7 Kalimat untuk Menyemangati Diri Saat Bad Mood

    7 Kalimat untuk Menyemangati Diri Saat Bad Mood

    Rasanya hampir semua orang pasti pernah merasakan stres yang pada akhirnya bikin bad mood seharian. Menyemangati diri sendiri bisa membantu Anda kembali bergairah supaya aktivitas tidak terhambat.

    Apa saja cara yang bisa dilakukan dan kata-kata yang bisa diucapkan untuk menyemangati diri? Simak ulasannya di sini.

    Mengapa penting untuk menyemangati diri sendiri?

    berbicara dengan diri sendiri, self-esteem

    Stres pada dasarnya bisa menghampiri karena beragam hal, misalnya masalah pernikahan, berdebat dengan rekan kerja, hingga bertengkar dengan teman.

    Tanpa disadari, Anda jadi “hobi” menyalahkan diri sendiri dan melontarkan kata negatif yang dapat membentuk pola pikir negatif pada diri Anda.

    Anda mungkin terbiasa mengucapkan hal negatif pada diri sendiri, misalnya, “Emang aku yang salah, aku bodoh banget,” atau, “Tidak ada yang menyukaiku.”

    Pemikiran yang terus menumpuk ini lama-kelamaan bisa menimbulkan pandangan negatif dan anggapan bahwa Anda tidak pantas, tidak layak, ataupun tidak mampu.

    Pada akhirnya, hal ini dapat menurunkan kepercayaan diri dan bukan tidak mungkin juga menyebabkan kecenderungan depresi.

    Itu sebabnya, penting bagi Anda untuk melawan balik aura negatif yang dihasilkan oleh stres bila sedang bad mood.

    Adapun, beberapa cara mudah untuk menghilangkan stres yang bisa Anda lakukan yakni:

    • tersenyum dan tertawa,
    • bermain dengan hewan peliharaan,
    • berendam air hangat,
    • berolahraga,
    • makan makanan sehat,
    • mencorat-coret kertas,
    • menulis jurnal,
    • mendengarkan musik,
    • beribadah jika Anda terbantu dengannya,
    • menarik napas dalam-dalam, serta
    • yoga dan meditasi.

    Selain itu, berbicara pada diri sendiri alias self-talk dengan mengucapkan kata-kata positif juga dapat membantu menyemangati Anda kala suasana hati sedang down.

    Dengan begitu, Anda bisa menguatkan diri sendiri untuk move on dari situasi buruk tersebut serta menjadi lebih bahagia, produktif, lebih optimis, dan mencintai diri sendiri.

    Ragam kata-kata bijak untuk menyemangati diri sendiri

    Daripada terus bermuram durja dan larut dalam kesedihan, mulailah bangkit kembali dengan mengucapkan kata-kata semangat seperti di bawah ini untuk diri sendiri.

    Anda boleh membacanya berulang-ulang dalam hati layaknya mantra sambil berdiri di depan cermin, atau teriakkan sekeras mungkin bila Anda mampu.

    1. “Saya mampu dan pasti bisa!”

    kata bijak untuk diri sendiri

    Kegagalan merupakan hal yang wajar. Manusia hidup di dunia untuk terus belajar, beradaptasi dengan segala situasi dan kondisi, serta tumbuh menjadi individu yang lebih baik.

    Jangan biarkan diri Anda dipenuhi oleh pemikiran negatif. Cobalah lakukan hal menantang yang berada di luar zona nyaman agar Anda makin tumbuh dan berkembang.

    Apabila Anda dilanda keraguan atas diri sendiri atau kesulitan yang membuat ingin menyerah, tangkis dengan mantra berikut: “Saya mampu dan pasti bisa!”.

    2. “Tantangan adalah kesempatan.”

    Ketika dipertemukan dengan tantangan dan kesulitan yang tidak pernah dihadapi sebelumnya, mungkin Anda akan berkata “Kenapa harus saya yang mengalaminya?”.

    Perlu diingat bahwa tantangan adalah kesempatan. Hidup tidak pernah berjalan semulus yang Anda inginkan, sebab akan selalu ada tantangan dan kesulitan yang mengadang.

    Jangan biarkan ketakutan merasuki pikiran sehingga membuat Anda justru putus asa dan terus mengeluh. Anda bisa menyemangati diri sendiri dengan menyadari bahwa kesempatan terkadang datang di luar zona nyaman Anda.

    3. “Saya dicintai.”

    Jangan biarkan diri diselimuti oleh perasaan sedih hanya karena segelintir orang yang bersikap buruk terhadap Anda.

    Tidak semua orang di lingkungan sekitar akan bersikap baik dan memberikan perhatiannya pada Anda. Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak layak untuk dicintai, ya.

    Tetaplah bersikap baik kepada setiap orang yang Anda temui. Katakan juga pada diri bahwa ada orang-orang yang mencintai Anda dan Anda pun layak untuk terus dicintai.

    4. “Semua orang juga dicintai dan mampu melakukan segala hal.”

    Ketika tersakiti dan dikesalkan oleh orang-orang di sekeliling Anda, cobalah menyemangati diri sendiri dengan bahwa orang-orang tersebut juga pada dasarnya dicintai dan mampu berubah.

    Seiring berjalannya waktu, Anda pun dapat memilih orang-orang seperti apa yang Anda inginkan dalam hidup ini dan mana yang perlu dihindari seterusnya.

    5. “Manusia tak luput dari kesalahan.”

    cara menyemangati diri sendiri

    Manusia tak luput dari kesalahan dan ini bukanlah alasan untuk menyerah. Menghadapi kesalahan memang sulit, tapi ini merupakan ajang untuk mengasah kegigihan.

    Maka dari itu, jangan malu untuk mengakui kesalahan Anda dan memperbaikinya.

    Kesalahan juga bukan tanda kelemahan, tetapi justru menjadi kekuatan ketika Anda mencoba untuk tidak putus asa dan terus berusaha untuk menjadi lebih baik di masa mendatang.

    Oleh karena itu, teruslah menyemangati diri sendiri bahwa manusia memang tidak pernah luput dari kesalahan dan ini bukanlah akhir dari perjuangan.

    6. “Saya mampu mengatasi masalah dan membuat perubahan.”

    Zaman terus bekembang dan perubahan merupakan hal yang pasti dalam kehidupan. Tetaplah percaya bahwa Anda mampu menghadapi perubahan tersebut

    Jangan memberikan pesan negatif yang malah menurunkan semangat pada diri sendiri dengan mengatakan Anda tidak punya kemampuan untuk mengatasi perubahan yang terjadi.

    Percayalah dalam hati bahwa Anda mampu menemukan solusi untuk segala perubahan tersebut.

    7. “Saya bisa sukses dan sukses perlu diusahakan.”

    Kesuksesan berasal usaha terus-menerus yang dilakukan tanpa kenal menyerah. Kata-kata bijak untuk menyemangati diri sendiri yang satu ini perlu terus digaungkan dalam benak Anda.

    Sebagai contoh, jika Anda berharap mendapat kesuksesan dalam ujian, kuncinya adalah belajar.

    Kalimat positif yang diucapkan secara berulang akan membantu menambah kepercayaan diri dan optimisme dalam diri Anda untuk meraih kesuksesan tersebut.

    Kata-kata bijak untuk menyemangati diri seperti di atas bisa Anda ucapkan terus-menerus tiap harinya. Hal ini akan membantu otak untuk percaya terhadap apa yang Anda katakan.

    Hal ini membantu mengubah pemikiran buruk yang biasa Anda ciptakan menjadi pemikiran positif untuk membantu mewujudkan segala keinginan Anda.

    Kesimpulan

    • Stres bisa melanda kapan dan di mana saja hingga membuat Anda bad mood seharian.
    • Salah satu upaya untuk meredakannya yakni dengan self-talk sambil mengucapkan kata bijak untuk menyemangati diri sendiri.
    • Selain itu, Anda dapat melakukan beragam cara sederhana untuk menghilangkan stres, seperti mendengarkan musik, menulis jurnal, hingga bermeditasi.
    • Jika stres atau bad mood makin menjadi-jadi dan mengganggu aktivitas, cobalah untuk melakukan konseling dengan psikolog atau psikiater.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

    General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


    Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan