home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tidak Doyan Kopi Hitam? Ini 8 Cara Bikin Kopi Lebih Nikmat Tanpa Gula

Tidak Doyan Kopi Hitam? Ini 8 Cara Bikin Kopi Lebih Nikmat Tanpa Gula

Anda penikmat kopi hitam tapi bosan dengan rasa kopi yang itu-itu saja? Atau Anda tidak doyan kopi pahit tapi butuh asupan kafein supaya pikiran tetap segar? Sementara itu, menambah gula dalam kopi mungkin tak terlalu ampuh untuk meringankan rasa pahitnya. Tenang saja, Anda bisa kok, meracik kopi sendiri dengan bahan-bahan alami yang ada di dapur. Kopi hitam Anda pun jadi lebih nikmat dan kaya akan rasa. Simak delapan pilihan di bawah ini, yuk.

1. Susu kacang

Saat ini sudah ada banyak pilihan susu kacang yang bisa Anda tambahkan dalam secangkir kopi Anda. Misalnya susu kedelai dan susu almond. Rasa susu kacang lebih cocok jika dipadukan dengan kopi. Ini karena susu kacang tidak akan mengalahkan aroma kopi seperti halnya susu sapi. Selain itu, Anda tak perlu khawatir dengan kadar kalori dan lemak jenuhnya. Susu kacang mengandung kalori dan lemak yang jauh lebih rendah daripada susu sapi biasa.

2. Susu kental manis

Kopi dengan susu kental adalah minuman khas dari Vietnam yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Kalau Anda punya susu kental manis di kulkas, campurkan secukupnya ke dalam kopi hangat Anda. Anda pun tak perlu pakai gula lagi untuk meracik kopi yang terasa lembut, manis, dan nikmat.

3. Bubuk kakao

Kalau Anda tidak suka kopi hitam yang pahit atau asam, menambahkan bubuk cokelat (kakao) ke dalam kopi Anda bisa jadi solusi yang tepat. Cokelat akan membuat rasa kopi jadi lebih mudah diterima lidah, terutama bagi Anda yang tidak biasa minum kopi hitam. Racikan ini juga banyak ditemukan di kafe atau kedai kopi dengan istilah kopi moka.

4. Mentega

Mencampur kopi dengan mentega? Siapa takut! Tren mencampur kopi dengan mentega akhir-akhir ini semakin menjamur karena rasanya yang khas. Namun, pilih yang 100% mentega (butter atau roomboter) dari sapi. Jangan pakai margarin atau mentega yang sudah dicampur margarin. Campurkan satu sendok teh mentega tanpa garam (unsalted butter) ke dalam secangkir kopi hangat Anda dan aduk sampai mentega meleleh tercampur rata. Hasilnya? Kopi Anda jadi lebih lembut, tidak terlalu sepat atau asam.

5. Jahe

Bumbu dapur yang satu ini memang serba guna. Anda bisa mencampurkan jahe dalam berbagai jenis minuman, mulai dari teh, jamu, hingga kopi. Parut jahe secukupnya dan campurkan dalam kopi Anda. Anda juga bisa memotong jahe kecil-kecil dan mencelupkannya dalam kopi untuk mendapatkan aroma jahe yang kuat. Selain membuat rasa kopi jadi tajam, jahe juga baik untuk mencegah masalah pencernaan akibat kafein.

6. Jeruk atau lemon

Cobalah untuk menambahkan jeruk dalam kopi hitam Anda sehari-hari. Anda bisa pakai perasan jeruk mandarin, lemon, atau jeruk nipis sebagai penambah rasa kopi alami. Kalau hanya ingin mendapatkan aromanya, parut kulit jeruk secukupnya dan campurkan dalam kopi. Kopi Anda akan jadi lebih segar dan manis.

7. Kayu manis

Perhatikan rempah-rempah yang ada di dapur Anda. Kalau ada kayu manis, Anda bisa mencampurkannya dalam secangkir kopi hangat Anda. Rempah ini bisa membantu menyamarkan rasa pahit kopi sekaligus membuatnya jadi lebih manis dan harum.

8. Daun mint

Habis begadang semalaman tapi dikejar deadline? Secangkir kopi hangat dengan tambahan daun mint bisa membantu Anda tetap segar dan terjaga selama bekerja. Anda bisa langsung mencelupkan beberapa lembar daun mint ke dalam kopi atau menumbuk daunnya dulu sebelum mencampurkan ke dalam kopi hitam.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

10 Ways to Give  Your Coffee Shot a Flavor. http://www.thekitchn.com/10-ways-to-give-your-coffee-a-shot-of-flavor-239347 Diakses pada 9 Maret 2017.

10 Ways to Flavor Your Coffee This Fall – No Pumpkin Needed. http://health.usnews.com/health-news/blogs/eat-run/2015/10/15/10-ways-to-flavor-your-coffee-this-fall-no-pumpkin-needed Diakses pada 2017.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Irene Anindyaputri Diperbarui 18/12/2020
Fakta medis diperiksa oleh Admin HHG
x