home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Cara Agar Sarapan Sayur Setiap Pagi Lebih Mudah

4 Cara Agar Sarapan Sayur Setiap Pagi Lebih Mudah

Apa menu sarapan Anda setiap harinya? Mungkin bagi Anda yang punya aktvitas padat, Anda lebih memilih untuk makan sepiring nasi, agar tubuh tidak cepat lemas dan lelah. Apa pun menu sarapan Anda, pastikan di dalamnya ada sejumlah serat dari sayuran. Menu sarapan ini bisa bantu Anda kenyang lebih lama. Lantas, bagaimana caranya untuk makan sayur lebih banyak di waktu sarapan?

Sarapan sayur, cara sarapan sehat yang mengenyangkan

Siapa bilang sarapan sayur bikin cepat lapar? Faktanya, sayur yang Anda makan saat sarapan bisa bikin perut Anda tidak keroncongan hingga siang hari. Serat yang ada di dalam sayur terbukti dapat bikin perut Anda terasa penuh hingga waktu makan siang Anda. Selain itu, menu ini baik untuk Anda yang ingin mengecilkan lingkar perut dan pinggang.

Dalam satu hari, Anda harus memenuhi kebutuhan sayur sebanyak 3-4 porsi dalam satu hari. Kira-kira dalam satu kali makan besar, Anda harus mengonsumsi sebanyak satu mangkuk penuh sayuran yang matang tanpa kuah.

Bagaimana caranya agar bisa sarapan sayur lebih banyak?

Sebenarnya, mudah kok kalau Anda mau memodifikasi sedikit menu sarapan Anda dengan ditambahkan sayuran di dalamnya. Bagi Anda yang kurang suka sayur, juga bisa melakukan tips ini agar sarapan Anda lebih sehat dan berkualitas.

1. Buat salad sebagai menu sarapan

Jika Anda tak punya banyak waktu untuk membuat sarapan, maka Anda bisa mengandalkan sayur dan dressing salad sebagai menu sarapan di pagi hari. Tak sulit kok, Anda cukup mempersiapkan berbagai jenis sayur untuk salad, seperti daun selada, tomat, wortel, bayam, atau timun. Tambahkan dressing salad di atasnya dan telur rebus jika Anda suka. Jangan lupa untuk mencuci sayur dengan bersih sebelumnya.

2. Ganti teh atau kopi dengan smoothie sayur

Anda punya kebiasaan harus minum teh atau kopi setiap pagi? Coba deh, sekali-kali ganti menu minuman Anda menjadi minuman yang lebih sehat. Ganti secangkir kopi atau teh Anda dengan smoothie sayur yang segar dan tentunya enak. Mudah, kok, untuk membuatnya, Anda cukup menyediakan sayur-sayuran yang ingin Anda buat jus, kemudian hanya tinggal tambahkan susu, yogurt, atau perasan jeruk segar dan jadilah menu sarapan yang nikmat sekaligus sehat.

3. Padukan sayur dengan telur

Tidak ada yang tidak cocok untuk dipadukan dengan telur. Ya, bagi Anda pecinta telur, Anda bisa mengakali tambahan sayur di dalam menu omelet Anda. Jangan hanya tambahan daging atau sosis saja yang Anda masukkan ke dalam omelet, tapi sempurnakan gizinya dengan menambahkan potongan berbagai sayuran, seperti bayam, jamur, wortel, hingga brokoli.

4. Pakai sayur untuk menu kesukaan Anda

Sebenarnya, menu sarapan pada umumnya bisa ditambah sayur-mayur agar lebih bernutrisi dan mengenyangkan. Misalnya nasi goreng atau nasi kuning. Anda bisa menambahkan kubis, timun, wortel, labu, atau sawi. Bahkan, bubur ayam Anda juga akan terasa lebih nikmat kalau ditambah daun bawang dan potongan wortel.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Prevention. (2015). 10 Ways to Eat More Vegetables at Breakfast. [online] Available at: https://www.prevention.com/eatclean/vegetables-for-breakfast  [Accessed 6 Nov. 2017].

Ipatenco, S. (2017). How to Eat Vegetables for Breakfast. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: https://www.livestrong.com/article/464843-how-to-eat-vegetables-for-breakfast/  [Accessed 6 Nov. 2017].

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui 06/01/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x