backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

5 Manfaat Ekstrak Buah Zaitun, di Antaranya untuk Jantung dan Tulang

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Diva Mosaik Lintang · Tanggal diperbarui 07/03/2024

5 Manfaat Ekstrak Buah Zaitun, di Antaranya untuk Jantung dan Tulang

Manfaat buah zaitun sudah terkenal sejak zaman dahulu kala. Biasanya, manfaat buah ini diambil dalam bentuk olahan minyak zaitun. Namun, ternyata buah zaitun tak hanya bisa diolah menjadi minyak, tetapi juga bisa langsung dimakan. Agar tahu ulasan lengkapnya, simak penjelasannya berikut ini, ya!

Kandungan nutrisi buah zaitun

Buah zaitun atau Olea europea adalah buah yang berasal dari Afrika, Asia beriklim sedang, serta Eropa Selatan. Zaitun kemudian disebarkan ke Australia dan Hawaii melalui budidaya. 

Buah zaitun mengandung 115-145 kalori per 100 gram (g) atau sekitar 59 kalori untuk 10 buah zaitun (dengan asumsi rata-rata berat buah zaitun 4 g).

minyak zaitun untuk jantung

Kandungan ini terdiri dari 75-80% air, 11-15% lemak, 4-6% karbohidrat, dan sejumlah kecil protein.

Situs Food Data Central U.S. Department of Agriculture menyebutkan bahwa buah zaitun mengandung berbagai nutrisi yang di antaranya melibatkan polifenol.

Kandungan ini merupakan senyawa yang bersifat sebagai antioksidan sehingga mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain mengandung polifenol serta nutrisi lain seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral, buah zaitun juga mengandung lemak yang tinggi, yaitu sebesar 11-15 persen.

Namun, Anda tak perlu khawatir, karena kandungan lemak yang ada di dalam buah zaitun adalah lemak baik. 

Asam lemak yang paling melimpah dari buah ini adalah asam oleat yang termasuk asam lemak tak jenuh tunggal dan menyumbang 74% dari seluruh kandungan buah zaitun.

Asam oleat dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan, seperti mengurangi pembengkakan, menurunkan risiko penyakit jantung, hingga melawan kanker.

Manfaat buah zaitun

Buah zaitun bisa digunakan sebagai minyak untuk memasak, minyak untuk merawat kecantikan wajah, minyak untuk menutrisi rambut, dan lainnya.

Namun, sebenarnya manfaat buah zaitun tidak hanya bisa diambil dalam bentuk minyak. Buah yang berwarna hijau atau ungu kehitaman ini juga bermanfaat jika dimakan langsung. 

Manfaat buah zaitun berasal dari kandungan nutrisi, vitamin, mineral, dan senyawa organiknya, termasuk zat besi, serat, tembaga, vitamin E, senyawa fenolik, asam oleat, dan berbagai antioksidan

Beragam kandungan buah zaitun tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Tak sampai di situ, buah zaitun juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Berikut daftar manfaat buat zaitun yang perlu Anda ketahui.

manfaat minyak zaitun untuk wajah

1. Memperbaiki kesehatan tulang

Osteoporosis ditandai dengan penurunan massa tulang dan kualitas tulang. Hal ini dapat meningkatkan risiko patah tulang. 

Penelitian terbitan International Journal Of Environmental Research And Public Health kandungan polifenol dalam buah zaitun mampu memberikan perlindungan terhadap tulang dari risiko osteoporosis. 

Tingkat osteoporosis lebih rendah di negara-negara Mediterania (yang rajin makan buah zaitun) daripada di negara-negara Eropa lainnya.

Hal ini membuat para peneliti berspekulasi bahwa buah zaitun mungkin bisa menjadi salah satu pelindung untuk tulang. 

Beberapa senyawa yang ditemukan pada buah zaitun dan minyak zaitun telah terbukti membantu mencegah keropos tulang pada hewan percobaan.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Buah zaitun mengandung asam oleat yang memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung karena dapat mengatur kadar kolesterol dan tekanan darah.

Seperti diketahui, kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung. Kandungan hydroxytyrosol pada buah zaitun juga dapat melindungi jantung. 

Antioksidan ini bertindak sebagai antikoagulan untuk menipiskan darah sehingga mengurangi kemungkinan pembekuan darah dan menghalangi aliran darah.

3. Mengatur kadar kolesterol

Perlu Anda ketahui, kolesterol tidak selalu buruk bagi kesehatan. Ada dua jenis kolesterol yaitu kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL).

Kedua jenis kolesterol ini harus dalam kadar yang normal dan seimbang agar tidak meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan.

Guna menjaga kadar kolesterol agar tetap seimbang, Anda perlu membatasi asupan makanan mengandung lemak  jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat atau LDL.

Alih-alih, pilihlah asupan makanan yang mengandung lemak nabati seperti buah zaitun.

Meski mengandung kadar lemak yang tinggi, lemak pada buah zaitun tergolong dalam jenis lemak nabati yang cenderung dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, sementara kadar kolesterol HDL jadi meningkat.

Dengan mengonsumsi buah zaitun, Anda tetap dapat memenuhi kebutuhan asupan lemak tanpa perlu khawatir mengalami peningkatan kolesterol jahat.

4. Melindungi kolesterol LDL dari oksidasi

Proses oksidasi antara lemak dan oksigen turut memainkan peran dalam peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Hal ini bisa dipicu dari asupan makanan yang tinggi lemak jenuh.

Guna menghindari hal tersebut, Anda dapat mengganti asupan makanan berlemak jenuh dengan mengosumsi asupan lemak tak jenuh seperti buah zaitun.

Buah zaitun memiliki kadar lemak tak jenuh yang tinggi dan kaya antioksidan, sehingga dapat mencegah terjadinya proses oksidasi dalam tubuh.

Dengan menurunnya risiko oksidasi lemak yang menghasilkan kolesterol dalam tubuh, risiko penyakit kardiovaskular pun turut terhindar.

5. Menurunkan tekanan darah

Zaitun dikenal memiliki kandungan asam lemak sehat dan kaya antioksidan yang baik untuk pembuluh darah.

Kandungan dalam zaitun ini dapat mengurangi peradangan di pembuluh darah dan memberi pengaruh pada tekanan darah agar lebih stabil.

Tekanan darah yang lebih terkontrol pun membuat Anda terhindar dari risiko hipertensi.

Tips mengonsumsi buah zaitun

Manfaat buah zaitun memang lebih sering diambil melalui olahan minyak seperti yang mungkin biasa Anda temukan di pasaran.

Namun, tak ada salahnya untuk mengambil manfaat buah zaitun dengan memakannya langsung, seperti menambahkan potongan buah ini ke dalam salad. 

Selain salad, adapun pilihan asupan lain yang juga mengandung zaitun yaitu minuman berupa susu.

Susu yang memiliki kandungan zaitun di dalamnya dapat Anda konsumsi sebagai minuman sehat.

entrasol

Kini Anda tak perlu bingung mencari susu dengan kandungan zaitun karena telah ada Entrasol Gold dengan ekstrak buah zaitun.

Entrasol Gold kini hadir dengan formula baru, rasa lebih enak. Nutrisi tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun untuk bantu jaga kesehatan tulang, otot dan jantung.

Dilengkapi dengan pro-fit formula, tinggi serat, omega 3&6, 10 vitamin dan 5 mineral, tanpa penambahan gula serta lebih rendah lemak bisa membantu agar Anda tetap aktif dan produktif. Nutrisi setiap hari di dalam segelas Entrasol.

Melihat dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa buah zaitun memang kaya khasiat kesehatan.

Namun, jangan ragu untuk menghubungi dokter guna mendapatkan anjuran tepat dalam mengonsumsi buah zaitun. 

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Diva Mosaik Lintang · Tanggal diperbarui 07/03/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan