Tak Cuma Seru, Punya Hobi Juga Bisa Membantu Mengelola Stres

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang
Artikel ini berisi:

    Setiap orang pasti pernah merasakan stres. Bila terus terjadi, stres bisa merusak penampilan dan parahnya memicu berbagai penyakit. Untuk itu, Anda perlu tahu cara menyikapi dan menghadapi stres dan tekanan. Salah satu caranya dengan melakukan berbagai hal yang menjadi hobi Anda. Penasaran bagaimana hobi bisa membantu Anda mengelola stres? Berikut penjelasannya.

    Mengapa Anda harus mengelola stres?

    Stres bisa memengaruhi berbagai aspek kehidupan. Mulai dari penampilan, produktivitas kerja, dan tentunya kesehatan. Stres bisa membuat jadwal tidur Anda menjadi kacau. Esok harinya, akan tercipta lingkaran hitam pada mata, wajah lesu, dan pastinya membuat Anda tidak semangat, bahkan tidak fokus dalam melakukan pekerjaan.

    Dikutip dari Shape, Matthew Zawadski, Ph.D., seorang asisten dosen psikologi di California University mengemukakan bahwa stres menyebabkan detak jantung menjadi lebih tinggi, tekanan darah dan kadar hormon juga ikut meningkat. Jadi, masuk akal bahwa orang yang memiliki stres jangka panjang atau kronis tidak baik bagi kondisi kesehatan Anda. Bahkan, pakar kesehatan menyebut bahwa stres berlebihan adalah silent killer yang bisa menyebabkan kematian lebih dini, baik itu karena penyakit atau bunuh diri.

    Hobi merupakan salah satu cara untuk mengelola stres

    Sebuah riset yang dipublikasikan dalam Annals of Behavioral Medicine meneliti 100 orang dewasa dengan kegiatan sehari-hari yang mereka lakukan. Para peserta menggunakan monitor jantung dan menyelesaikan survei secara berkala untuk melaporkan bagaimana kegiatan dan perasaan mereka.

    Hasilnya, dalam tiga hari periset menemukan bahwa 34 persen orang yang melakukan kegiatan yang disukai, tidak merasa stres. Bukan hanya merasa bahagia, detak jantung mereka juga menjadi lebih stabil dan mereka merasa lebih tenang selama berjam-jam.

    Dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa hobi adalah kegiatan yang bisa menenangkan perasaan seseorang.  Sedangkan ketika dilanda stres, banyak orang beralasan tidak punya waktu atau tenaga untuk melakukan hobinya. Padahal, orang yang sedang stres mungkin membutuhkan lebih banyak hobi daripada orang biasa. Inilah berbagai pentingnya hobi dalam mengelola stres.

    1. Memberikan waktu bersantai

    istirahat santai

    Hobi membuat Anda memiliki waktu luang yang bebas dari berbagai tanggung jawab, terutama sumber stres. Ini bisa jadi waktu bagi otak dan tubuh untuk beristirahat sejenak dengan melakukan berbagai hal yang memang Anda sukai.

    Bagi orang yang super sibuk, meluangkan waktu di tengah padatnya jadwal dan janji pasti sangat sulit. Untuk itu, mulai sekarang usahakan untuk menjadikan hobi sebagai salah satu prioritas hidup Anda. Tetapkan jadwal rutin bagi hobi Anda tersebut. Melakukan hobi bisa memberikan kesempatan bagi Anda untuk bersantai, tapi tetap produktif.

    2. Hobi bisa mengubah stres jadi berfaedah

    merajut
    Sumber: L-informatique

    Sebenarnya stres tidak selalu berdampak buruk bagi tubuh. Stres penting karena Anda jadi mampu bereaksi terhadap sesuatu. Namun, saat Anda tidak mampu mengelolanya, maka itulah yang akan memberikan dampak negatif yang disebut dengan distress. Nah, hobi bisa jadi berfaedah karena Anda akan mendapatkan dampak stres positif atau disebut juga eustress.

    Eustress bisa menimbulkan perasaan semangat, menghilangkan rasa bosan, dan mendatangkan kesenangan tanpa membuat Anda merasa terbebani. Contohnya bila Anda senang membuat benda-benda kerajinan tangan, seperi rajutan. Anda tidak peduli apakah hasil rajutan itu diminati oleh orang lain atau tidak. Yang penting adalah Anda merajutnya dengan senang hati tanpa ada paksaan atau aturan.

    Jika Anda tidak menyalurkan emosi atau energi yang dihasilkan oleh stres lewat hobi, kemungkinan besar Anda malah akan melakukan hal-hal yang sifatnya destruktif dan tidak berfaedah. Misalnya mabuk-mabukan, berjudi, selingkuh, dan lain-lain.

    3. Memberikan waktu untuk bersosialisasi

    olahraga bareng teman

    Hobi kadang mengenalkan Anda pada suatu komunitas baru. Anda pasti akan merasakan peningkatan dalam bersosialisasi. Selain itu, Anda bisa mendapatkan teman baru, pengalaman baru, dan tentunya membuat Anda bisa memaknai hidup dengan menjalani hari demi hari yang menyenangkan.

    4. Memberikan kepuasan dan kebebasan

    wanita sikap optimis

    Hobi tidak mengharuskan Anda melakukan sesuatu dibawah paksaan yang biasanya menambah tekanan batin. Tekanan tersebut bisa menyebabkan Anda merasa sangat lelah. Walaupun tidak diawasi atau tidak melakukan hobi di bawah tekanan, Anda tetap berusaha untuk menunjukkan keterampilan terbaik yang Anda punya. Ini melibatkan perasaan, kepuasaan, kesenangan, dan kebebasan sehingga bisa mengurangi stres yang Anda rasakan.

    Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

    Was this article helpful for you ?
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Stres Ternyata Membuat Seseorang Menerima Berita Buruk dengan Berbeda

    Siapa yang tidak pernah merasa stres? Faktanya, ketika seseorang dilanda stres disebut dapat mengubah cara mereka menangani kabar buruk. Benarkah demikian?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Hidup Sehat, Psikologi 04/06/2020 . Waktu baca 5 menit

    Perawat Lansia, Simak 5 Strategi Mengatasi Stres Berikut, Yuk!

    Tekanan dalam pekerjaan yang dihadapi oleh para perawat lansia sering kali membuat stres. Berikut strategi untuk mengatasinya.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Hidup Sehat, Perawatan Lansia 24/05/2020 . Waktu baca 5 menit

    Begini Cara Mengatasi Stres Karena PHK Akibat dari Pandemi COVID-19

    Imbas dari COVID-19 membuat sebagian pekerja diberhentikan dari pekerjaannya dan merasa stres. Yuk, kenali cara mengatasi stres karena PHK di sini.

    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Coronavirus, COVID-19 04/05/2020 . Waktu baca 7 menit

    Segudang Manfaat yang Ditawarkan Dari Bermain Golf yang Sayang Dilewatkan

    Golf adalah salah satu olahraga yang cukup populer di segala usia. Manfaat dari bermain golf pun cukup banyak, apa saja ya?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Kebugaran, Hidup Sehat 17/04/2020 . Waktu baca 5 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    Konten Bersponsor
    foto orang yang merawat anggota keluarga yang terkena penyakit kronis; saat mengasuh, penting untuk tetap jaga diri saat merawat orang sakit kronis

    Tips Jaga Diri Saat Merawat Orang Sakit Kronis di Masa Pandemi

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Willyson Eveiro
    Dipublikasikan tanggal: 13/07/2020 . Waktu baca 5 menit
    Konten Bersponsor
    ilustrasi pemilik kedai kopi yang memilih merintis usaha atau bekerja sesuai passion

    Bagaimana Bekerja sesuai Passion Bisa Bantu Kesehatanmu?

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Willyson Eveiro
    Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 5 menit
    berimajinasi mengatasi stres

    Berimajinasi Bantu Atasi Stres dan Gangguan Kecemasan

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Diah Ayu
    Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 5 menit
    stres mengubah bentuk otak

    Stres Berkepanjangan Ternyata Bisa Mengubah Bentuk dan Fungsi Otak

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Diah Ayu
    Dipublikasikan tanggal: 07/06/2020 . Waktu baca 5 menit