backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Contoh Hobi Bermanfaat agar Hidup Sehat dan Bahagia

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. · General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

10 Contoh Hobi Bermanfaat agar Hidup Sehat dan Bahagia

Hampir setiap orang memiliki hobinya masing-masing untuk dilakukan pada waktu senggang. Ada yang hobi membaca buku, mendengarkan musik, atau menonton film. 

Nah, tahukah Anda bahwa ada beberapa hobi berupa aktivitas produktif yang terbukti mampu meningkatkan kebugaran tubuh dan kesehatan otak?

Contoh hobi yang bisa membuat hidup lebih sehat

Melakukan hobi ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kesenangan semata, tetapi juga bagi kesehatan fisik dan mental.

Studi dalam jurnal Annals of Behavioral Medicine (2015) menemukan bahwa melakukan hobi dapat meredakan gejala stres, seperti detak jantung cepat dan tidak stabil.

Di samping itu, hobi dapat membuka peluang untuk mengeksplorasi minat, mengembangkan keterampilan baru, dan mempererat hubungan dengan orang lain.

Berikut ini adalah beberapa contoh yang hobi bermanfaat dan positif yang bisa Anda lakukan.

1. Menari

Manfaat menari dance

Menari adalah salah satu cara murah meriah untuk menjaga kebugaran tubuh sambil ditemani dengan alunan musik menyenangkan. 

Selain itu, menari juga termasuk dalam latihan kardio yang baik untuk meningkatkan kebugaran jantung dan paru-paru. 

Dengan aktif bergerak saat berdansa, secara tidak langsung aktivitas ini bisa mendorong paru-paru untuk menghirup dan menggunakan oksigen secara lebih efektif. 

Di samping itu, latihan kardio ini juga dapat meningkatkan kekuatan dan kesehatan otot serta meningkatkan stamina fisik Anda secara keseluruhan.

2. Menyanyi

Tidak peduli Anda memiliki suara merdu atau tidak, menyanyi adalah salah satu contoh hobi yang manjur untuk mengekspresikan emosi dan perasaan Anda.

Mendendangkan lagu favorit membantu tubuh melepaskan oksitosin yang mendorong respons relaksasi. Hal inilah yang dipercaya dapat mengurangi gejala stres dan kecemasan.

Selain itu, menyanyi juga meningkatkan kapasitas paru-paru. Ini dapat meningkatkan sirkulasi oksigen dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

3. Fotografi alam

Jika selama ini Anda hanya hobi selfie atau foto makanan, coba putar kamera Anda dan mulailah mengabadikan pemandangan alam di sekitar. 

Fotografi alam adalah contoh hobi yang positif dan sehat, sebab kegiatan ini mendorong Anda untuk berkunjung ke tempat-tempat indah yang hanya dapat dijangkau dengan berjalan kaki atau hiking

Pada akhirnya, hal tersebut bisa menjadi cara supaya Anda tetap aktif bergerak meski sedang berlibur atau mengunjungi suatu tempat.

4. Memasak

Dengan memasak sendiri, Anda bisa menentukan sendiri bahan-bahan, teknik memasak, dan jumlah porsi makanan sesuai kebutuhan.

Mengolah bahan makanan sendiri juga bermanfaat langsung terhadap kesehatan dan mampu membantu Anda dalam membiasakan pola makan yang lebih sehat. 

Selain itu, hobi memasak dapat mendorong ketelitian Anda saat berbelanja, seperti membaca label informasi gizi makanan serta memilih bahan yang segar dan berkualitas baik.

5. Membuat kue

Hobi membuat kue dipercaya dapat memberikan manfaat positif untuk kesehatan mental dan emosional. Banyak kalangan juga menyebut aktivitas ini sebagai baking therapy.

Studi dalam Journal of Positive Psychology (2016) menemukan bahwa membuat kue sebagai sarana mengekspresikan kreativitas mampu menimbulkan perasaan santai dan bahagia.

Fokus pada proses baking juga dapat mengalihkan perhatian Anda dari stres dan kecemasan yang tengah menghantui pikiran.

6. Berkebun

Berkebun cara membakar kalori

Berkebun memang kesannya panas-panasan dan kotor. Namun, aktivitas merawat tanaman ini memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Paparan sinar matahari pagi selama berkebun menjadi sumber utama vitamin D bagi tubuh. Vitamin ini punya banyak fungsi vital, seperti menjaga kesehatan tulang dan sistem kekebalan.

Kegiatan fisik selama berkebun, misalnya mencabut ilalang, memotong rumput, dan mengangkat beban, juga dapat meningkatkan kekuatan otot serta fleksibilitas tubuh.

7. Menanam pohon

Tidak hanya untuk kesehatan pribadi, ada pula beberapa contoh hobi positif yang bermanfaat untuk kelestarian lingkungan. Salah satunya adalah menanam pohon.

Terlibat langsung pada kegiatan volunteer atau sukarelawan menanam pohon bisa membantu menjaga kebugaran fisik, mengurangi stres, dan memperkuat hubungan dengan orang lain.

Aktivitas menanam pohon juga bisa menyediakan udara bersih dan menciptakan lingkungan yang sehat untuk ditinggali.

8. Menulis dan menggambar

Mencurahkan isi hati dengan menulis, baik tulis tangan atau mengetik, maupun menggambar dan corat-coret asal (doodling) adalah contoh hobi yang positif untuk kesehatan mental.

Aktivitas ini juga diyakini sebagai cara yang efektif untuk menenangkan pikiran semrawut saat berada di bawah tekanan berat dan memulihkan emosi negatif. 

Bahkan, menulis juga dilaporkan dapat mempercepat proses penyembuhan luka operasi serta meningkatkan kualitas hidup pasien kanker selama menjalani pengobatan.

9. Berolahraga

Entah itu jalan kaki, bersepeda, berenang, ataupun menyelam, olahraga merupakan contoh hobi positif yang bermanfaat bagi tubuh dan pikiran.

Dengan berolahraga secara teratur, tubuh Anda pun menjadi lebih bugar dan kuat. Aktivitas ini dapat menjaga kesehatan jantung, mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas tidur.

Bahkan, lebih baik lagi jika Anda mengikuti komunitas olahraga yang sesuai dengan minat. Hal ini akan membantu Anda memperoleh dukungan positif dan turut meningkatkan performa Anda.

10. Meditasi

Membiasakan meditasi sebagai hobi akan membawa banyak manfaat. Anda bisa merasakan manfaat kesehatan fisik dan mental yang signifikan dengan rutin bermeditasi.

Praktik meditasi secara teratur dapat mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi dan fokus, serta memperbaiki kualitas tidur. 

Selain itu, meditasi juga akan membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi gejala kecemasan yang berlebihan. 

Dari berbagai contoh hobi di atas, manakah yang ingin Anda coba tekuni mulai hari ini?

Kesimpulan

Melakukan hobi atau aktivitas yang disukai dapat membantu meningkatkan kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Beberapa contoh hobi yang bermanfaat untuk kesehatan yaitu menari, menyanyi, memasak, berkebun, menulis, menggambar, dan berolahraga.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan