home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apakah Kantung Mata Bisa Dihilangkan?

Apakah Kantung Mata Bisa Dihilangkan?

Kantung mata atau lingkaran hitam di bawah mata merupakan hal yang paling tidak disukai oleh wanita, karena dengan adanya kantong mata, wajah jadi terlihat lesu, kusam, dan tidak sehat. Kantung mata dapat terlihat di bawah mata, berbentuk seperti gelembung. Biasanya, kantung mata dapat terjadi karena pembengkakan yang disebabkan oleh penumpukan cairan di sekitar mata, atau disebut juga dengan edema periorbital.

Apa penyebab terbentuknya kantung mata?

Dari perspektif fisiologis dan anatomis, kantung mata yang menghitam di bawah mata disebabkan oleh sirkulasi darah stagnan di daerah bawah mata. Karena kurangnya oksigen dan sirkulasi darah yang buruk, pembuluh darah di bawah mata menjadi sangat menonjol. Akibatnya, bagian bawah mata yang menonjol tersebut berwarna lebih gelap dari warna kulit normal.

Fakta dan mitos seputar kantung mata

Sayangnya, hingga saat ini masih ada mitos atau salah persepsi yang berkembang mengenai penyebab munculnya kantung mata. Berikut ini adalah beberapa contohnya.

Kantung mata yang menghitam dipengaruhi pola makan

Sayangnya, apa yang Anda makan berhubungan dengan kantung mata yang menghitam; karena jika Anda kurang vitamin dan nutrisi yang penting untuk tubuh, maka Anda lebih mungkin untuk memiliki kantung mata menghitam. Bahkan, konsumsi kafein, alkohol, dan kebiasaan merokok juga bisa membuat pembuluh darah Anda tampil lebih menonjol, sehingga menonjolkan kantung mata yang menghitam pada bawah mata Anda.

Selain itu, jika Anda kurang minum air putih maka Anda juga memiliki risiko lebih besar untuk memiliki kantung mata yang menghitam di bawah mata Anda.

Kantung mata masih bisa muncul bahkan jika Anda tidur cukup

Anda mungkin sering mendengar mitos tersebut; padahal sebenarnya, kantong mata yang menghitam di bawah mata itu disebabkan oleh berbagai faktor, seperti genetika, keadaan medis, pola makan, dan gaya hidup. Kurang tidur bukanlah faktor utama penyebab munculnya kantong mata yang menghitam di bawah mata. Bahkan anemia, sinus, dan alergi juga dapat menyebabkan lingkaran hitam di sekitar mata juga.

Sinar matahari adalah salah satu pemicunya

Paparan sinar matahari hanya akan membuat kulit Anda lebih rentan terhadap kantung mata karena efek berbahaya dari paparan sinar matahari. Terlebih, salah satu faktor yang dapat menyebabkan kantung mata adalah terkena paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang panjang. Hal tersebut terjadi karena paparan sinar matahari menyebabkan produksi melanin, yang merupakan pigmen yang berkontribusi dalam perubahan warna kulit. Kelebihan melanin ini dapat menyebabkan kulit menjadi lebih gelap. Oleh karena itu, tidak heran jika Anda selalu dianjurkan untuk memakai kacamata pelindung saat terkena sinar matahari.

Rempah-rempah dan krim mata hanya dapat menutupi, tidak dapat menghilangkan

Sayangnya, rempah-rempah maupun krim mata hanya dapat menutupi kantong mata yang menghitam tersebut dalam jangka waktu yang pendek. Bahan-bahan ini tidak dapat benar-benar menghilangkan kantung mata.

Sama halnya dengan penggunaan mentimun yang biasa digunakan wanita untuk menghilangkan kantung mata. Meletakkan irisan mentimun di atas mata yang terpejam hanya akan menyejukkan kulit di area bawah mata, sehingga dapat mengurangi aktivitas pembuluh-pembuluh kapiler di area bawah mata dan membuat tampilan kantung mata jauh berkurang (meskipun hanya untuk sementara waktu).

Meskipun telah banyak produk yang mengklaim dapat menghilangkan kantong mata, sayangnya, belum ada obat yang tepat untuk benar-benar menghilangkan kantong mata yang menghitam di bawah mata.

Kantong mata bisa dapat diobati tanpa operasi

Kabar baiknya adalah kantong mata dapat diobati dengan tindakan non-operasi yang dapat mengenvangkan kulit longgar yang dapat memperbaiki penampilan kantong mata yang menghitam, seperti laser atau perawatan E-Matriks ataupun venus freeze.

Pada intinya, ketika Anda memiliki kantong mata yang menghitam di bawah mata, Anda perlu untuk memahami penyebabnya. Membeli krim mata untuk mengobati kantung mata tersebut perlu juga diperhatikan dengan baik karena krim mata tersebut hanya dapat menyamarkan kantung mata.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulis
Ditulis oleh Novi Sulistia Wati
Tanggal diperbarui 04/02/2017
x