home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Cara Menyimpan Daging yang Benar agar Kualitas Terjaga

Cara Menyimpan Daging yang Benar agar Kualitas Terjaga

Daging mentah merupakan tempat ideal bagi bakteri dan parasit untuk berkembang biak yang sayangnya menjadi penyebab gangguan kesehatan seperti keracunan makanan, diare, dan infeksi usus. Maka itu, perlu pemahaman cara menyimpan daging yang benar.

Persiapan sebelum menyimpan daging

vitamin dalam daging

Daging merah dan ayam mentah harus segera disimpan di dalam kulkas. Sebelum itu, pastikan bahwa suhu kulkas Anda tidak lebih dari 5 derajat Celsius. Perhatikan angka pada termometer kulkas atau gunakan termometer kaca bila tersedia.

Daging mentah dapat bertahan selama beberapa hari di dalam kulkas. Namun, apabila Anda tidak berencana memasak daging dalam waktu dekat, bahan makanan ini sebaiknya disimpan di dalam freezer hingga beku.

Penyimpanan daging dalam freezer dengan suhu -18 derajat Celsius memang tidak membunuh mikroba. Meski begitu, suhu dingin akan menghentikan pertumbuhan mikroba dan memperlambat kerja enzim yang dapat menurunkan kualitas daging.

Jangan lupa siapkan plastik atau kertas aluminium foil untuk membungkus daging. Lapisan pembungkus akan menjaga kelembapan, kesegaran, rasa, dan kandungan gizi daging bahkan hingga berbulan-bulan ke depan.

Selama menyimpan daging, jangan terlalu sering membuka-tutup pintu kulkas karena hal ini dapat meningkatkan suhu kulkas. Jangan lupa membersihkan kulkas dari tumpahan makanan atau kotoran untuk mencegah timbulnya bau tidak sedap.

Cara menyimpan daging yang benar

daging untuk anak

Di bawah ini langkah-langkah menyimpan daging yang benar untuk menjaga kualitas dan keamanannya.

1. Bungkus daging rapat-rapat

Bungkus daging dengan plastik atau kertas aluminium. Penyimpanan di dalam freezer memang bisa menghentikan pertumbuhan mikroba, tapi suhu dingin juga dapat menyebabkan freezer burn atau pembentukan kristal es yang merusak kualitas daging.

Hal ini juga berlaku apabila Anda ingin menyimpan daging kemasan di dalam freezer. Biarkan kemasan aslinya tetap utuh dan bungkus kembali dengan plastik pembungkus. Bukalah kemasan hanya jika Anda sudah siap mengolah daging.

2. Tidak mencuci daging sebelum disimpan

Jika Anda ingin menyimpan daging dengan cara yang benar, sebaiknya tinggalkan kebiasaan yang satu ini. Mencuci daging atau ayam mentah dengan kucuran air tidak akan membunuh bakteri, tapi justru dapat mendukung pertumbuhannya.

Air keran mengandung banyak bakteri, dan beberapa di antaranya dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Selain itu, kebiasaan mencuci daging juga dapat menyebarkan bakteri dari daging ke tangan atau peralatan memasak.

3. Terapkan sistem first in, first out (FIFO)

Pada sistem first in, first out (FIFO), Anda menempatkan bahan makanan yang sudah lebih dulu disimpan di bagian depan atau atas kulkas. Cara ini akan membantu Anda mengetahui mana bahan makanan yang perlu diambil lebih dulu.

Penerapan sistem FIFO bisa menjadi lebih mudah bila Anda memberikan label pada bungkus daging. Cantumkan hari dan tanggal pembelian pada tiap bungkus daging sehingga Anda tidak melewatkan batas akhir penggunaannya.

4. Segera masukkan daging ke dalam kulkas

Daging merah dan ayam mentah hanya bertahan paling lama dua jam dalam suhu ruangan. Daging dalam kemasan vakum pun tidak dapat bertahan lebih lama karena kemasan ini hanya menghilangkan udara, bukan mencegah pertumbuhan bakteri.

Cara menyimpan daging yang benar adalah dengan segera memasukkannya ke dalam kulkas begitu Anda tiba di rumah. Saat berbelanja bahan makanan, belilah daging saat Anda sudah selesai membeli bahan makanan yang lain.

Daya tahan daging selama penyimpanan

nutrisi daging wagyu

Tergantung metode penyimpanannya, daging merah dan ayam mentah dapat bertahan selama beberapa jam, hari, hingga bulan. Di sisi lain, daging yang telah diolah biasanya dapat bertahan hingga belasan bulan asalkan kemasannya tidak rusak.

Melansir laman Food Safety AS, berikut daya tahan setiap jenis daging di dalam kulkas bila Anda menyimpan bahan pangan ini dengan cara yang benar.

  • Daging mentah potong: 3 – 5 hari
  • Daging mentah cincang: 1 – 2 hari
  • Ayam mentah dan unggas sejenisnya: 1 – 2 hari
  • Berbagai jenis ikan mentah: 1 – 2 hari
  • Daging, ayam, dan ikan yang matang: 3 – 4 hari
  • Hot dog, sosis, kornet: hingga satu minggu setelah kemasan dibuka

Sementara itu, berikut daya tahan setiap jenis daging di dalam freezer.

  • Daging mentah potong: 4 – 12 bulan
  • Daging mentah cincang: 3 – 4 bulan
  • Ayam mentah dan unggas sejenisnya: 9 – 12 bulan
  • Berbagai jenis ikan mentah: 6 bulan
  • Daging, ayam, dan ikan yang matang: 2 – 6 bulan
  • Hot dog, sosis, kornet: 1 – 2 bulan

Makanan yang Anda konsumsi setiap hari tidak hanya harus menyehatkan, tapi juga aman. Jika tidak, makanan bergizi seperti daging justru dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Inilah mengapa perlu memahami cara menyimpan daging yang benar.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Storing Meat in Your Refrigerator. (n.d.). Retrieved 9 March 2021, from https://web.extension.illinois.edu/meatsafety/refrigerator.cfm

Foodborne Germs and Illnesses. (2020). Retrieved 9 March 2021, from https://www.cdc.gov/foodsafety/foodborne-germs.html

Keep food safe by implementing the “FIFO” system. (2014). Retrieved 9 March 2021, from https://www.canr.msu.edu/news/keep_food_safe_by_implementing_the_fifo_system

Meat Safety: Storing and Handling Meat, Poultry, and Fish. (2016). Retrieved 9 March 2021, from https://www.healthline.com/health/food-safety-meat

Cold Food Storage Chart. (2021). Retrieved 9 March 2021, from https://www.foodsafety.gov/food-safety-charts/cold-food-storage-charts

How to store food and leftovers. (2019). Retrieved 9 March 2021, from https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/how-to-store-food-and-leftovers/

How should you wrap meat for refrigerating or freezing?. (2019). Retrieved 9 March 2021, from https://ask.usda.gov/s/article/How-should-you-wrap-meat-for-refrigerating-or-freezing

Why you should never wash raw chicken. (2020). Retrieved 9 March 2021, from https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/never-wash-raw-chicken/

Can I keep meat in vacuum packages at room temperature?. (2019). Retrieved 9 March 2021, from https://ask.usda.gov/s/article/Can-I-keep-meat-in-vacuum-packages-at-room-temperature

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui 05/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro