home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Makan Ceker Ayam: Baik atau Buruk untuk Kesehatan?

Makan Ceker Ayam: Baik atau Buruk untuk Kesehatan?

Apakah Anda salah satu orang yang suka makan ceker ayam? Beberapa dari Anda mungkin sangat menyukainya, tapi beberapa yang lain juga ada yang tidak menyukainya.

Beberapa mitos mengatakan bahwa ceker ayam baik dikonsumsi oleh anak kecil agar larinya kencang. Tak heran, banyak orangtua yang memberi makan anaknya dengan ceker ayam. Tapi, apakah makan ceker ayam betulan sehat?

Apakah makan ceker ayam sehat?

Ceker ayam biasanya dimasak menjadi sup, ayam kecap, atau dibuat masakan pedas. Ceker ayam mengandung tulang, kulit, dan urat. Anda tidak menemukan daging sehingga hanya bisa memakan kulit dan urat, serta mungkin sumsum dalam tulang ayam.

Meski begitu, kebanyakan orang hanya memakan kulit dan tendonnya, sementara tulang ayam yang kaya akan nutrisi justru dibuang. Padahal, di dalam tulang ayam terdapat banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Mungkin sulit untuk mendapatkan sumsum tulang ini, sehingga Anda membuangnya. Namun, sebenarnya Anda bisa memasaknya dengan membuatnya menjadi kaldu. Sehingga, nutrisi dalam tulang ceker ayam lebih mudah Anda dapatkan.

Kaldu tulang dapat dibuat dengan cara merebus tulang ayam beberapa jam sampai nutrisi yang ada dalam tulang terlepas dalam air kaldu. Anda bisa menambahkan kaldu tulang ini dalam sup ayam, yang biasanya disukai oleh anak-anak.

Manfaat mengonsumsi bagian tulang dari ceker ayam

Di bawah ini beberapa zat gizi yang bisa Anda dapatkan dari kandungan tulang ceker ayam.

  • Mineral, seperti kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor. Mineral-mineral ini penting dalam mendukung sirkulasi darah yang sehat, kepadatan dan kesehatan tulang, kesehatan saraf, kesehatan jantung, dan kesehatan pencernaan.
  • Glukosamin. Kandungan ini dapat mendukung kekuatan sendi. Sehingga, Anda terhindar dari penyakit radang sendi atau nyeri sendi.
  • Asam hialuronat. Senyawa ini dapat mendukung kesehatan jaringan, seperti peremajaan sel dan kekuatan sel kulit.
  • Kondroitin sulfat. Kandungan ini memiliki manfaat yang sama dengan glukosamin, yaitu untuk menopang kesehatan sendi. Selain itu, kondroitin juga dapat mendukung respon peradangan, kesehatan jantung, dan kesehatan kulit.
  • Kolagen. Tulang ceker ayam juga mengandung kadar kolagen yang tinggi, di mana kolagen ini penting untuk membantu menjaga kesehatan kulit, memperkuat struktur pembuluh darah, memperkuat struktur tulang, dan melindungi lapisan saluran cerna.

Namun demikian, untuk mendapatkan manfaat ini semua, sebaiknya pilihlah ayam yang berkualitas baik. Jangan memilih ayam yang telah disuntik dengan hormon atau antibiotik karena berpotensi mengurangi kandungan gizinya.

Hati-hati! Ceker ayam mengandung lemak jenuh tinggi

Di sisi lain, makan ceker ayam dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda. Bagian ceker ayam ditutupi dengan kulit ayam secara penuh, dan kulit ayam ini mengandung lemak jenuh yang tinggi.

Tak heran bila ceker ayam mempunyai rasa yang nikmat karena kandungan lemaknya ini. Makanan yang mengandung lemak tinggi memang pada umumnya mempunyai rasa yang lezat.

Kandungan lemak jenuh tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Lama-kelamaan, kadar kolesterol yang tinggi ini dapat menyumbat pembuluh darah yang mengalirkan darah ke otot jantung. Akibatnya, Anda bisa terkena penyakit jantung.

Perlu Anda ketahui bahwa per 100 gram ceker ayam mengandung lemak jenuh sebesar 3,9 gram atau setara dengan 20% kebutuhan lemak jenuh per hari orang dewasa pada umumnya.

Selain itu, 100 gram ceker ayam juga mengandung kolesterol sebanyak 84 mg atau sebesar 28% dari kebutuhan kolesterol per hari orang dewasa pada umumnya.

Bagi Anda penggemar ceker ayam, disarankan untuk tidak makan ceker ayam (terutama kulitnya) terlalu sering dan banyak. Sebaiknya, konsumsi sumsum tulang ceker ayam karena bagian itulah terdapat banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Bollinger, T. The Benefits of Bone Broth Nutrition for Cancer Patients. [online] The Truth About Cancer. Available at: https://thetruthaboutcancer.com/bone-broth-nutrition/ [Accessed 20 Apr. 2017].

Syakira, S. (2015). 10 Chicken Feet Health Benefits. [online] The Health Benefits | Healthy Foods, Fruits, Remedies. Available at: https://www.thealthbenefitsof.com/10-chicken-feet-health-benefits/ [Accessed 20 Apr. 2017].

Chinese Community Health Resource Center. (2013). Cholesterol and Your Heart. [online] Available at: http://www.cchrchealth.org/sites/default/files/files/e_chol_n_heart_2013wLogo.pdf [Accessed 20 Apr. 2017].

How many calories are in Chicken feet. [online] Available at: http://www.fitday.com/fitness/BrowseNutrition.html?_a_Date=1492646400.&_s_Amount=100.&_s_UnitKey=s-fd-fugram&_s_FoodPath=All_Foods%2FPoultry%2FChicken_feet.html [Accessed 20 Apr. 2017].

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Arinda Veratamala Diperbarui 26/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x