Nama Generik: Donepezil Merek: Aldomer, Aloxtra, Alzim, Aricept, Aricept Evess, Donacept, Dozil dan Fordesia.

Penggunaan

Untuk apa Donepezil?

Donepezil adalah obat yang digunakan untuk mengobati kebingungan (demensia) yang terkait dengan penyakit Alzheimer. Obat ini tidak menyembuhkan penyakit Alzheimer, tetapi dapat meningkatkan daya ingat, kesadaran, dan kemampuan untuk memungsikan indra. Obat ini merupakan blocker enzim yang berfungsi untuk mengembalikan keseimbangan zat alami (neurotransmitter) di otak

Bagaimana cara penggunaan Donepezil?

Konsumsilah obat ini secara oral dengan atau tanpa makanan seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya obat ini dikonsumsi sekali sehari sebelum tidur. Jika Anda mengalami masalah tidur (insomnia), berkomunikasilah dengan dokter Anda tentang pengalihan pengonsumsian obat di pagi hari

Jika Anda mengonsumsi tablet dengan dosis 23 miligram, telanlah obat ini secara keseluruhan. Jangan membagi, menghancurkan, atau mengunyah tablet ini. Hal itu dapat meningkatkan risiko terjadinya efek samping.

Anda harus mengonsumsi obat sesuai dengan dosis yang dianjurkan, sesuai dengan kondisi medis Anda dan respon tubuh terhadap obat. Untuk mengurangi risiko munculnya efek samping (seperti mual dan diare), dokter akan memberikan dosis rendah di awal dan secara bertahap meningkatkan dosis selama minggu sampai sebulan. Ikuti petunjuk dokter dengan cermat. Jangan meningkatkan dosis atau mengonsumsi obat ini lebih sering daripada yang ditentukan.

Jika Anda tidak mengonsumsi donepezil selama 7 hari atau lebih berturut-turut, komunikasikanlah dengan dokter Anda sebelum mulai menonsumsi obat ini lagi. Anda mungkin perlu memulai penggunaan obat dengan dosis yang lebih rendah untuk mengurangi risiko terjadinya efek samping.

Gunakan obat ini secara teratur untuk memperoleh manfaat maksimal. Anda sebaiknya mengonsumsi obat ini pada waktu yang sama setiap hari. Jangan hentikan pengonsumsian obat kecuali dokter Anda menginstruksikan Anda untuk melakukannya. Mungkin diperlukan beberapa minggu untuk memperoleh manfaat maksimal dari obat ini.

Beritahu dokter jika kondisi Anda memburuk.

Bagaimana cara penyimpanan Donepezil?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan petunjuk penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

 

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai cara aman membuang produk anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Donepezil untuk orang dewasa?

Dosis untuk penderita penyakit Alzheimer

Dosis awal: 5 mg oral sekali sehari, di malam hari sebelum tidur

Untuk penderita penyakit Alzheimer ringan sampai sedang:

Dosis lanjutan: 10 mg per oral sekali sehari, setelah pasien mengonsumsi obat sesuai anjuran dosis awal 5 mg sekali sehari selama 4 sampai 6 minggu

Untuk penderita Alzheimer sedang-berat:

Dosis lanjutan : 23 mg oral sekali sehari, setelah pasien mengonsumsi obat sesuai anjuran dosis awal 10 mg sekali sehari selama minimal 3 bulan.

Keterangan: Obat dengan dosis 10 mg atau lebih bukan berarti lebih efektif daripada obat dengan dosis 5 mg. Preferensi pasien harus dipertimbangkan.

Kegunaan: Untuk penderita penyakit Alzheimer ringan, sedang, dan berat jenis demensia

Bagaimana dosis Donepezil untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan. Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah Donepezil tersedia?

Tablet, Oral, sebagai hidroklorida :

Aricept : 5 mg, 10 mg, 23 mg

Generik : 5 mg, 10 mg, 23 mg

Tablet Dispersible, Oral, sebagai hidroklorida :

Aricept ODT : 5 mg, 10 mg

Generik : 5 mg, 10 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Donepezil?

Beberapa efek samping dari Donepezil adalah malaise, kehilangan nafsu makan, insomnia, kram otot, kulit gatal, dan gejala GI seperti mual, muntah, atau diare.

Segera dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda alergi ini, seperti: gatal-gatal; sulit bernafas; pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hentikan pemakaian obat dan hubungi dokter segera jika efek samping yang parah terjadi, seperti:

  • Tinja yang Anda keluarkan berwarna hitam atau berdarah
  • Batuk darah atau muntah yang terlihat seperti darah atau endapan kopi
  • Sulit buang air kecil
  • Kejang (penglihatan kabur atau kejang)

Adapun efek samping yang tidak terlalu parah termasuk:

  • Mual, muntah, diare
  • Hilangnya nafsu makan
  • Kram otot
  • Cepat lelah; atau
  • Susah tidur (insomnia)

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda mengkhawatirkan efek samping tertentu, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Donepezil?

Sebelum mengonsumsi

– Beri tahu dokter atau apoteker jika Anda alergi terhadap Donepezil, pengobatan piperidin lain, atau bahan yang terkandung dalam Donepezil. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker jika Anda tidak tahu jika Anda alergi terhadap pengobatan jenis piperidine. Tanyakan pada dokter atau apoteker tentang bahan yang terkandung dalam obat ini.

– Beri tahu dokter atau apoteker tentang jenis obat (obat dengan resep dokter ataupun tidak), vitamin, suplemen, dan obat herbal yang sedang atau akan Anda konsumsi. Pastikan Anda menyebutkannya dengan detail, misalnya antihistamin; aspirin dan obat lain nonsteroidal anti – inflammatory ( NSAID ) seperti ibuprofen (Advil, Motrin) dan naproxen (Aleve, Naprosyn); bethanechol (Duvoid, Urecholine); carbamazepine (Tegretol); deksametason (Decadron, Dexone); ipratropium (Atrovent); ketoconazole (Nizoral); obat untuk glaukoma, penyakit iritasi usus, mabuk, myasthenia gravis, penyakit Parkinson, bisul, atau masalah kencing; fenobarbital (Luminal, Solfoton); fenitoin (Dilantin); quinidine (Quinidex); dan rifampisin (Rifadin, Rimactane). Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis penggunaan obat Anda atau memonitor Anda dengan hati-hati untuk menghindari muculnya efek samping.

– Beri tahu dokter Anda jika berat Anda kurang dari 120lb (55 kg) dan jika Anda sedang atau pernah mengalami pendarahan di perut atau usus, misalnya: maag; detak jantung tidak teratur, lambat, atau detak jantung cepat, kejan; kesulitan buang air kecil; asma, penyakit paru obstruktif kronik (penyakit paru-paru termasuk bronkitis kronis atau emfisema ); atau ginjal, hati, atau penyakit jantung.

– Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, atau berencana untuk hamil, atau sedang menyusui. Jika Anda hamil saat mengonsumi Donepezil, hubungi dokter Anda sesegera mungkin

–  Jika Anda pernah dioperasi, termasuk operasi pada bagian mulut, beri tahulah dokter atau dokter gigi Anda jika Anda sedang mengonsumsi Donepezil.

Apakah Donepezil aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko
  • B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C=Mungkin berisiko
  • D=Ada bukti positif dari risiko
  • X=Kontraindikasi
  • N=Tidak diketahui

Belum ada studi yang pasti tentang risiko yang terjadi pada bayi jika seorang ibu menyusui mengonsumsi obat ini selama menyusui. Namun, Anda tetap harus mempertimbangkan manfaat dan potensi risiko yang muncul sebelum mengonsumsi obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Donepezil?

Meskipun obat-obat tertentu tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan, namun pada beberapa kasus, dua obat yang berbeda dapat digunakan bersama-sama bahkan jika memungkinkan terjadinya interaksi. Jika hal ini terjadi, dokter Anda mungkin akan mengubah dosis pengonsumsian, atau melakukan tindakan pencegahan lain jika diperlukan.

Ketika Anda mengonsumsi obat ini, dokter Anda harus tahu jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan yang terdaftar di bawah ini. Berikut ini daftar obat yang dipilih berdasarkan potensi interaksi yang sering terjadi dan bukan berarti obat lain tidak akan bereaksi dengan Donepezil.

Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut biasanya tidak dianjurkan, tapi mungkin diperlukan sesekali. Jika kedua obat diresepkan bersama-sama, dokter Anda dapat mengubah dosis pemakaian atau mengatur seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat.

  • Acrivastine
  • Bupropion
  • Fluoxetine
  • Succinylcholine

Mengonsumsi obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut dapat menyebabkan peningkatan risiko efek samping tertentu, tetapi menggunakan kedua obat ini mungkin merupakan pengobatan terbaik untuk Anda. Jika kedua obat diresepkan bersama-sama, dokter Anda akan mengganti dosis penggunaan obat atau mengatur seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat.

  • Oxybutynin
  • Ramelteon
  • Tolterodine

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Donepezil?

Obat-obat tertentu sebaiknya tidak dikonsumsi pada waktu makan atau saat memakan jenis makanan tertentu karena dapat terjadi interaksi. Mengonsumsi alkohol atau produk yang berasal dari tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan terjadinya interaksi. Diskusikan dengan ahli kesehatan Anda untuk penggunaan obat dengan makanan, alkohol, atau produk yang berasal dari tembakau.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Donepezil?

Kondisi kesehatan lainnya yang Anda miliki dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter Anda jika Anda memiliki masalah medis lainnya, terutama:

  • Menderita asma
  • Menderita penyakit Paru-paru
  • Ulkus peptikum
  • Kejang atau
  • Penyumbatan saluran kemih atau sulit buang air kecil – Donepezil dapat membuat kondisi lebih buruk
  • Masalah jantung – Donepezil dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan pada denyut jantung
  • Penyakit hati atau
  • Berat badan di bawah 50 kilogram – Donepezil dapat mengakibatkan dan meningkatkan terjadinya efek samping jika tekanan darah tinggi

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Tanda-tanda overdosis mungkin muncul, seperti:

  • Mual
  • Muntah
  • Air liur terus mengalir
  • Detak jantung melambat
  • Susah bernapas
  • Otot melemah
  • Pingsan
  • Kejang

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan