backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Tips Menghadapi Perubahan dalam Hidup, Tak Perlu Takut!

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. · General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 09/01/2023

Tips Menghadapi Perubahan dalam Hidup, Tak Perlu Takut!

Perubahan dalam kehidupan dapat membawa dampak besar terhadap kesehatan mental. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghadapi perubahan dengan tepat.

Lantas, bagaimana seharusnya perubahan dalam kehidupan ini dihadapi?

Cara menghadapi perubahan dalam hidup

Alih-alih takut pada perubahan, akan lebih baik dampaknya jika Anda berupaya lebih optimis dan mencoba menghadapinya.

Meskipun beradaptasi dengan perubahan bukanlah hal yang sederhana, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk memudahkannya.

Berikut merupakan sejumlah tips untuk membantu Anda menghadapi perubahan.

1. Menjadi terbuka dan fleksibel

membuka diri untuk menghadapi perubahan

Saat Anda menerima bahwa perubahan merupakan hal yang pasti terjadi dalam hidup, Anda bisa bersiap akan datangnya hal tersebut.

Jika perubahan pada akhirnya terjadi, usahakan untuk mengendalikan emosi agar tetap tenang dan berpikiran terbuka.

Perlahan-lahan, cobalah untuk menghilangkan kebiasaan Anda di tempat lama dan mencoba terbuka dengan suasana baru.

2. Hindari berpikir terlalu jauh

Terkadang, semakin jauh Anda melihat ke masa depan, semakin mudah juga Anda diliputi ketidakpastian dan perubahan-perubahan yang mungkin terjadi.

Meski bukanlah hal yang buruk, memikirkan masa depan terlalu jauh kerap memancing pertanyaan “bagaimana jika” dalam pikiran Anda.

Alih-alih khawatir, Anda bisa mencoba konsentrasi dan berfokus pada apa yang Anda miliki sekarang. Sebagai contoh, Anda baru memiliki anak dan takut tidak bisa mengemban tanggung jawab sebagai orangtua.

Putuskanlah apa yang paling penting bagi Anda dan fokuslah untuk mengerjakan hal-hal dalam jangka pendek terlebih dahulu. Lama-kelamaan, Anda akan terbiasa.

3. Miliki strategi untuk mengatasi stres

Stres merupakan salah satu hal yang mungkin terjadi saat Anda menghadapi perubahan. Maka, penting untuk mengetahui apa pemicu stres Anda serta solusinya.

Tidak perlu mencari cara yang rumit. Menurut British Heart Foundation, pergi ke ruang terbuka hijau dan mengatur pernapasan bisa menjadi cara terbaik untuk mengatasi stres.

4. Cari dukungan

Merasa kewalahan selama menghadapi perubahan tentu merupakan hal yang wajar. Namun, ingatlah bahwa Anda tidak menghadapinya sendirian.

Berbagi kekhawatiran dengan teman dan keluarga (support system)merupakan salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan saran dan dukungan emosional.

Jika Anda tidak mampu bercerita dengan teman atau keluarga, tidak ada salahnya mencari dukungan dari profesional seperti konselor atau psikolog.

5. Temukan nilai positif dalam diri Anda

mencari nilai positif untuk menghadapi perubahan

Salah satu cara menghadapi perubahan yang cukup efektif yaitu dengan mengetahui nilai-nilai positif dalam diri Anda.

Cobalah untuk menyisihkan waktu selama 10 menit dan menuliskan pencapaian yang sudah Anda raih belakangan ini.

Pencapaian tidak harus selalu berupa prestasi, melainkan apa yang membuat Anda bangga dengan diri sendiri.

Dengan merenungkan nilai-nilai dalam diri, Anda bisa mengetahui mana yang bisa digunakan untuk menghadapi perubahan yang terjadi.

6. Mencari teman dengan situasi serupa

Apakah Anda sedang berjuang menghadapi perubahan ketika menjadi anak rantau? Atau sedang mencoba beradaptasi dengan kantor baru? Jika iya, cobalah untuk mencari teman yang mengalami hal serupa.

Dengan berbagi kesulitan yang sama, Anda bisa saling menyemangati satu sama lain. Terlebih jika teman Anda telah mengalami perubahan tersebut lebih dulu.

Mendengar cerita serupa dapat membuat Anda mengetahui tips untuk menghadapinya.

7. Buat rutinitas baru

Melansir dari laman National Health Service (NHS), menemukan rutinitas baru dapat menjadi cara ampuh untuk mendapatkan kembali rasa nyaman dalam suatu perubahan.

Rutinitas ini bisa berupa hal-hal sederhana seperti jalan kaki 30 menit sehari atau mulai tidur pada waktu yang sama di setiap malam.

Luangkanlah waktu dalam jadwal rutinitas Anda untuk bersantai seperti membaca buku, beraktivitas fisik, atau melakukan hobi lainnya.

8. Pertimbangkan kembali setiap keputusan

Perubahan dalam hidup memang kerap terjadi secara mendadak dan tidak bisa dikendalikan. Namun, terkadang perubahan juga terjadi atas pertimbangan yang Anda buat sendiri.

Jika Anda tengah menghadapi jenis perubahan yang kedua, ke depannya cobalah untuk mempertimbangkan kembali setiap keputusan yang akan dibuat. Dengan begitu, Anda bisa menghindari keputusan yang salah.

Manusia mengalami perubahan setiap hari. Anda bisa mengalami perubahan dalam pekerjaan, lingkungan, pertemanan, dan masih banyak lagi.

Proses mengendalikan perubahan memang tidaklah mudah. Hal ini dapat membuat Anda merasa tidak nyaman, stres, atau bahkan takut.

Namun, dengan berpikir positif dan tahu kapan harus meminta bantuan, Anda bisa mengadapi masa-masa sulit ini dengan lebih mudah.

Tips membuat keputusan yang tepat

  • Jangan dilakukan saat emosi sedang tidak stabil.
  • Pertimbangkan pendapat orang lain.
  • Cari akar masalah dari keputusan yang akan dibuat.
  • Pertimbangkan perubahan jangka pendek dan panjang atas keputusan yang dibuat.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 09/01/2023

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan