home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

8 Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan Tubuh, Mulai dari Mulut Hingga Jantung

8 Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan Tubuh, Mulai dari Mulut Hingga Jantung

Buah jeruk memang memiliki ragam jenis dan bentuk, salah satunya yang dikenal di Indonesia adalah jeruk purut. Meski berbeda dengan buah jeruk atau jeruk nipis, tapi jeruk purut juga menyimpan sejumlah manfaat dan khasiat untuk kesehatan Anda. Buah ini juga memiliki kandungan nutrisi yang beragam sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi Anda sehari-hari.

Kandungan gizi dari buah jeruk purut

Jeruk perut atau kaffir lime (Citrus hystrix), adalah buah tropis yang banyak ditemukan di beberapa negara Asia Tenggara, seperti Thailand, Filipina, dan bahkan Indonesia. Buah ini memiliki tekstur kulit yang tampak bergelombang, tebal, dan berwarna hijau.

Rasanya pun gurih dan asam, sehingga banyak dimanfaatkan sebagai bumbu atau penambah rasa pada masakan. Di Indonesia, penggunaan buah ini termasuk sebagai penambah rasa pada berbagai resep sambal. Oleh karena itu, jeruk purut memiliki sebutan jeruk sambal.

Namun, selain rasa asam, jeruk purut ternyata menyimpan berbagai kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan Anda. Tak hanya dari buahnya, kandungan gizi ini pun tersimpan pada daun, minyak, dan kulit jeruk purut, sehingga dapat pula memberi manfaat dan khasiat untuk Anda. Kandungan gizi yang tersimpan dalam buah jeruk purut adalah:

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Serat
  • Vitamin C
  • Vitamin B6
  • Zat besi
  • Kalsium
  • Kalium

Selain vitamin dan mineral di atas, kaffir lime juga tergolong sebagai buah dengan kalori yang rendah. Dilansir dari Healthy Focus, dalam satu buah jeruk perut berukuran sedang, jumlah kalorinya hanya sebesar 20 kalori.

Tak hanya itu, buah jeruk perut juga mengandung alkolids, limonene, nerol, dan citronellol, yang merupakan senyawa bioaktif bersifat antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri. Kandungan ini juga yang memberi beragam kegunaan pada buah jeruk purut. Oleh karena itu, penggunaan ekstrak buah ini termasuk untuk bahan obat herbal hingga produk kosmetik, seperti sabun, shampo, dan parfum.

Kebutuhan Kalori

Manfaat dan khasiat buah jeruk purut untuk kesehatan

Berdasarkan kandungan nutrisi tersebut, berikut adalah manfaat atau khasiat dari buah jeruk purut untuk kesehatan Anda:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sama seperti khasiat buah jeruk umumnya, senyawa bioaktif, seperti citronellol, serta kandungan vitamin C dalam jeruk purut juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Kandungan ini memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang dapat melawan radikal bebas dan kuman, sehingga dapat melindungi Anda dari berbagai penyakit. Bagi yang sudah sakit pun, kandungan gizi ini dapat mempercepat pemulihan.

2. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Khasiat dari jeruk purut lainnya adalah meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Ini karena senyawa limonene, nerol, dan citronellol di dalamnya memiliki sifat antiinflamasi, sehingga dapat membantu meredakan masalah pada pencernaan, seperti sembelit atau perut kembung. Tak hanya itu, kandungan serat di dalamnya juga dapat membantu mengontrol gerakan usus, sehingga Anda dapat terhindar dari sembelit dan diare.

3. Menjaga kesehatan mulut

Jeruk purut, baik dari kulit, daun, maupun ekstrak buahnya, juga dapat membantu meningkatkan kesehatan rongga mulut Anda. Ini karena sifat antibakteri jeruk perut, sehingga dapat menghilangkan bakteri dalam mulut dan melindunginya dari infeksi. Tak hanya itu, ini juga membantu mulut Anda terasa bersih dan segar.

4. Menjaga kesehatan kulit

Senyawa antioksidan dari jeruk purut pun dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Ini juga dapat memperlambat kerusakan sel serta meminimalkan munculnya tanda penuaan kulit, seperti keriput, bintik-bintik, noda, atau bahkan jerawat. Oleh karena itu, pemakaian ekstrak jeruk purut termasuk sebagai bahan pembuatan kosmetik atau produk kebersihan kulit.

Pelembap untuk Kulit Berminyak

5. Meredakan stres

Penggunaan buah jeruk purut termasuk dalam bentuk minyak esensial. Adapun penggunaan minyak esensial jeruk purut telah terbukti dapat membantu menghilangkan stres, kecemasan, serta membuat pikiran Anda menjadi lebih jernih. Ini juga dapat menambah aroma segar dan bersih dalam rumah Anda.

6. Mengusir serangga

Kandungan limonene dan citronellol dalam jeruk purut juga dapat membantu mengusir serangga dalam rumah Anda. Pasalnya, serangga tidak menyukai bau buah jeruk purut dari kedua senyawa tersebut. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menghancurkan daun jeruk purut dan meletakkannya dalam rumah Anda, atau menyemprotkan campuran air dengan air jeruk purut ke kulit Anda.

7. Menjaga kesehatan jantung

Khasiat dari jeruk purut lainnya yang tak kalah adalah menjaga kesehatan jantung Anda. Ini karena sifat antiinflamasi dari senyawa bioaktif dalam jeruk purut dapat melindungi jantung dan pembuluh darah Anda dari peradangan. Tak hanya itu, kandungan serat di dalam jeruk purut juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat serta mengontrol tekanan darah, yang juga berperan untuk menjaga kesehatan jantung.

8. Menjaga kesehatan sendi

Bukan cuma jantung, efek antiinflamasi dari jeruk purut juga mungkin dapat membantu menjaga kesehatan sendi Anda. Ekstrak buah jeruk purut ini mungkin bisa dioleskan ke area tubuh yang mengalami radang sendi untuk mengurangi rasa nyeri yang Anda alami. Selain itu, mengonsumsi buah jeruk purut atau jusnya pun mungkin bisa membantu mengurangi peradangan pada tubuh, meski tidak berdampak signifikan.

Hal yang harus diperhatikan jika mengosumsi jeruk purut

Konsumsi buah jeruk purut tergolong aman untuk siapapun. Namun, sebelum Anda mengonsumsinya, pastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi pada buah ini.

Pasalnya, seseorang yang alergi pada buah jeruk purut bisa mengalami kesemutan pada lidah dan bibir, atau mulut kering. Pada kondisi yang jarang, Anda mungkin bisa merasakan reaksi alergi yang lebih ekstrem.

Tak hanya itu, konsumsi berlebihan jeruk purut yang asam bisa menimbulkan. Anda mungkin bisa mengalami sakit perut, mulas, atau bahkan muntah.

Oleh karena itu, konsumsilah buah ini dalam porsi yang wajar. Bila perlu, Anda bisa tanyakan pada dokter jika ingin menggunakan ekstrak buah ini untuk mengobati penyakit tertentu. Dokter akan memberi saran terbaik untuk membantu mengatasi kondisi Anda.

Vitamin C Lebih Baik dari Makanan atau Suplemen?

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Kaffir Lime Herbal Receipes: Benefits & Risks of Kaffir Lime Leaves | Natural Remedies.org. Naturalremedies.org. (2021). Retrieved 11 February 2021, from https://www.naturalremedies.org/kaffir-lime/.

Seward, M. (2021). The Health Benefits of Kaffir Lime – Healthy Focus. Healthy Focus. Retrieved 11 February 2021, from https://healthyfocus.org/the-health-benefits-of-kaffir-lime/.

How Vitamin C Supports a Healthy Immune System. Eatright.org. (2021). Retrieved 11 February 2021, from https://www.eatright.org/food/vitamins-and-supplements/types-of-vitamins-and-nutrients/how-vitamin-c-supports-a-healthy-immune-system.

How to add more fiber to your diet. Mayo Clinic. (2021). Retrieved 11 February 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983#:~:text=Dietary%20fiber%20increases%20the%20weight,Helps%20maintain%20bowel%20health.

Siriamornpun, S. & Raksakantong, P. (2011). Effect of drying methods on volatile compounds, fatty acids and antioxidant property of Thai kaffir lime (Citrus hystrix D.C.). International Journal of Food Science & Technology. 47(3): 603-612. https://doi.org/10.1111/j.1365-2621.2011.02883.x

Wulandari, W., Darmadji, & Kurniawati, L. (2017). Antioxidant Properties of Kaffir Lime Oil as Affected by Hydrodistillation Process. Proceedings ICTESS UNISRI. 1(1):242:248. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/proictss/article/download/1436/1262

Utami, R., Kawiji, Khasanah, L.U., & Nasution, M.I.A. (2017). Preservative effects of kaffir lime (Citrus hystrix DC) leaves oleoresin incorporation on cassava starch-based edible coatings for refrigerated fresh beef. International Food Research Journal. 24(4): 1464- 1472. http://www.ifrj.upm.edu.my/24%20(04)%202017/(17).pdf

Ampawong, et al. (2020). A combination extract of kaffir lime, galangal, and lemongrass maintains blood lipid profiles, hepatocytes, and liver mitochondria in rats with nonalcoholic steatohepatitis. Biomedicine & Pharmacotherapy. 124. https://doi.org/10.1016/j.biopha.2020.109843

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui 11/05/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri