home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Kurma dan Madu

4 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Kurma dan Madu

Selalu ada bahan makanan yang populer di bulan Ramadan, salah satunya buah kurma. Banyak orang yang makan buah kurma secara langsung, maupun dikombinasikan dengan madu sebagai sajian takjil yang lezat. Konon campuran kurma dan madu berkhasiat, lho!

Apa khasiat mengonsumsi kurma dan madu?

Pohon kurma tumbuh di daerah-daerah tropis di dunia. Rasanya yang manis dan mudah untuk dimakan, membuat buah kurma banyak diincar untuk dijadikan camilan sehat saat bulan puasa.

Bahkan, tidak sedikit orang yang senang mencampurkan buah kurma dengan beberapa beberapa tetes madu guna mendapatkan rasa yang lebih lezat. Kombinasi kurma dan madu dipercaya bisa menunjang kesehatan tubuh selama puasa.

Di bawah ini segudang manfaat mengonsumsi campuran kurma dan madu.

1. Menstabilkan kadar gula darah

Saat puasa, Anda cenderung untuk mengonsumsi banyak rasa manis yang berasal dari makanan dan minuman saat sahur dan berbuka. Jika Anda khawatir akan lonjakan kadar gula darah, konsumsi buah kurma dan madu bisa menjadi salah satu pilihan.

Penelitian yang dimuat Nutrition Journal menyatakan bahwa meski mengandung gula alami dalam jumlah yang tinggi, kurma memiliki indeks glikemik yang rendah. Maka itu, Anda tidak perlu khawatir gula darah naik setelah Anda memakannya.

Begitu pula dengan madu. Rasa manis yang khas dari madu bisa menjadi alternatif pengganti gula. Terlalu banyak makan gula akan menyumbang kalori berlebih. Menambahkan madu ke dalam makanan dan minuman dapat memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Meski begitu, penderita penyakit diabetes perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui berapa banyak kurma dan madu yang boleh dikonsumsi saat puasa.

2. Kurma dan madu memenuhi kebutuhan nutrisi

Vitamin B pada kurma bermanfaat dalam membantu proses pencernaan sekaligus pembentukan sel darah baru. Tidak hanya itu, vitamin A dan vitamin K pada kurma juga dipercaya dapat menjaga kesehatan tubuh selama Anda berpuasa.

Jumlah mineral yang diperlukan tubuh memang tidak sebesar zat gizi lainnya, tapi jika tidak terpenuhi dengan baik akan berbahaya bagi kesehatan. Kurma menyumbang mineral penting seperti tembaga, mangan, magnesium, kalsium, fosfor, zat besi, dan seng.

Semua nutrisi baik dari kurma akan lebih optimal lagi bila Anda iringi konsumsinya dengan beberapa tetes madu. Sebab, madu mengandung banyak antioksidan penting seperti fenol, flavonoid, dan asam organik.

Kandungan antioksidan tersebut banyak dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung, stroke, beberapa jenis kanker, serta dipercaya bisa memperbaiki kesehatan mata.

3. Menurunkan kadar trigliserida

Makanan dan minuman yang dikonsumsi “sembarangan” memberikan dampak yang buruk untuk tubuh. Misalnya, makanan dengan kandungan kalori, gula, atau lemak yang tinggi bisa menjadi pemicu meningkatkan kadar trigliserida dalam tubuh.

Peningkatan trigliserida ini kemudian memicu munculnya berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes. Menariknya, dilansir dari Healthline, beberapa penelitian membuktikan bahwa konsumsi madu bisa menurunkan kadar trigliserida tinggi.

Hal ini juga didukung oleh penelitian yang diterbitkan Scientific World Journal, membandingkan konsumsi madu dan gula terhadap peningkatan kadar trigliserida. Hasilnya, 11,19% tingkat trigliserida lebih rendah pada kelompok yang mengonsumsi madu.

Kurma juga disinyalir efektif guna menurunkan kadar trigliserida tubuh. Sebuah studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry mendapatkan hasil bahwa makan kurma mampu menurunkan kadar trigliserida sebesar 8 – 15% lebih baik.

4. Menambah energi

Menjalani puasa tidak seharusnya melemahkan energi tubuh Anda. Meski diharuskan untuk menahan makan dan minum selama kurang lebih 13 jam, Anda tetap bisa mencukupi kebutuhan energi atau kalori dengan makan madu dan kurma.

Makanlah kombinasi ini pada waktu sahur ataupun berbuka puasa untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang.

Pasalnya, dalam satu sendok madu seberat 21 gram mengandung 64 kalori dan 17 gram jenis gula—seperti fruktosa, glukosa, maltosa, dan sukrosa. Sementara itu, kurma merupakan sumber fruktosa alami.

Kandungan-kandungan tersebut akan diolah menjadi kalori, yang bisa diandalkan untuk meningkatkan energi tubuh yang telah terkuras selama Anda beraktivitas di kala puasa.

Madu dan kurma juga praktis untuk dikonsumsi

Ada berbagai cara yang bisa Anda coba untuk mengonsumsi kombinasi ini. Misalnya, dengan memakannya secara bersamaan, mengolahnya menjadi camilan ringan, ataupun makan kurma disertai dengan mencampurkan madu dalam minuman.

Meski demikian, bila Anda ingin cara yang lebih praktis, Anda bisa memilih produk yang telah menggabungkan kurma dan madu dalam satu kemasan.

Cara yang satu ini dinilai lebih praktis untuk dikonsumsi, mudah didapatkan, dan yang terpenting kandungannya sudah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda.

Cara konsumsinya pun tidak sulit, Anda bisa meminumnya secara langsung saat sahur dan berbuka, ataupun mencampurnya dengan air untuk disajikan sebagai takjil saat berbuka puasa.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What Are the Benefits of Eating Dates? https://www.livestrong.com/article/507760-what-are-the-benefits-of-eating-dates/ Diakses pada 14 Mei 2018.

8 Proven High Benefits of Dates. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-dates Diakses pada 14 Mei 2018.

Are Dates Good for You? https://www.healthline.com/health/food-nutrition/are-dates-good-for-you#1 Diakses pada 14 Mei 2018.

10 Surprising Health Benefits of Honey. https://www.healthline.com/nutrition/10-benefits-of-honey Diakses pada 14 Mei 2018.

Natural Honey and Cardiovascular Risk Factors; Effects on Blood Glucose, Cholesterol, Triacylglycerole, CRP, and Body Weight Compared With Sucrose. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18454257 Diakses pada 14 Mei 2018.


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri
Tanggal diperbarui 16 jam lalu
x