home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

4 Tips Mencegah Tangan Sakit Akibat Carpal Tunnel Syndrome

4 Tips Mencegah Tangan Sakit Akibat Carpal Tunnel Syndrome

Penulis, kasir, dan pekerjaan lainnya yang mengandalkan kemampuan tangan, berisiko mengalami nyeri pada tangan akibat carpal tunnel syndrome alias CTS. Lantas, kalau sehari-hari saya selalu mengandalkan tangan untuk bekerja? Yuk, simak tips mencegah carpal tunnel syndrome berikut ini.

Tips mencegah terjadinya carpal tunnel syndrome

Melakukan gerakan tangan berulang, seperti mengetik, memotong, dan lain-lain dapat menyebabkan masalah pada saraf tangan.

Saraf median yang melintang melewati struktur pergelangan tangan membentuk terowongan (carpal tunnel), mengalami tekanan berlebihan.

Akibatnya, jempol, jari tengah, telunjuk, area telapak tangan, atau pergelangan akan menimbulkan sensasi ditusuk-tusuk dengan jarum, mati rasa, atau kesemutan.

Semua gejala tersebut dapat menyebar hingga ke lengan bagian atas dan mengganggu aktivitas harian Anda. Untuk mencegah terjadinya carpal tunnel syndrome, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Saat bekerja, luangkan waktu untuk istirahat

olahraga di kantor

Mencegah kondisi CTS berarti mencegah terjadinya tekanan berlebihan pada saraf. Saat Anda melakukan gerakan menekuk atau memutar tangan dalam waktu yang lama, jangan lupa untuk istirahat sejenak.

Ini memberikan kesempatan pada otot sekaligus saraf Anda berisitirahat dari tekanan berlebihan.

Jika memungkinkan, lakukan gerakan dengan tangan yang berbeda secara bergantian. Jangan hanya mengandalkan tangan kanan atau kiri saja.

2. Perbaiki posisi tidur

tidur tengkurap

Meski masalahnya terletak pada tangan dan pergelangan jari, posisi tidur juga dapat memengaruhi risiko carpal tunnel syndome.

Tidur dengan posisi tengkurap dengan kepala menumpu pada tangan membuat pergelangan tangan mendapatkan banyak beban dan tekanan. Kebiasaan tidur seperti ini bisa menyebabkan carpal tunnel syndrome.

Sama seperti tengkurap, hal yang sama berlalku untuk tidur dengan posisi tangan di belakang kepala. Untuk mencegah kondisi CTS, Anda harus mengurangi tidur di malam hari dengan posisi demikian.

Jika tanpa sadar melakukan posisi ini saat tidur dan merasa kesemutan di bagian tangan, segara ubah posisi tidur Anda. Baiknya, Ada dianjurkan untuk tidur telentang dengan tangan di samping tubuh.

3. Jaga postur tubuh dan tangan Anda saat bekerja

kurang minum air putih bikin sulit fokus di kantor

Jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu untuk duduk di depan layar komputer, postur tubuh saat duduk harus dijaga.

Selain mencegah postur tubuh yang buruk, ini juga bisa menjadi cara untuk mencegah carpal tunnel syndrome.

Caranya, jaga bahu Anda tetap lurus saat duduk, berdiri, berjalan. Postur tubuh yang bungkuk cenderung membuat tangan dan lengan Anda merenggang jauh ke depan. Hal ini dapat meningkatkan risiko CTS.

Kemudian, letakkan keyboard di posisi yang tepat. Maksudnya, jangan sampai membuat jari Anda terlalu melebar atau menekuk saat mengetik.

Selain itu, jangan biarkan pergelangan tangan melayang di udara saat mengetik.

Aktivitas kecil lainnya yang bisa memengaruhi lengan dan pergelangan tangan adalah saat Anda memegang benda.

Pastikan memegang ponsel di depan tubuh dengan jarak tidak terlalu dekat maupun terlalu jauh.

Hindari memegang pena terlalu erat karena bisa membuat otot dan saraf tegang lebih cepat. Bila Anda memegang atau mengangkat sesuatu yang berat, baiknya lakukan dengan kedua tangan.

4. Lakukan latihan peregangan pergelangan tangan

jari keseleo

Di sela-sela waktu istirahat kerja, Anda bisa melakukan latihan peregangan pergelangan tangan.

Tujuannya, supaya otot dan saraf di pergelangan tangan menjadi lebih rileks sekaligus mencegah terjadinya carpal tunnel syndrome.

Ada beberapa gerakan peregangan jari dan pergelangan tangan, di antaranya:

  • Gerakan meremas-remas jari selama 15 detik.
  • Gerakan memutar pergelangan tangan keluar dan ke dalam, masing-masing selama 15 detik.
  • Luruskan lengan dan menghadap dinding. Kemudian, tekuk punggung tangan ke bawah hingga Anda dapat melihat buku-buku tangan bagian dalam. Tempelkan tangan Anda pada dinding dan tahan selama 5 detik.
  • Lanjutkan dengan meluruskan tangan dan buka telapak tangan Anda. Tempelkan bagian telapak tangan bagian dalam pada tembok dan tahan selama 5 detik.

Nah, semoga setelah melakukan keempat tips di atas, Anda dapat mencegah datangnya rasa sakit pada tangan akibat carpal tunnel syndrome.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Carpal Tunnel Syndrome: Prevention. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/4005-carpal-tunnel-syndrome/prevention. Accessed on May 9th, 2019.

Wrist Care: Preventing Carpal Tunnel Syndrome. https://www.uwhealth.org/health/topic/actionset/wrist-care-preventing-carpal-tunnel-syndrome/tn9041.html. Accessed on May 9th, 2019.

Prevention of Carpal Tunnel Syndrome. https://www.verywellhealth.com/preventing-carpal-tunnel-syndrome-2224091. Accessed on May 9th, 2019.

Preventing Carpal Tunnel Syndrome. https://nyulangone.org/conditions/carpal-tunnel-syndrome-in-adults/prevention.  Accessed on May 9th, 2019.

Carpal tunnel syndrome. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/carpal-tunnel-syndrome/symptoms-causes/syc-20355603.  Accessed on May 9th, 2019.

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 16/05/2019
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus