home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Manfaat Masak Sendiri bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat Masak Sendiri bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Untuk Anda yang sibuk, kemungkinan lebih menyukai makanan yang praktis, tinggal telepon layanan pesan antar, efisien dan tinggal makan. Padahal masak makanan sendiri memiliki beragam manfaat bagi kesehatan baik fisik maupun mental, lho!

Hubungan masak sendiri dengan kesehatan fisik dan mental

manfaat masak sendiri

Saat memulai atau mengakhiri hari yang sibuk, makan di restoran atau memesan makanan via aplikasi rasanya menjadi pilihan cepat dan mudah.

Namun, masak makanan sendiri sendiri bisa memberikan banyak manfaat seperti keamanan dan kenyamanan yang bisa mempengaruhi suasana hati Anda.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi masakan rumah membuat sebuah keluarga lebih terhubung dengan anggota keluarganya, termasuk anak. Jurnal tersebut juga mengatakan bahwa anak-anak akan lebih sehat, bahagia, dan cenderung menghindari penggunaan alkohol, rokok, dan narkoba.

Pada orang dewasa, masak sendiri secara teratur cenderung bikin lebih bahagia dan lebih sehat. Mereka juga akan mengonsumsi gula lebih sedikit yang dapat menghasilkan energi lebih tinggi dan kesehatan mental lebih baik.

Berikut beberapa manfaat dari masak makanan sendiri di rumah.

1. Konsumsi lebih sedikit kalori tanpa disadari

manfaat masak sendiri

Makanan di restoran atau warung makan seringkali mengandung banyak mentega dan garam, sedangkan makanan instan seperti junk food kemasan biasanya mengandung natrium (garam) dan zat tambahan.

Dampak lainnya dari mengonsumsi makanan seperti junk food adalah dapat membuat Anda merasa lelah, mudah tersinggung, dan memperburuk gejala stres, kecemasan, dan masalah kesehatan jiwa lainnya.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Public Health Cambridge University menunjukkan bahwa orang yang kerap makan di luar mengonsumsi rata-rata 200 kalori lebih banyak sehari daripada mereka yang menyiapkan makanan di rumah.

Hidangan yang Anda masak sendiri cenderung mengandung lebih sedikit kalori, lebih bergizi, dan memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Karena Anda sendiri yang memasaknya, bahan yang digunakan bisa dikendalikan.

Begitu Anda terbiasa mengonsumsi makanan sehat dan bergizi di rumah, mungkin makanan tidak sehat seperti junk food atau gorengan tidak lagi jadi selera Anda.

2. Bikin lebih perhatian terhadap apa yang dikonsumsi

makanan gigi dan mulut
Sumber: Dentist Conroe, TX

Makanan segar dan sehat dapat membantu merasa lebih sehat, meningkatkan energi, menstabilkan suasana hati, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan ketahanan terhadap stres. Saat menyiapkan makanan sendiri, Anda akan lebih tahu persis apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda.

Banyak orang terburu-buru saat makan atau terlalu fokus pada pekerjaan yang harus dilakukan. Hal ini membuat kemungkinan besar dari mereka tidak memikirkan apa yang mereka konsumsi. Namun, ketika Anda masak sendiri, kemungkinan perhatian pada makanan yang akan Anda konsumsi akan lebih besar.

“Memasak makanan sendiri membuat Anda menjadi bagian dari proses awal sampai akhir. Anda jadi lebih memahami manfaat makanan yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda sendiri,” ujar ahli gizi Sarah Jacobs.

“Makan dengan sungguh-sungguh, bahkan jika hanya satu gigitan, dapat membantu kita melepaskan pikiran-pikiran yang melelahkan,” kata Jacobs.

3. Sebagai sarana bersosialisasi dengan orang terkasih

makan bersama keluarga

Memasak di rumah juga merupakan cara untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau orang terdekat. Tidak perlu menjadi koki yang lihai, memasak makanan yang simpel pun bisa terasa enak bila dikerjakan dengan hati riang.

Menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang terdekat bermanfaat untuk kesehatan jiwa seseorang.

Memasak makanan sendiri dapat membantu Anda dalam hubungan sosial dengan bonus mendapatkan manfaat terhindar dari kesepian.

Walaupun membutuhkan usaha dan niat yang cukup besar, masak sendiri hidangan yang akan konsumsi memiliki berbagai manfaat terutama bagi fisik dan mental Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber
  • Nguyen, B. and Powell, L., 2014. The impact of restaurant consumption among US adults: effects on energy and nutrient intakes. Public Health Nutrition, 17(11), pp.2445-2452.
  • University of Montreal. (2017, December 14). Eating together as a family helps children feel better, physically and mentally: Long-term effects of family meals in early childhood. ScienceDaily. Retrieved April 26, 2020 from www.sciencedaily.com/releases/2017/12/171214092322.htm
  • Gelp Guide. Cooking at Home. Retrieves 27 April 2020 from:  https://www.helpguide.org/articles/healthy-eating/cooking-at-home.htm
Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ulfa Rahayu Diperbarui 18/05/2020
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan