6 Manfaat Lengkuas, Dari Menghilangkan Ketombe Hingga Luka Bakar

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Saat makan rendang atau hidangan daging ayam lainnya, pernahkah Anda tertipu oleh lengkuas yang Anda gigit dengan mengira itu adalah daging? Ya, banyak lelucon dan pengalaman menggigit lengkuas, akibat ekspektasi daging yang besar dan nikmat. Lengkuas selain sebagai bumbu masakan, nyatanya punya banyak manfaat, mulai dari gizi hingga khasiatnya mencegah dan mengobati bermacam penyakit. Yuk, simak apa saja manfaat lengkuas, selain selalu dikira daging pada masakan.

Berbagai manfaat lengkuas

1. Sebagai obat diare

Sebatang lengkuas segar memiliki zat anti bakteri yang berguna untuk menyingkirkan bakteri patogen dan menyembuhkan diare. Sebuah studi oleh Sunilson, JAJ pada tahun 2009 menunjukkan, aktivitas antimikroba dari lengkuas juga dapat membasmi bakteri yang terbawa ke dalam tubuh (seperti bakteri fructose dan lactose), serta kelebihan vitamin C yang juga dapat menyebabkan diare. Nah, dengan sifat anti mikroba dari lengkuas ini, disinyalir dapat meredakan serangan diare.

2. Mencegah tumor dan kanker

Pada kandungan lengkuas, terdapat banyak zat antioksidan untuk membantu memperbaiki sel-sel DNA tubuh, yang disebabkan oleh radikal bebas dan komponen racun lainnya yang masuk dan mengendap di tubuh. Sebuah studi oleh para peneliti Inggris menemukan bahwa ekstrak lengkuas memiliki sifat anti kanker. Penelitian ini telah diuji coba oleh beberapa pasien yang menderita kanker paru-paru dan kanker payudara. Manfaat lengkuas lainnya adalah dapat menghambat jalur xanthin enzim sintesis yang memicu perkembangan tumor

3. Meringankan asma

Lengkuas juga memiliki peran penting dalam menjaga sistem pernapasan yang sehat. Pada ramuan obat herbal di China, lengkuas telah digunakan sebagai obat yang memiliki efek antispasmodik berfungsi mengurangi dahak (kapha), dan melebarkan saluran bronkiolus untuk meredakan asma.

4. Meredakan batuk, sakit tenggorokan dan suara serak

Di India, masyarakat yang menggunakan campuran lengkuas dengan air panas untuk meredakan nyeri pada dada, suara yang serak, dan juga sakit tenggorokan. Hanya dengan mencampurkan beberapa sendok kecil lengkuas bubuk dengan air panas, lalu diminum secara rutin akan terasa khasiatnya. Cara alternatif lainnya, bisa dilakukan dengan menyeduh irisan lengkuas dalam air kapur sirih, lalu diminum satu kali dalam satu hari. Hal ini disebabkan karena manfaat lengkuas yang memiliki sifat zat ekspektoran dan berguna dalam banyak masalah pernapasan tubuh.

5. Mengobati luka bakar

Jika Anda membuat jus dari lengkuas atau menumbuk halus beberapa irisan lengkuas, Anda dapat meredakan sakit akibat perih pada kulit yang menderita luka bakar. Anda juga dapat menggosok beberapa irisan lengkuas segar pada kulit 2 sampai 3 kali setiap hari untuk mengurangi bekas luka bakar yang dapat muncul kemudian hari.

6. Membantu meredakan masalah ketombe dan kulit kepala

Nah, kalau manfaat lengkuas yang satu ini memang tidak disangka-sangka. Lengkuas memiliki efek anti jamur yang dapat berguna pada serangan jamur di tiap bagian kulit tubuh, termasuk ulit kepala. Jamur yang menginfeksi kulit kepala dapat mengakibatkan ketombe. Bagaimana cara menggunakan lengkuas?  Anda dapat langsung menggosok beberapa irisan lengkuas pada kulit kepala atau mencampur beberapa lengkuas parut dengan minyak zaitun, kemudian gosok di daerah kulit kepala yang terdapat ketombe.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Baru Pakai Skincare Antiaging Usia 50 Tahun ke Atas, Bermanfaatkah?

Produk skincare antiaging fungsinya adalah mencegah penuaan dini. Namun, kalau baru pakai antiaging di usia 50 tahun ke atas, apa hasilnya akan sama?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Lansia, Gizi Lansia 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

3 Manfaat yang Bisa Didapat dari Minum Kopi Sebelum Olahraga

Suka olahraga di pagi hari dan harus minum kopi dulu biar segar? Penelitian membuktikan kalau minum kopi sebelum olahraga ternyata baik buat tubuh, lho!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Gizi Olahraga, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Berbagai Pilihan Pengobatan untuk Atasi Tipes

Gejala tipes umumnya dapat diobati di rumah. Selain minum obat dari dokter, apa saja cara mengobati tipes lainnya di rumah?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit Infeksi, Demam Tifoid (Tifus) 20 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

4 Penyebab Buah Zakar Anda Gatal dan Ingin Terus Digaruk

Menggaruk alat kelamin terkadang sudah menjadi kebiasaan, tapi bisa juga karena memang terasa gatal. Apa saja penyebab buah zakar gatal? Apakah berbahaya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Mengurangi Bau Badan

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
olahraga malam hari

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
sakit kepala setelah makan

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
strategi menahan lapar

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit