Benarkah Kita Tak Boleh Minum Susu Setelah Makan Ikan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Banyak yang percaya kalau setelah makan ikan dilarang minum susu. Katanya, hal tersebut akan membuat Anda keracunan. Bahkan, ada yang takut makan ikan dan minum susu sekaligus, karena tak ingin mengalami masalah kulit seperti gatal-gatal atau memerah. Sebenarnya, apakah tidak boleh minum susu setelah makan ikan? Ataukah hal tersebut hanya sekadar mitos?

Bolehkah minum susu setelah makan ikan?

Pada dasarnya, susu dan ikan adalah sumber protein yang baik bagi tubuh Anda. Protein sendiri dibutuhkan untuk memperbaiki dan membuat jaringan dan sel-sel baru, karena itu zat ini sangat penting.

Lantas, apa hubungannya minum susu dengan makan ikan? Apakah benar bisa menimbulkan gangguan kesehatan tertentu jika dikonsumsi bersamaan? Sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa minum susu setelah makan ikan menimbulkan dampak yang buruk.

Justru sebaliknya, ada beberapa teori yang menyatakan bahwa keduanya bisa saling melengkapi sebagai sumber protein. Bahkan saat ini ada banyak menu makanan yang berbahan dasar ikan sekaligus susu. Tak hanya rasanya yang enak dan lezat, kandungan nutrisinya jadi sangat kaya, penuh dengan protein, mineral, serta vitamin.

Jadi, tak perlu khawatir jika Anda baru saja makan ikan dan kemudian minum susu atau mengonsumsi menu makanan yang mengandung keduanya.

Hati-hati, minum susu dan makan ikan bisa berdampak buruk jika…

Sebenarnya, masalah kulit yang sebelumnya Anda percaya bisa timbul akibat minum susu setelah makan ikan bisa saja terjadi jika Anda memiliki alergi terhadap salah satu bahan makanan tersebut. Jadi, pastikan jika Anda tidak memiliki alergi susu, intoleransi laktosa, atau alergi ikan. Hal ini yang kemudian menimbulkan berbagai gejala dan gangguan kulit.

Selain itu, Anda harus memastikan juga kalau ikan yang Anda konsumsi sudah matang dengan sempurna. Terkadang, proses pengolahan yang tidak diperhatikan bisa membuat ikan kurang matang sempurna.Hal tersebut bisa membuat bakteri dan kuman penyakit yang ada pada ikan belum mati dan hilang sepenuhnya.

Yang terpenting, perhatikan porsi dan waktu konsumsinya

Memang tidak akan muncul gangguan kesehatan apapun jika Anda mengonsumsi keduanya dalam waktu yang bersamaan. Namun, yang harus Anda ingat, susu dan ikan adalah sumber protein. Mungkin kebiasaan minum susu setelah makan besar dengan lauk ikan kurang tepat. Hal itu akan membuat Anda sangat kenyang dan perut terasa penuh. Tentunya, hal ini akan menghambat aktivitas Anda. Jika memang mau minum susu, Anda bisa mengonsumsinya beberapa jam setelah atau sebelum makan.

Lagipula, minum susu bukanlah suatu keharusan. Susu sama saja seperti sumber protein lainnya, jadi jika Anda sudah mengonsumsi lauk protein di setiap waktu makan, Anda tak harus minum susu lagi di hari itu.

Susu bisa Anda andalkan sebagai pengganti sumber protein, misalnya ketika sarapan Anda ingin makan sereal dan menggunakan susu sebagai proteinnya. Kebanyakan susu juga punya kandungan lemak serta gula, yang tak disadari bisa membuat berat badan Anda naik.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Memanjangkan kuku seringkali menjadi pilihan bagi kaum hawa untuk mempercantik diri. Namun, kuku yang panjang ternyata memiliki segelintir risiko.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Kulit, Perawatan Kuku 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Masalah bau badan tak sedap bikin kurang pede? Tenang, dua bahan alami ini bisa membantu mengurangi bau badan ketika deodoran saja tidak mempan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

6 Kesalahan Saat Olahraga Lari yang Wajib Dihindari

Berlari tidak boleh sembarangan. Ada sejumlah kesalahan saat lari yang patut dihindari supaya waktu berolahraga Anda tak terbuang sia-sia.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Olahraga Kardio, Kebugaran 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Olahraga malam hari bisa membantu Anda tidur nyenyak dan menghindarkan diri dari sengatan sinar matahari. Berikut 4 olahraga untuk dilakukan di malam hari.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Olahraga Lainnya, Kebugaran 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

polip hidung

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Alias Mampet

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
penis bengkok

Bisakah Penis yang Bengkok Diluruskan Kembali?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
makanan yang tidak boleh dimakan saat perut kosong

7 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dimakan Saat Perut Kosong

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit