan
    • mual, muntah, atau diare
    • sesak napas
    • sakit, panas, atau rasa nyeri yang berpusat pada tangan atau kaki
    • demam atau kedinginan
    • sakit kepala atau kantuk
    • sakit atau lemah otot atau sendi
    • pembesaran atau melunaknya payudara
    • iritasi, bengkak, atau sakit pada daerah injeksi
    • ruam kulit
    • Human Menopausal Gonadotrophins berkemungkinan untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan kembar.

Kehamilan kembar mungkin membawa risiko tambahan untuk kedua ibu dan janinnya. Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan human menopausal gonadotrophins?

Sebelum menggunakan pengobatan ini, beri tahu dokter Anda bila:

    • Anda alergi pada bahan-bahan apapun dalam Human Menopausal Gonadotrophin
    • Anda memiliki tumor dalam beberapa bagian pada otak (contoh, pituitary gland) atau dalam organ kewanitaan Anda (contoh, ovarium, payudara, rahim) pembesaran pada induk telur atau kista ovarium, atau ovarium yang tidak lagi menghasilkan sel telur (kegagalan ovarium)
    • Anda sedang hamil
    • Anda memiliki perdarahan luar biasa pada vagina di mana penyebabnya tidak diketahui
    • Anda memiliki masalah tiroid, pituitari, atau masalah kelenjar adrenal glnd yang tidak terkontrol

Apakah human menopausal gonadotrophins aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori X menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  • N=Tidak diketahui

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui, atau apakah obat ini dieksresikan dalam susu manusia. Karena banyak obat yang diekskresikan dalam susu manusia dan karena potensi efek samping serius pada bayi yang disusui dari obat ini, selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan human menopausal gonadotrophins?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan human menopausal gonadotrophins?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan human menopausal gonadotrophins?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

    • bila Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau sedang menyusui
    • bila Anda mengonsumsi obat-obatan tanpa resep atau dengan resep apapun, obat herbal, maupun suplemen diet
    • bila Anda memiliki alergi akan obat-obatan, makanan, atau zat lainnya
    • bila Anda atau anggota keluarga Anda pernah punya gumpalan darah
    • bila Anda sangat kegemukan
    • bila Anda memiliki asma, masalah tiroid, masalah kelenjar pituitari, masalah kelenjar adrenal, perdarahan, atau masalah pembekeuan
    • bila Anda memiliki riwayat torsi ovarian, kista ovarium, atau operasi perut

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan