Nama Generik: Efalizumab Merek: .

Penggunaan

Untuk apa efalizumab?

Obat ini umumnya digunakan untuk menangani psoriasis plak kronis, sedang, sampai parah. Obat ini merupakan antibodi monoclonal yang bekerja dengan meningkatkan limfosit T di daerah peradangan dan mengurangi masalah kulit yang disebabkan oleh psoriasis.

Bagaimana cara penggunaan efalizumab?

Gunakan obat ini seperti yang disarankan oleh dokter Anda. Jangan lupa periksa label instruksi obat untuk mengetahui dosis yang tepat.

Obat ini dilengkapi dengan lembar informasi untuk pasien yang disebut Panduan Pengobatan. Bacalah dengan cermat sebelum memulai pengobatan.

 

Obat ini biasanya diberikan lewat suntikan yang dapat Anda dapatkan di dokter, rumah sakit, atau klinik. Jika Anda ingin menggunakan obat ini di rumah, mintalah dokter Anda caranya. Pastikan Anda memahami cara menggunakan obat ini dan ikuti prosedur yang diajarkan dokter. Jangan ragu untuk menghubungi dokter Anda jika Anda memiliki pertanyaan.

 

Jangan mencampur obat untuk digunakan nanti. Gunakan obat segera atau maksimal dalam waktu 8 jam setelah Anda mencampurnya. Campur obat ini seperti yang dianjurkan oleh dokter. Jangan mengguncang botol untuk mencampur, melainkan Anda harus mengaduk dengan lembut.

 

Jangan gunakan obat ini jika obat ini mengandung partikel, keruh atau berubah warna, dan atau jika botol retak atau rusak.

 

Ketika mengambil obat menggunakan jarum suntik, pastikan Anda untuk mengikuti prosedur yang diberikan untuk mencegah kontaminasi dari botol, jarum suntik, atau obat-obatan lain. Jangan pernah menyentuh pembatas karet pada botol atau jarum injeksi dengan jari-jari Anda. Perhatikan apakah Anda sudah mengambil dosis yang tepat sebelum memulai pengobatan.

 

Obat ini hanya diberikan seminggu sekali. Suntikkan jauh di bawah kulit bukan ke dalam otot. Obat ini juga bisa disuntikkan ke area paha, perut, bokong, atau lengan atas. Area yang aka disuntik harus selalu berpindah, jangan suntik di area yang sama. Berikan obat ini pada hari yang sama setiap minggu.

 

Jauhkan obat beserta jarum suntik dan jarum dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan Anda. Jangan gunakan jarum, jarum suntik, atau bahan lainnya dua kali. Tanyakan dokter Anda bagaimana cara yang tepat untuk membuang bahan-bahan ini setelah digunakan. Ikuti aturan yang tepat untuk membuang bekas obat.

 

Jika Anda melewatkan dosis obat, hubungi dokter Anda segera untuk mendapatkan instruksi serta membuat jadwal baru untuk dosis obat Anda. Pastikan untuk menanyakan setiap pertanyaan yang Anda miliki tentang penggunaan obat ini pada dokter Anda.

Bagaimana cara penyimpanan efalizumab?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.
Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis efalizumab untuk orang dewasa?

Dosis dewasa untuk psoriasis

Dosis awal: 0,7 mg/kg subkutan satu kali

Dosis pemeliharaan: 1 mg/kg subkutan tiap minggu

Satu dosis maksimum adalah 200 mg sesuai yang direkomendasikan oleh produsen.
Keamanan dan kemanjuran obat ini jika diberikan selama lebih dari satu tahun belum ditetapkan.

Bagaimana dosis efalizumab untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan.  Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah efalizumab tersedia?

Injeksi, subkutan: 125 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena efalizumab?

Efek samping yang sering terjadi termasuk sakit kepala, nyeri otot, mual atau muntah (terutama setelah dosis pertama), nyeri punggung, nyeri sendi, otot kaku, atau pembengkakan, atau bengkak di tangan atau kaki.

 

Hentikan penggunaan obat ini jika Anda mengalami tanda-tanda dari reaksi alergi seperti gatal-gatal; sulit bernafas; pembengkakan wajah Anda, bibir, lidah, atau tenggorokan.

 

Hentikan penggunaan obat ini dan cari bantuan medis jika Anda mengalami hal berikut:

 

  • gejala infeksi seperti demam, menggigil, sakit tenggorokan, gejala flu, mudah memar atau perdarahan (mimisan, gusi berdarah), kehilangan nafsu makan, dan luka di mulut
  • gejala infeksi kulit kemerahan, nyeri, dan bengkak
  • kulit pucat atau kuning, urin berwarna gelap, merasa bingung atau lemas
  • perubahan pada kondisi mental Anda, masalah saat berbicara atau berjalan, penurunan kemampuan penglihatan (gejala-gejala ini mungkin terjadi secara bertahap dan memburuk dengan cepat)
  • batuk dengan lendir kuning atau hijau, rasa nyeri menusuk atau sesak di dada, mengi, kesulitan bernapas
  • leher kaku, peningkatan kepekaan terhadap cahaya, bintik-bintik ungu pada kulit, dan/atau kejang
  • mati rasa atau kesemutan merasa di kaki Anda dan menyebar ke atas, lemah otot di wajah
  • masalah dengan penglihatan, berbicara, menelan, atau kandung kemih dan fungsi usus

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan efalizumab?

Anda sebaiknya tidak mengonsumsi obat ini jika Anda alergi terhadap Efalizumab.

 

Efalizumab dapat meningkatkan risiko infeksi serius, termasuk infeksi virus otak yang dapat menyebabkan cacat atau kematian. Bahkan tinggi jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah atau mengonsumsi obat ini berbarengan dengan obat-obatan lain akan memberikan risiko yang lebih tinggi.

Jika Anda mengalami kondisi kesehatan lainnya, Anda perlu menyesuaikan dosis atau melakukan tes khusus untuk memastikan apakah obat ini aman untuk Anda. Sebelum menggunakan beritahu dokter Anda jika Anda memiliki:

  • infeksi
  • arthriti
  • sistem imun yang lemah

Anda harus mendapatkan semua imunisasi sebelum Anda mulai menggunakan efalizumab.

Apakah efalizumab aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

 

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan efalizumab?

Beri tahu dokter tentang semua obat-obatan yang Anda gunakan, terutama:

  • obat psoriasis atau fototerapi lainnya
  • obat-obatan yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh seperti obat-obatan kanker atau steroid
  • siklosporin (Neoral, Sandimmune, Gengraf)
  • sirolimus (Rapamune), tacrolimus (Prograf)
  • basiliximab (Simulect), efalizumab (Raptiva), muromonab-CD3 (Orthoclone)
  • mycophenolate mofetil (Cellcept)
  • azathioprine (Imuran), leflunomide (Arava), etanercept (Enbrel).

 

Daftar di atas tidak lengkap dan mungkin masih ada obat lain yang dapat berinteraksi dengan efalizumab. Selalu beritahu dokter Anda semua obat-obatan yang Anda gunakan termasuk vitamin, mineral, produk herbal, dan obat yang diresepkan oleh dokter lain. Jangan mulai menggunakan obat baru tanpa memberitahu dokter Anda.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan efalizumab?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan efalizumab?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • infeksi kronis
  • radang sendi
  • sistem kekebalan tubuh lemah yang disebabkan oleh penyakit atau karena menggunakan obat-obatan tertentu.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Hubungi dokter Anda jika Anda melewatkan satu dosis Efalizumab.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016