home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sarapan

5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sarapan

Sarapan yang baik terdiri dari makanan sebagai sumber karbohidrat, lauk-pauk, sayuran, buah-buahan, dan minuman. Jika Anda tidak mengonsumsi camilan pagi dan siang, maka porsi sarapan disarankan mencukupi sepertiga kebutuhan kalori Anda dalam sehari. Meskipun begitu masih banyak orang yang melewatkan sarapan, atau memilih makanan yang tidak sehat. Kira-kira apa sajakah jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari saat sarapan?

Berbagai jenis sarapan tidak sehat yang perlu dihindari

Sarapan merupakan salah satu waktu makan terpenting dalam hari Anda. Menurut Pedoman Gizi Seimbang yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, sarapan adalah kegiatan makan dan minum yang dilakukan antara bangun pagi sampai jam sembilan untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian (15-30% kebutuhan gizi) dalam rangka mewujudkan hidup sehat, aktif, dan produktif. Sarapan dapat diibaratkan sebagai bahan bakar pertama Anda sebelum memulai segala aktivitas Anda dalam satu hari

1. Segelas jus buah tanpa makanan lain

Segelas jus buah saat sarapan tentu menyegarkan, tetapi mengonsumsi segelas jus buah saja tidak dapat dikatakan sarapan. Terlebih lagi jika yang Anda konsumsi adalah jus buah komersil dalam kemasan yang sudah ditambahkan gula, pewarna, pengawet, dan bahan tambahan pangan lainnya. Jus yang terlihat sehat seperti jus sayuran yang di-cold pressed pun tidak selamanya sehat jika dijadikan satu-satunya sumber makanan Anda saat makan pagi.

Jus kebanyakan hanya mengandung karbohidrat dan gula saja. Ini akan membuat Anda cepat lapar kembali sebelum waktunya makan siang sehingga menyebabkan Anda cenderung mengonsumsi camilan tinggi gula dan tinggi lemak.

Buah yang disarankan untuk dikonsumsi saat sarapan adalah yang mengandung serat, seperti apel misalnya. Jika Anda ingin mengonsumsi jus buah boleh saja, tetapi cobalah membuat jus buah Anda sendiri sehingga Anda bisa mengukur kadar gula yang Anda gunakan. Jangan lupa untuk tetap mengkombinasikan jus buah Anda dengan makanan sumber protein.

2. Donat, croissant, cake, bagel, muffin

Sarapan tidak sehat yang perlu Anda hindari yaitu donat serta produk pastry lain, karena sebagian besar kandungannya hanyalah gula dan lemak. Donat misalnya, proses pembuatannya menggunakan gula, krim, serta digoreng dengan metode deep fried. Ini menjadikan donat tinggi akan kalori tetapi minim akan kualitas zat gizi karena hanya mengandung karbohidrat dan lemak serta dalam jenis yang tidak sehat.

Gula merupakan sumber karbohidrat sederhana, sehingga akan meningkatkan gula darah Anda dengan cepat tetapi juga menurunkan kadar gula dengan cepat pula sehingga Anda akan merasa lapar sebelum waktunya makan siang.

Lemak yang berasal dari penggorengan terutama dengan metode deep fried, merupakan jenis lemak jenuh yang berbahaya bagi kesehatan karena dapat mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah. Donat dan produk pastry bisa menjadi camilan ketika sesekali Anda makan di luar, tetapi sebaiknya tidak Anda jadikan makanan utama saat sarapan.

3. Sosis, bacon, ham, dan nugget

Daging hasil pemrosesan adalah tipe daging yang berbahaya bagi kesehatan. Suatu penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Harvard mengungkapkan bahwa setiap 50 gram daging olahan yang Anda makan akan meningkatkan risiko Anda menderita penyakit jantung sebanyak 42%. Jika Anda hanya mengonsumsi daging olahan saja untuk sarapan, maka kemungkinan Anda mengalami kegemukan dan obesitas juga akan bertambah karena biasanya daging olahan mengandung banyak lemak jenuh.

4. Sereal rendah serat

Mengonsumsi sereal merupakan pilihan bagi beberapa orang karena penyajiannya yang mudah dan menghemat waktu. Tetapi Anda tetap harus memperhatikan kandungan gizi yang terdapat pada kemasan sereal, pilihlah sereal yang setidaknya mengandung 3 gram serat dalam setiap takaran sajinya.

Jika Anda memilih sereal untuk anak-anak, perhatikan kembali bahan-bahan yang digunakan. Sereal berwarna-warni yang dihasilkan dari pewarna buatan dapat memberikan dampak kesehatan bagi anak, beberapa penelitian mengaitkan pewarna pada makanan dengan ADHD dan hiperaktif pada anak.

Jika Anda ingin mencampurkan sereal dengan susu, sebaiknya gunakan susu biasa, jangan susu kental manis. Karena, susu kental manis sudah diberi tambahan gula yang cukup banyak.

5. Nasi uduk, bihun, dan gorengan

Merupakan menu sarapan yang terkenal di Indonesia, atau mungkin juga biasa Anda konsumsi. Meskipun mengenyangkan, tetapi ternyata jenis makanan ini dapat dikategorikan sarapan tidak sehat. Apalagi, jika nasi uduk disajikan dengan bihun goreng, sambal goreng kentang, ditambah dengan gorengan.

Jika Anda perhatikan, nasi uduk sudah merupakan sumber karbohidrat, jika ditambah dengan bihun atau kentang maka asupan karbohidrat Anda bertambah berkali-kali lipat. Selain itu gorengan yang Anda konsumsi juga biasanya tinggi lemak karena mengandung banyak minyak.

Apabila Anda terbiasa mengonsumsi nasi uduk untuk sarapan, cobalah kombinasikan dengan lauk-pauk yang mengandung protein dan sayur buah, kurangi asupan karbohidrat sederhana yang terlalu banyak.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Gelman, L. (n.d.). Think Twice Before Eating These 10 Breakfast Foods. Retrieved from Reader’s Digest: http://www.rd.com/health/wellness/think-twice-breakfast-foods/

Kirkpatrick, K. (2015, July 22). The 5 Worst Breakfast Foods for You. Retrieved from Health Essentials: https://health.clevelandclinic.org/2015/07/sluggish-start-the-5-worst-breakfast-foods/

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Monika Nanda
Tanggal diperbarui 30/12/2020
x