Kata Siapa #HidupEnak Tapi Sehat Itu Susah? Ini 5 Kuncinya!

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 November 2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Mungkin, sudah sering Anda temui beberapa orang yang terlihat selalu sehat, bahagia, bahkan jarang terlihat stres. Anda pun terdorong untuk mulai menjalani hidup sehat, tapi ragu karena menurut Anda hidup sehat itu butuh banyak pengorbanan.

Eits, siapa bilang? Hidup sehat dan hidup enak bisa dilakukan bersamaan, kok. Lantas, apa yang harus dilakukan?

1. Hindari stres yang berlebihan

Jika Anda ingin mendapatkan hidup enak dan sehat, jangan lupakan poin penting tentang “pikiran”. Pasalnya, sebuah penelitian mengatakan bahwa saat kita memikirkan sesuatu terlalu berlebihan hingga berujung stres, akan meningkatkan kadar kortisol dan menyebabkan efek berbahaya pada metabolisme tubuh.

Hal ini dapat memicu keinginan Anda untuk makan makanan yang bernilai gizi rendah. Sehingga akan meningkatkan simpanan zat gizi yang tidak baik dalam tubuh, misalnya lemak yang berlebihan di perut. Pada akhirnya, kondisi ini memungkinkan Anda terserang berbagai macam penyakit.

Penelitian lain bahkan menyatakan bahwa stres bisa berujung pada depresi berat, yang akan berdampak buruk pada pola tidur, selera makan, dan suasana hati. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Maka dari itu, saat Anda dilanda stres ada baiknya latihan teknik pernapasan dalam, meditasi, atau bila stres sudah tergolong berat coba konsultasikan masalah Anda dengan psikolog.

Intinya, stres itu pasti dialami semua orang. Namun, orang yang sehat bisa mengelola stres dengan baik dan tidak membiarkannya berlarut-larut.

2. Olahraga rutin

Ternyata, manfaat olahraga bukan hanya bisa membuat tubuh Anda lebih sehat. Namun, dilansir dari laman Healthline, olahraga telah terbukti dapat memperbaiki mood dan mengurangi perasaan depresi, cemas, maupun stres.

Fakta lainnya adalah olahraga bisa mengubah salah satu bagian otak yang mengatur stres dan kecemasan. Hal ini juga akan meningkatkan kerja otak untuk memproduksi hormon serotonin dan norepinephrine, yang mampu meringankan perasaan depresi.

Yang lebih menarik lagi, cara hidup sehat dengan rajin berolahraga ini bisa meningkatkan produksi hormon endorfin dalam tubuh, yang akan mengurangi rasa sakit pada tubuh, menghasilkan perasaan bahagia, dan tentunya menjadikan hidup lebih enak dan sehat.

Mungkin terkadang Anda malas untuk berolahraga karena merasa bahwa olahraga membutuhkan waktu yang lama. Padahal sebenarnya menurut American Heart Association, Anda hanya perlu meluangkan waktu sekitar 30 menit per hari selama 5 hari dalam seminggu untuk berolahraga. Olahraga yang Anda lakukan pun tidak harus selalu dengan intensitas berat, latihan dengan intensitas sedang juga tidak masalah.

3. Perbanyak jalan kaki

Bila Anda benar-benar merasa tidak sempat berolahraga, setidaknya luangkan waktu untuk berjalan-jalan kecil setiap harinya selama 30 menit. Meskipun terlihat sederhana, cara hidup sehat yang satu ini memiliki manfaat yang tak kalah baik dengan olahraga lainnya.

Misalnya meningkatkan kerja tubuh dan otak, menurunkan risiko penyakit kronis, memberikan efek anti kecemasan, serta meningkatkan suasana hati. Jika masih dirasa sulit, coba ajak teman atau kerabat terdekat untuk menemani Anda berjalan-jalan kecil di lingkungan sekitar rumah.

4. Pilih makanan sehat dan bergizi

Cara hidup sehat lainnya bisa Anda peroleh bila mengonsumsi jenis makanan yang sehat dengan kandungan gizi tinggi. Seimbangkan komposisi makanan Anda dengan beragam jenis makanan seperti sayur dan buah-buahan segar, dan sertakan juga sumber protein sehat yang berasal dari unggas, ikan, tahu, tempe, sumber susu, serta kacang-kacangan seperti kedelai, serta sumber karbohidrat dan lemak sehat.

Sebuah penelitian yang dilansir dari Livestrong menyatakan bahwa pilihan makanan memainkan peran penting bagi mood dan kesehatan mental Anda. Pasalnya, kemungkinan terserang depresi, gangguan kecemasan, dan dysthimia akan menurun seiring dengan rutin mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi.

Namun, selain mempertimbangkan kandungan gizi, Anda juga harus mempertimbangkan bentuk tubuh Anda. Apakah termasuk kurus, gemuk, atau obesitas. Untuk mengetahuinya, silakan cek di kalkulator BMI ini. Sehingga dapat diketahui jenis makanan apa yang terbaik untuk Anda konsumsi demi tercapainya hidup sehat.

5. Tidur yang cukup

Agar bisa hidup enak, pastikan Anda cukup tidur. Apa hubungannya tidur yang cukup dengan hidup enak? Tidur yang cukup mampu mengoptimalkan kembali energi Anda, baik fisik maupun mental. Berbagai penelitian juga telah membuktikan bahwa kurang tidur berkaitan erat dengan banyak penyakit seperti jantung, stroke, bahkan obesitas.

Ketika kurang tidur, Anda memang pasti merasa uring-uringan, lemas, atau susah konsentrasi pada keesokan harinya. Ini tentu membuat hidup jadi tak nyaman. Karenanya, pastikan Anda tidur sekitar 7-9 jam setiap malam.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Begini Urutan Pemakaian Skincare Wajah untuk Malam Hari

Setelah cuci muka sebelum tidur, Anda kemudian pakai pelembap atau krim mata dulu? Simak urutan skincare malam yang tepat berikut.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 1 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Bisakah Gay dan Lesbian Disembuhkan?

Katanya, homoseksualitas adalah bentuk penyakit mental yang memengaruhi orientasi seksual seseorang. Lalu, apakah gay bisa disembuhkan lewat terapi ini?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan Mental, Gangguan Mental Lainnya 26 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

3 Alasan Minum Kopi Saat Perut Kosong Itu Tidak Baik

Satu hal pertama yang banyak orang lakukan di pagi hari adalah menyeruput secangkir kopi hangat. Tapi, minum kopi saat perut kosong bukanlah ide yang baik.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Fakta Gizi, Nutrisi 23 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Perawatan Setelah Cabut Gigi, Ini Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Anda Lakukan

Rasa sakit dapat segera pulih dalam beberapa hari apabila Anda mengikuti perawatan setelah cabut gigi dengan benar. Apa saja pantangan dan perawatannya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Perawatan Gigi, Gigi dan Mulut 21 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bagaimana cara menghilangkan stres

9 Makanan yang Membantu Menghilangkan Stres

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 7 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
penyakit hepatitis adalah

Penyakit Hepatitis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 13 menit
panduan diet bebas gula

Panduan Menjalani 30 Hari Diet Bebas Gula

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 4 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
obat cacing

5 Pilihan Obat Cacing yang Direkomendasikan untuk Orang Dewasa

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 2 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit