5 Cara Meningkatkan Asupan Gandum Saat Diet

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Ingin menurunkan berat badan? Diet dan meningkatkan aktivitas fisik adalah kuncinya. Selain mengurangi porsi makanan berkalori tinggi, pilihan makanan tertentu, seperti gandum juga harus ditingkatkan. Kenapa harus meningkatkan asupan gandum saat diet? Lantas, bagaimana cara meningkatkan asupannya?

Kenapa gandum sangat baik untuk diet?

Diet sebenarnya bukanlah mengurangi porsi makan. Pengertian diet sendiri mengacu kepada pengaturan pola makan tertentu yang dijalankan seseorang.

Biji-bijian adalah salah satu komposisi yang kerap berada dalam menu diet. Wajar saja, bahan makanan yang satu ini biasanya adalah sumber karbohidrat kompleks yang dilengkapi dengan vitamin dan mineral.

Salah satu jenis biji-bijian, yakni gandum utuh, merupakan makanan yang direkomendasikan saat Anda hendak menurunkan berat badan.

Gandum utuh diketahui mengandung serat cukup tinggi. Serat ini membantu Anda kenyang lebih lama. Alhasil, keinginan Anda untuk makan di luar jadwal bisa ditekan.

Sebuah studi tahun 2008 yang dilakukan oleh Penn State University menyebutkan bahwa gandum utuh dapat membantu menghilangkan kelebihan lemak. Pada riset tersebut, peneliti membagi dua kelompok peserta, yaitu mereka yang makan gandum utuh dan makan gandum olahan selama menurunkan berat badan.

Hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi gandum memang efektif untuk menurunkan berat badan.

Dari penelitian tersebut, gandum utuh juga diketahui lebih unggul karena menurunkan juga kadar protein C-reaktif. Protein C-reaktif adalah protein yang diproduksi hati saat tubuh mengalami peradangan.

Kadar protein C-reaktif yang tinggi dapat menjadi tanda bahwa seseoran berisiko terkena penyakit jantung dan diabetes.

Tips meningkatkan asupan gandum saat diet

gandum utuh

Kini, Anda telah mengetahui kebaikan makan gandum saat tengah diet. Lantas, bagaimana agar Anda bisa dapat cukup gandum saat diet? Supaya tidak salah langkah, ikuti beberapa tipsnya berikut ini.

1. Pilih gandum utuh

Ada banyak pilihan gandum yang bisa Anda pilih, seperti pasta, roti gandum, oat, quinoa, beras cokelat, atau pop corn. Namun, gandum yang paling baik adalah gandum utuh, bukan gandum olahan.

Jadi, selalu periksa label kemasan sebelum Anda membelinya. Gandum utuh biasanya ditandai dengan tulisan 100% whole grain pada kemasan.

2. Pilih gandum sebagai sarapan

Demi meningkatkan asupan gandum saat diet, makanlah gandum sebagai menu sarapan. Anda bisa memilih quinoa, atau oatmeal dengan tambahan susu rendah kalori atau plain yogurt.

Anda juga dapat mencoba membuat sandwich dari roti gandum. Tambahkan, potongan daging tanpa lemak dan sayuran untuk sarapan Anda agar lebih sehat.

3. Kombinasikan makan siang dengan gandum

Jika biasanya Anda makan nasi putih, maka cobalah untuk menggantinya dengan beras cokelat. Anda juga bisa menggantinya dengan pasta yang terbuat dari gandum.

Campuran pasta gandum, keju, tomat, paprika, dan irisan daging bisa menjadi menu makan siang Anda saat diet. Gunakan gandum utuh sebagai tambahan dalam sup atau salad Anda, misalnya barley.

4. Nikmati gandum sebagai camilan

Siapa bilang saat diet tidak boleh ngemil? Anda boleh saja ngemil, asal pilihan makan dan porsinya sesuai. Anda mungkin makan buah sebagai camilan ketika diet. Namun, Anda juga bisa ngemil pop corn gandum agar lebih banyak lagi gandum yang Anda makan.

Supaya tidak bosan, Anda juga bisa membuat kreasi kue gandum buatan sendiri. Gunakan tepung gandum atau oat sebagai bahan dasar untuk membuat muffin, cupcake, waffle, atau pancake yang biasanya Anda buat.

5. Tetap perhatikan asupannya

Meskipun gandum utuh sangat direkomendasikan untuk diet, pastikan porsinya tidak melebihi batas. Konsultasikan pada dokter atau ahli gizi jika Anda ingin menambahkan gandum utuh sebagai menu makanan selama menurunkan berat badan.

Selain itu, jangan lupa imbangi diet Anda dengan aktivitas fisik, seperti rutin olahraga. Kombinasi dari keduanya akan lebih efektif untuk menghilangkan berat badan yang tidak Anda inginkan.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mie Instan atau Nasi Putih, Mana yang Lebih Sehat untuk Dikonsumsi?

Keduanya sama-sama karbohidrat, tapi apakah benar nasi lebih baik dari mie? Cari tahu lebih lanjut sebelum menentukan pilihan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Fakta Gizi, Nutrisi 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Berapa Kalori yang Diperlukan Jika Ingin Menambah Berat Badan?

Menambah berat badan ternyata tidak mudah. Salah satu syarat agar berat badan naik adalah menambahkan kalori. Lalu berapa banyak kalori yang diperlukan?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Tips Berat Badan Turun 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Panduan Menjalankan Diet Kelapa untuk Menurunkan Berat Badan

Sedang berusaha menurunkan berat badan dan menjalani pola hidup sehat? Anda bisa merasakan manfaat kelapa untuk diet, yang bisa Anda ikuti di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Diet, Nutrisi 19 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Benarkah Makan Buah Plum Bisa Melangsingkan Badan?

Buah plum kerap dijadikan camilan diet kemasan yang ramai dijajakan toko-toko online di media sosial. Namun, benarkah klaim tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Gladys Mangkuliguna
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 18 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat goji berry

5 Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan, Termasuk untuk Diet

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
mengenal berbagai jenis beras

Mengenal Jenis Beras, Mana yang Paling Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
diet okinawa adalah

Mengenal Diet Okinawa, Rahasia Orang Jepang Berusia Panjang

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
berat badan naik setelah diet

3 Penyebab Berat Badan Anda Naik Setelah Diet

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit