4 Cara Agar Sarapan Sayur Setiap Pagi Lebih Mudah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Apa menu sarapan Anda setiap harinya? Mungkin bagi Anda yang punya aktvitas padat, Anda lebih memilih untuk makan sepiring nasi, agar tubuh tidak cepat lemas dan lelah. Apa pun menu sarapan Anda, pastikan di dalamnya ada sejumlah serat dari sayuran. Menu sarapan ini bisa bantu Anda kenyang lebih lama. Lantas, bagaimana caranya untuk makan sayur lebih banyak di waktu sarapan?

Sarapan sayur, cara sarapan sehat yang mengenyangkan

Siapa bilang sarapan sayur bikin cepat lapar? Faktanya, sayur yang Anda makan saat sarapan bisa bikin perut Anda tidak keroncongan hingga siang hari. Serat yang ada di dalam sayur terbukti dapat bikin perut Anda terasa penuh hingga waktu makan siang Anda. Selain itu, menu ini baik untuk Anda yang ingin mengecilkan lingkar perut dan pinggang.

Dalam satu hari, Anda harus memenuhi kebutuhan sayur sebanyak 3-4 porsi dalam satu hari. Kira-kira dalam satu kali makan besar, Anda harus mengonsumsi sebanyak satu mangkuk penuh sayuran yang matang tanpa kuah. 

Bagaimana caranya agar bisa sarapan sayur lebih banyak?

Sebenarnya, mudah kok kalau Anda mau memodifikasi sedikit menu sarapan Anda dengan ditambahkan sayuran di dalamnya. Bagi Anda yang kurang suka sayur, juga bisa melakukan tips ini agar sarapan Anda lebih sehat dan berkualitas. 

1. Buat salad sebagai menu sarapan 

Jika Anda tak punya banyak waktu untuk membuat sarapan, maka Anda bisa mengandalkan sayur dan dressing salad sebagai menu sarapan di pagi hari. Tak sulit kok, Anda cukup mempersiapkan berbagai jenis sayur untuk salad, seperti daun selada, tomat, wortel, bayam, atau timun. Tambahkan dressing salad di atasnya dan telur rebus jika Anda suka. Jangan lupa untuk mencuci sayur dengan bersih sebelumnya.

2. Ganti teh atau kopi dengan smoothie sayur

Anda punya kebiasaan harus minum teh atau kopi setiap pagi? Coba deh, sekali-kali ganti menu minuman Anda menjadi minuman yang lebih sehat. Ganti secangkir kopi atau teh Anda dengan smoothie sayur yang segar dan tentunya enak. Mudah, kok, untuk membuatnya, Anda cukup menyediakan sayur-sayuran yang ingin Anda buat jus, kemudian hanya tinggal tambahkan susu, yogurt, atau perasan jeruk segar dan jadilah menu sarapan yang nikmat sekaligus sehat.

3. Padukan sayur dengan telur

Tidak ada yang tidak cocok untuk dipadukan dengan telur. Ya, bagi Anda pecinta telur, Anda bisa mengakali tambahan sayur di dalam menu omelet Anda. Jangan hanya tambahan daging atau sosis saja yang Anda masukkan ke dalam omelet, tapi sempurnakan gizinya dengan menambahkan potongan berbagai sayuran, seperti bayam, jamur, wortel, hingga brokoli.

4. Pakai sayur untuk menu kesukaan Anda

Sebenarnya, menu sarapan pada umumnya bisa ditambah sayur-mayur agar lebih bernutrisi dan mengenyangkan. Misalnya nasi goreng atau nasi kuning. Anda bisa menambahkan kubis, timun, wortel, labu, atau sawi. Bahkan, bubur ayam Anda juga akan terasa lebih nikmat kalau ditambah daun bawang dan potongan wortel.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Pria kadang suka "keluar" duluan. Adakah cara agar seks menjadi lebih lama? Yuk simak berbagai cara tahan lama pria saat berhubungan seks di bawah ini.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Seksual, Tips Seks 19 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

7 Penyebab Hidung Meler serta Cara Mengatasinya

Hidung ingusan memang sangat menganggu Anda. Berikut tips yang bisa dilakukan di rumah untuk meringankan hidung meler, entah karena flu atau alergi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 19 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

Urat menonjol pada permukaan kulit memang kerap ditemui pada orang berusia lanjut. Lalu apa artinya kalau masih muda sudah mengalami kondisi ini?

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Keracunan Makanan

Keracunan makanan dapat berujung pada kematian. Pelajari pertolongan pertama untuk menagtasi keracunan makanan di sini sebelum terlambat.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Pertolongan Pertama, Hidup Sehat 19 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara mengobati tipes

Berbagai Pilihan Pengobatan untuk Atasi Tipes

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
buah zakar gatal

4 Penyebab Buah Zakar Anda Gatal dan Ingin Terus Digaruk

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
suplemen herbal yang harus dihindari menjelang operasi

Hati-hati, 8 Suplemen Herbal Ini Tak Boleh Dikonsumsi Sebelum Masuk Ruang Operasi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
kayu manis

Konsumsi Kayu Manis Berlebihan, Hati-hati Risikonya untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit