Badan Gemuk Akibat Faktor Genetik, Bagaimana Mengatasinya?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Badan gemuk memang lebih sering disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, asupan yang berlebihan, serta jarang olahraga. Jika Anda menganut prinsip hidup seperti ini, maka tidak butuh waktu lama untuk memiliki badan gemuk. Tapi, ada juga yang sudah gemuk dari ia kecil. Ada yang bilang ini disebabkan oleh faktor genetik. Benarkah badan gemuk sedari kecil memang disebabkan oleh gen? Bagaimana mengatasi kegemukan akibat gen? Apakah juga dengan melakukan pola hidup yang sehat? Simak penjelasan berikut ini.

Faktanya, badan gemuk juga bisa disebabkan oleh faktor genetik

Ya, meskipun sebagian besar kegemukan diakibatkan oleh pola makan yang tidak sehat serta gaya hidup yang sedentari. Faktanya, sangat jarang kejadian kegemukan yang seluruhnya disebabkan oleh faktor genetik. Faktor genetik penyebab obesitas memang ada, tapi tak dapat membuat seorang langsung memiliki berat badan berlebihan.

Para ahli mengungkapkan bahwa riwayat keluarga dan faktor genetik, tidak akan cukup membuat badan gemuk hingga obesitas. Hal ini pasti terjadi akibat faktor lingkungan sekitar. Ketika seseorang yang berisiko atau memiliki faktor genetik gemuk dalam tubuhnya, kemudian lingkungannya mendukung, maka kegemukan akan sangat mudah terjadi dan tentunya tak memerlukan waktu yang lama.

Ya, faktor lingkungan juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Laporan dari Harvard School of Public Health menyatakan bahwa faktor genetik hanya memiliki risiko yang kecil untuk membuat seseorang mengalami obesitas. Sementara, lingkungan serta makanan yang Anda konsumsi sehari-hari, punya dampak yang lebih besar dalam membuat berat badan berlebihan.  

Bagaimana saya tahu kalau badan gemuk yang saya miliki akibat faktor genetik?

Agak sulit jika ingin mengetahui apakah kegemukan yang Anda alami ada kaitannya dengan faktor genetik. Untuk pastinya, Anda harus melakukan serangkaian tes yang dapat membaca gen-gen di dalam tubuh Anda.

Namun, lebih mudahnya Anda dapat melihat silsilah serta riwayat keluarga Anda, apakah anggota keluarga Anda cenderung memiliki berat badan yang berlebih, bahkan sejak mereka kecil. Jika iya, mungkin Anda memiliki gen bawaan ini di dalam tubuh Anda.

Tetapi, sebaiknya Anda konsultasikan dan diskusikan hal ini pada dokter Anda untuk mengetahui jawaban yang lebih akurat.

kegemukan penyakit menular

Bagaimana cara mengatasi badan gemuk akibat faktor genetik?

Biasanya, untuk mengatasi kegemukan, hal yang pertama akan dilakukan adalah dengan cara mengatur serta mengubah gaya hidup serta pola makan terlebih dahulu. Pola hidup yang sehat tetap harus diterapkan, apapun penyebabnya.

Namun, dokter dan tim medis akan mengevaluasi dan melihat apakah cara ini dapat menurunkan berat badan. Jika tidak, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kegemukan dan kebanyakan lemak. Bagi orang yang tidak berhasil menurunkan berat badannya melalui perubahan gaya hidup dan pola makan, maka tindakan medis seperti operasi dapat dilakukan untuk membantu atasi kegemukan.

Ada operasi khusus yang biasanya dilakukan ketika penerapan diet tak kunjung berhasil. Operasi ini disebut dengan operasi bariatrik. Ada berbagai metode dari operasi ini, dari membuat ruangan di dalam lambung semakin kecil sehingga Anda mudah kenyang hingga mengangkat beberapa organ pencernaan. Namun, semuanya bertujuan untuk membuat tubuh lebih sedikit menerima makanan yang masuk dan menggunakan tumpukan lemak yang ada sebagai gantinya.

Nah, kalau memang Anda ingin menurunkan berat badan dan tertarik menggunakan metode ini, sebaiknya konsultasikan dulu permasalahan Anda pada dokter yang menangani Anda.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan, Termasuk untuk Diet

Goji berry banyak digunakan untuk kecantikan., namun ada pula manfaatnya untuk kesehatan., termasuk diet. Yuk, ketahui lebih lanjut.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Herbal A-Z 5 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Minum Pil KB

Pil KB berhubungan dengan hormon. Itu sebabnya, saat Anda memutuskan untuk berhenti minum pil KB akan muncul berbagai efek samping. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Seksual, Kontrasepsi 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Waspadai 3 Ciri Tipes yang Sudah Parah Agar Tidak Berakibat Fatal

Tipes yang parah bisa berakibat fatal jika tidak cepat-cepat ditangani. Satu dari 5 orang bisa meninggal karena tipes. Seperti apa ciri tipes yang parah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Penyakit Infeksi, Demam Tifoid (Tifus) 4 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit

Kenapa Beberapa Orang Cenderung Susah Mencium Bau?

Beberapa orang ada yang memiliki hidung kurang sensitif sehingga sulit mencium bau yang ada di sekitarnya. Kenapa bisa begitu, ya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara pakai termometer

Mengenal 4 Jenis Termometer yang Paling Umum, dan Cara Pakainya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit
obat alami dan tradisional sakit gigi berlubang

7 Obat Alami untuk Mengatasi Sakit Gigi Berlubang

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
apa itu lucid dream

Sedang Mimpi Tapi Sadar? Begini Penjelasan Fenomena Lucid Dream

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Mata Kucing Pada Anak? Waspada Gejala Kanker Mata

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit