backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Beragam Manfaat Kurma dan Madu untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri · Tanggal diperbarui 24/01/2024

Beragam Manfaat Kurma dan Madu untuk Kesehatan Tubuh

Banyak orang yang makan buah kurma secara langsung maupun dikombinasikan dengan madu sebagai sajian makanan yang lezat. Konon, campuran keduanya berkhasiat untuk kesehatan. Simak beragam manfaat mengonsumsi kurma dan madu berikut ini. 

Apa khasiat mengonsumsi kurma dan madu?

Pohon kurma banyak tumbuh di daerah tropis di seluruh dunia. Rasanya yang manis dan mudah untuk dikonsumsi membuat buah kurma banyak diincar sebagai camilan sehat.

Tidak sedikit orang yang senang mencampurkan buah kurma dengan beberapa tetes madu untuk mendapatkan rasa yang lebih lezat. 

Selain sedap, keduanya baik untuk kesehatan tubuh. Inilah manfaat mengonsumsi madu dan kurma.

1. Menstabilkan kadar gula darah

tes gula darah

Salah satu manfaat madu dan kurma adalah membantu mengontrol kadar gula darah. Meski mengandung gula alami dalam jumlah yang tinggi, kurma memiliki indeks glikemik yang rendah.

Maka itu, Anda tidak perlu khawatir gula darah naik setelah Anda memakannya. Begitu pula dengan madu. Rasa manis yang khas dari madu bisa menjadi alternatif pengganti gula.

Oleh sebab itu, menambahkan kurma atau madu ke dalam makanan dan minuman bisa jadi pilihan yang tepat untuk penderita diabetes. 

Meski begitu, orang dengan penyakit diabetes perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui berapa banyak kurma dan madu yang boleh dikonsumsi saat puasa.

2. Memenuhi kebutuhan nutrisi

Kurma mengandung berbagai jenis Vitamin B, seperti vitamin B3 dan vitamin B9. Vitamin B3 atau niasin pada kurma bermanfaat dalam membantu proses pencernaan.

Sementara itu, vitamin B9-nya membantu pembentukan sel darah baru. Tidak hanya itu, vitamin A dan vitamin K pada kurma juga dipercaya dapat menjaga kesehatan tubuh selama Anda berpuasa.

Jumlah mineral yang diperlukan tubuh memang tidak sebesar zat gizi lainnya. Namun, jika tidak terpenuhi dengan baik, hal ini akan berbahaya bagi kesehatan. 

Kurma menyumbang mineral penting seperti tembaga, mangan, magnesium, kalsium, fosfor, zat besi, dan seng.

Semua zat gizi dari kurma akan lebih optimal lagi bila Anda iringi konsumsinya dengan beberapa tetes madu. Pasalnya, madu mengandung banyak antioksidan penting seperti fenol, flavonoid, dan asam organik.

Kandungan antioksidan tersebut banyak dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung, stroke, beberapa jenis kanker, serta dipercaya bisa memperbaiki kesehatan mata.

Manfaat makan kurma sebelum tidur

Kurma baik dikonsumsi sebelum tidur karena dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak. Hal ini karena kandungan tryptophan, yakni asam amino yang dapat meningkatkan kualitas tidur.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Makanan dan minuman yang dikonsumsi “sembarangan” memberikan dampak yang buruk untuk tubuh. Sebagai contoh, jika Anda mengonsumsi asupan tinggi kalori, gula, atau lemak, hal ini bisa memicu peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh.

Peningkatan kolesterol ini kemudian memicu munculnya berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes. Beberapa penelitian membuktikan bahwa konsumsi madu dan kurma bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Penelitian yang diterbitkan dalam Saudi Medical Journal mengungkapkan bahwa konsumsi madu dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL, dan trigliserida dalam darah, serta meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. 

Buah kurma juga disinyalir efektif untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh. Studi dalam jurnal Nutrients juga menemukan bahwa konsumsi buah kurma selama 16 minggu membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat pada orang dengan diabetes. 

Potensi manfaat ini berasal dari kandungan serat yang bisa mengurangi penyerapan kolesterol di dalam aliran darah.

4. Menambah energi

Madu dan kurma juga berkhasiat untuk menambah energi. Hal ini karena keduanya mengandung karbohidrat sederhana, terutama gula, seperti fruktosa, sukrosa, dan glukosa. 

Glukosa adalah jenis karbohidrat sederhana yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi utama.

Hampir seluruh sel dalam tubuh membutuhkan glukosa sebagai sumber energinya, mulai dari sel otak, saraf, otot, hingga sel dalam ginjal.

Saat mengonsumsi makanan mengandung glukosa, tubuh akan memecah gula ini untuk digunakan sebagai bahan bakar dan sumber energi agar tubuh dapat menjalankan fungsinya.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kedua jenis makanan ini mengandung beberapa zat gizi yang baik untuk menjaga imunitas tubuh. Kurma mengandung zinc, zat besi, dan vitamin A. 

Zinc adalah mineral yang diperlukan untuk menjaga fungsi sel darah putih dalam melawan bakteri dan virus. Sementara, vitamin A mampu mencegah infeksi bakteri, virus, dan parasit.

Sementara itu, manfaat madu untuk daya tahan tubuh berasal dari senyawa fenolik dan flavonoidKedua senyawa ini bersifat antioksidan sehingga menangkal radikal bebas mengurangi peradangan di dalam tubuh. 

Selain itu, gula pada madu dicerna secara lambat oleh tubuh dan menghasilkan asam lemak rantai pendek. Asam lemak ini juga mengoptimalkan respons imun tubuh.

Jadi, manfaat madu dan kurma berpotensi membuat Anda tidak mudah sakit.

Cara mengonsumsi kurma dan madu

Susu kurma dan madu

Ada berbagai cara yang bisa Anda coba untuk mengonsumsi kombinasi ini. Anda bisa mengonsumsinya secara bersamaan menjadi minuman atau camilan ringan.

Contohnya, Anda bisa membuat minuman jus madu dan kurma atau membuat susu yang dicampur kedua bahan tersebut. Inilah resep membuat jus untuk satu penyajian.

  • Siapkan air mineral sebanyak 300 ml.
  • Masukkan tiga butir kurma dan satu sendok makan madu ke dalam air.
  • Blender hingga rata, jus siap diminum.

Sementara itu, cara membuat susu kurma madu mirip dengan resep di atas. Hanya saja, Anda ganti air mineral dengan susu murni.

Bila Anda ingin cara yang lebih praktis, Anda bisa memilih produk yang telah menggabungkan keduanya dalam satu kemasan.

Cara yang satu ini dinilai lebih praktis untuk dikonsumsi, mudah didapatkan, dan kandungannya sudah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda.

Batasan konsumsi kurma dan madu

kurma dan madu

Meski bermanfaat, sebaiknya, tetap batasi konsumsi madu dan kurma. Pasalnya, keduanya merupakan makanan yang mengandung gula cukup tinggi, sehingga jumlahnya harus dibatasi.

Sebaiknya, konsumsi madu hanya sebanyak satu sendok makan per hari dan kurma sebanyak satu hingga tiga butir per hari. 

Jika Anda ingin membeli produk yang mengandung keduanya, pastikan kadar gulanya tidak lebih dari 50 gram.

Kurma dan madu adalah makanan yang dapat membantu mengembalikan energi dengan cepat. Selain itu, keduanya kaya akan zat gizi yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Namun, untuk mendapatkan manfaatnya, pastikan jumlah yang dikonsumsi tetap secukupnya agar tidak meningkatkan asupan gula secara drastis.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Andreas Wilson Setiawan

General Practitioner · None


Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri · Tanggal diperbarui 24/01/2024

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan