Manfaat Masak Sendiri bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Untuk Anda yang sibuk, kemungkinan lebih menyukai makanan yang praktis, tinggal telepon layanan pesan antar, efisien dan tinggal makan. Padahal masak makanan sendiri memiliki beragam manfaat bagi kesehatan baik fisik maupun mental, lho!

Hubungan masak sendiri dengan kesehatan fisik dan mental

manfaat masak sendiri

Saat memulai atau mengakhiri hari yang sibuk, makan di restoran atau memesan makanan via aplikasi rasanya menjadi pilihan cepat dan mudah. 

Namun, masak makanan sendiri sendiri bisa memberikan banyak manfaat seperti keamanan dan kenyamanan yang bisa mempengaruhi suasana hati Anda.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi masakan rumah membuat sebuah keluarga lebih terhubung dengan anggota keluarganya, termasuk anak. Jurnal tersebut juga mengatakan bahwa anak-anak akan lebih sehat, bahagia, dan cenderung menghindari penggunaan alkohol, rokok, dan narkoba.

Pada orang dewasa, masak sendiri secara teratur cenderung bikin lebih bahagia dan lebih sehat. Mereka juga akan mengonsumsi gula lebih sedikit yang dapat menghasilkan energi lebih tinggi dan kesehatan mental lebih baik.

Berikut beberapa manfaat dari masak makanan sendiri di rumah.

1. Konsumsi lebih sedikit kalori tanpa disadari

manfaat masak sendiri

Makanan di restoran atau warung makan seringkali mengandung banyak mentega dan garam, sedangkan makanan instan seperti junk food kemasan biasanya mengandung natrium (garam) dan zat tambahan.

Dampak lainnya dari mengonsumsi makanan seperti junk food adalah dapat membuat Anda merasa lelah, mudah tersinggung, dan memperburuk gejala stres, kecemasan, dan masalah kesehatan jiwa lainnya. 

Sebuah studi yang dipublikasikan di Public Health Cambridge University menunjukkan bahwa orang yang kerap makan di luar mengonsumsi rata-rata 200 kalori lebih banyak sehari daripada mereka yang menyiapkan makanan di rumah.

Hidangan yang Anda masak sendiri cenderung mengandung lebih sedikit kalori, lebih bergizi, dan memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Karena Anda sendiri yang memasaknya, bahan yang digunakan bisa dikendalikan.

Begitu Anda terbiasa mengonsumsi makanan sehat dan bergizi di rumah, mungkin makanan tidak sehat seperti junk food atau gorengan tidak lagi jadi selera Anda.

2. Bikin lebih perhatian terhadap apa yang dikonsumsi

makanan gigi dan mulut
Sumber: Dentist Conroe, TX

Makanan segar dan sehat dapat membantu merasa lebih sehat, meningkatkan energi, menstabilkan suasana hati, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan ketahanan terhadap stresSaat menyiapkan makanan sendiri, Anda akan lebih tahu persis apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda. 

Banyak orang terburu-buru saat makan atau terlalu fokus pada pekerjaan yang harus dilakukan. Hal ini membuat kemungkinan besar dari mereka tidak memikirkan apa yang mereka konsumsi. Namun, ketika Anda masak sendiri, kemungkinan perhatian pada makanan yang akan Anda konsumsi akan lebih besar.

“Memasak makanan sendiri membuat Anda menjadi bagian dari proses awal sampai akhir. Anda jadi lebih memahami manfaat makanan yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda sendiri,” ujar ahli gizi Sarah Jacobs.

“Makan dengan sungguh-sungguh, bahkan jika hanya satu gigitan, dapat membantu kita melepaskan pikiran-pikiran yang melelahkan,” kata Jacobs.

3. Sebagai sarana bersosialisasi dengan orang terkasih

makan bersama keluarga

Memasak di rumah juga merupakan cara untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau orang terdekat. Tidak perlu menjadi koki yang lihai, memasak makanan yang simpel pun bisa terasa enak bila dikerjakan dengan hati riang.

Menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang terdekat bermanfaat untuk kesehatan jiwa seseorang.

Memasak makanan sendiri dapat membantu Anda dalam hubungan sosial dengan bonus mendapatkan manfaat terhindar dari kesepian.

Walaupun membutuhkan usaha dan niat yang cukup besar, masak sendiri hidangan yang akan konsumsi memiliki berbagai manfaat terutama bagi fisik dan mental Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Resep Oatmeal Sehat dan Mudah untuk di Rumah

Oatmeal bukan hanya lezat, tapi juga penuh serat., mengenyangkan, dan cocok untuk Anda yang sedang berdiet. Simak 7 resep oatmeal berikut.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Resep Sehat, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

8 Cara Jitu untuk Menghilangkan Rasa Cemas Berlebihan

Biasanya seseorang akan cenderung mengurung diri ketika dirundung cemas hebat. Padahal, ini cara menghilangkan rasa cemas yang salah. Ada cara yang benar

Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kesehatan Mental, Gangguan Mood 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

11 Cara Jitu Mengusir Rasa Sedih dan Galau Dalam Hati

Ternyata menonton film sedih bukan cuma membuat kita menangis, tapi ada juga manfaat lainnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Manfaat Buah Stroberi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Tahukah Anda, buah stroberi dapat membantu mencegah katarak dan menurunkan tekanan darah? Apalagi manfaat buah merah asam ini untuk kesehatan tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Fakta Gizi, Nutrisi 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

rasa kesepian depresi

Wabah Kesepian, Fenomena Kekinian yang Menghantui Kesehatan Masyarakat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
perbedaan mentega dan margarin

Perbedaan Mentega dan Margarin: Mana yang Lebih Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
putus kenapa cinta memudar

4 Alasan Psikologis Cinta Bisa Memudar

Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
strategi menahan lapar

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit