Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Tak Cuma Seru, Punya Hobi Juga Bisa Membantu Mengelola Stres

    Tak Cuma Seru, Punya Hobi Juga Bisa Membantu Mengelola Stres

    Banyak kalangan kini mulai menyadari pentingnya melakukan hobi untuk meredakan stres, terutama mengingat stres yang terjadi dalam jangka panjang dapat memicu berbagai gangguan, seperti hipertensi, diabetes, hingga penyakit jantung.

    Lantas, bagaimana hobi bisa membantu mengelola stres? Simak penjelasannya berikut ini.

    Hobi ternyata bisa mengatasi stres, kenapa?

    Masak untuk diabetes

    Sebuah riset dalam jurnal Annals of Behavioral Medicine (2015) meneliti 100 orang dewasa untuk mengetahui efek kegiatan sehari-hari terhadap perasaan mereka.

    Partisipan memakai monitor jantung dan menyelesaikan survei secara berkala dalam tiga hari.

    Para peneliti menemukan bahwa sebanyak 34% orang yang melakukan kegiatan yang disukai tidak merasakan stres. Detak jantung mereka pun lebih stabil dan tenang selama berjam-jam.

    Hasilnya, bisa disimpulkan bahwa hobi merupakan kegiatan yang mampu menenangkan perasaan. Bahkan, orang yang sedang stres mungkin butuh lebih banyak hobi daripada orang dewasa pada umumnya.

    Berikut ini merupakan berbagai manfaat penting hobi untuk menghilangkan stres.

    1. Memberikan waktu bersantai

    Hobi memberikan waktu bagi otak dan tubuh untuk beristirahat sejenak. Melakukan aktivitas yang disukai seakan membuat Anda terbebas dari tanggung jawab yang jadi sumber stres.

    Jika Anda supersibuk, meluangkan waktu di tengah padatnya jadwal tentu sangat sulit. Namun, mulai sekarang usahakan untuk menjadikan hobi sebagai salah satu prioritas hidup Anda.

    Tetapkan jadwal rutin bagi hobi tersebut. Melakukan hobi yang bisa memberikan Anda kesempatan untuk bersantai tanpa stres, tetapi tetap produktif.

    2. Mengubah stres jadi lebih positif

    Stres tidak selalu berdampak buruk bagi tubuh, asalkan Anda mampu mengelolanya. Oleh sebab itu, dikenal pula istilah stres negatif (distress) dan stres positif (eustress).

    Eustress menimbulkan semangat, menghilangkan rasa bosan, dan mendatangkan kesenangan tanpa membuat Anda terbebani, misalnya saat melakukan hobi.

    Bila seseorang tidak menyalurkan emosi dan energi dari stres lewat hobi, bisa saja ia menyalurkannya ke hal-hal destruktif, seperti mabuk, berjudi, maupun selingkuh.

    3. Memberikan waktu untuk bersosialisasi

    Hobi terkadang mengenalkan Anda pada suatu komunitas baru. Di samping itu, Anda mungkin akan merasakan peningkatan dalam kemampuan bersosialisasi.

    Melalui hobi, Anda juga bisa mendapatkan teman dan pengalaman baru. Ini tentunya membuat Anda bisa memaknai hidup dan menjalani hari demi hari dengan menyenangkan.

    4. Menambah kepuasan dan kebebasan

    Hobi tidak membuat Anda melakukan suatu kegiatan di bawah paksaan yang malah menambah tekanan batin. Tekanan inilah yang bisa menyebabkan Anda merasa sangat lelah.

    Saat melakukan hobi yang Anda sukai tanpa tekanan, Anda mungkin akan berusaha untuk menunjukkan keterampilan terbaik dari hobi tersebut.

    Semua ini melibatkan perasaan, kepuasan, kesenangan, dan kebebasan sehingga bisa mengurangi stres yang Anda rasakan.

    Ragam contoh hobi untuk menghilangkan stres

    genre musik mood

    Hobi merupakan segala kegiatan yang mampu menenangkan perasaan. Dari sekian banyaknya jenis hobi, berikut ini sejumlah contoh hobi yang sehat untuk membantu menghilangkan stres.

    1. Mendengarkan musik

    Hampir semua orang suka mendengarkan musik. Akan tetapi, musik bergenre ceria telah terbukti mampu meningkatkan suasana hati (mood) seseorang.

    Efek musik ini juga dimanfaatkan ke dalam terapi musik yang digunakan untuk mengelola stres, meningkatkan daya ingat, dan mengurangi rasa sakit.

    2. Menulis dan menggambar

    Contoh hobi lainnya yang cocok untuk mengatasi stres yakni menulis dan menggambar. Keduanya terbilang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

    Cobalah untuk mengetik atau menulis jurnal untuk melampiaskan emosi. Menggambar bebas (doodling) juga cukup ampuh untuk menenangkan pikiran.

    3. Fotografi alam

    Kiriman foto dan video pada media sosial mungkin berdampak buruk pada kesehatan mental. Nah, mulai sekarang cobalah manfaatkan ponsel Anda untuk menekuni hobi fotografi.

    Seni fotografi alam bisa menunjukkan keindahan alam dari lingkungan sekitar Anda. Perjalanan ke tempat baru juga bisa membantu Anda bersosialisasi dengan orang lain.

    4. Berkebun

    manfaat berkebun bagi kesehatan, hobi berkebun untuk menghilangkan stres

    Ada beragam manfaat berkebun bagi kesehatan mental, mulai dari mendekatkan diri dengan alam hingga mempertajam daya ingat.

    Salah satu hobi untuk meredakan stres ini juga membuat Anda lebih aktif bergerak. Alhasil, hal ini sekaligus mampu meningkatkan kebugaran tubuh.

    5. Memasak

    Masak sendiri ternyata baik untuk kesehatan fisik dan mental. Tak hanya sehat, hobi yang satu ini juga bisa membuat Anda lebih dekat dengan pasangan dan keluarga.

    Untuk menambah manfaatnya, Anda pun bisa menambahkanberbagai bahan makanan untuk menghilangkan stres, misalnya yoghurt, oatmeal, dan dark chocolate.

    6. Olahraga

    Berolahraga merupakan hobi yang ampuh untuk menghilangkan stres. Cobalah berbagai jenis olahraga yang Anda sukai, seperti jogging, yoga, atau menari.

    Meski begitu, mulailah secara perlahan dan hindari aktivitas olahraga secara berlebihan. Pasalnya, berolahraga di luar kemampuan diri bisa menyebabkan stres makin bertambah.

    Mengapa penting untuk mengelola stres?

    Stres bisa memengaruhi berbagai aspek kehidupan, mulai dari penampilan, produktivitas kerja, dan tentunya kesehatan Anda.

    Contohnya, stres bisa membuat jadwal tidur terganggu. Esok harinya, stres bisa menyebabkan lingkaran hitam pada mata, wajah lesu, tidak bersemangat, bahkan tidak fokus saat Anda bekerja.

    Stres berkepanjangan juga bisa menyebabkan dampak buruk bagi tubuh. Hal ini bisa memicu tekanan darah tinggi (hipertensi), obesitas, depresi, hingga gangguan kecemasan.

    Jadi, masuk akal kalau stres kronis bisa membuat tubuh tidak dalam kondisi yang baik.

    Bahkan, pakar kesehatan menyebut bahwa stres berlebihan merupakan silent killer yang bisa menyebabkan kematian dini, baik karena penyakit atau bunuh diri.

    Oleh sebab itu, bila hobi tidak ampuh untuk meredakan stres yang Anda alami, lebih baik segera minta bantuan dokter maupun psikolog.


    Stres dan butuh teman berbagi cerita?

    Ayo tanya psikolog kami atau berbagi cerita bersama di Komunitas Kesehatan Mental!


    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Types of Stressors (Eustress vs. Distress). American Addiction Centers. (2021). Retrieved 16 March 2022, from https://www.mentalhelp.net/stress/types-of-stressors-eustress-vs-distress/

    Purposeful activity – hobbies. Australian Government Department of Health. (2019). Retrieved 16 March 2022, from https://www.headtohealth.gov.au/meaningful-life/purposeful-activity/hobbies

    Parkhurst, E. (2021). How Hobbies Improve Mental Health. Utah State University. Retrieved 16 March 2022, from https://extension.usu.edu/mentalhealth/articles/how-hobbies-improve-mental-health

    Scott, E. & Morin, A. (2020). The Importance of Hobbies for Stress Relief. Verywell Mind. Retrieved 16 March 2022, from https://www.verywellmind.com/the-importance-of-hobbies-for-stress-relief-3144574

    Scott, E. & Goldman, R. (2020). Top 10 Stress-Relieving Hobbies. Verywell Mind. Retrieved 16 March 2022, from https://www.verywellmind.com/top-stress-reliever-hobbies-3144592

    Zawadzki, M., Smyth, J., & Costigan, H. (2015). Real-Time Associations Between Engaging in Leisure and Daily Health and Well-Being. Annals Of Behavioral Medicine, 49(4), 605-615. https://doi.org/10.1007/s12160-015-9694-3

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Satria Aji Purwoko Diperbarui Apr 13
    Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa
    Next article: