Penyakit Katup Jantung

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 08/05/2020
Bagikan sekarang

Definisi

Apa itu penyakit katup jantung?

Penyakit katup jantung adalah penyakit gabungan dari dua kondisi, yaitu stenosis aorta (AVS) dan insufisiensi aorta. Aorta adalah pembuluh darah utama jantung yang membawa banyak oksigen dari paru-paru. Bila Anda mengalami stenosis dan insufisiensi aorta sekaligus, maka akan mengakibatkan penyakit katup jantung.

  • Pada AVS, katup aorta menebal dan menyempit (stenosis), jadi jantung harus bekerja lebih keras untuk mengirim darah melalui katup. Darah yang menyebar di dalam tubuh menjadi lebih sedikit. Dokter dapat mendengar suara jantung abnormal (heart murmur) dengan stetoskop.
  • Pada insufisiensi aorta, katup tidak menutup dengan baik. Jadi sebagian darah yang baru saja dipompa kembali lagi. Dalam hitungan tahun kemudian, bilik kiri akan menjadi sangat besar karena kelebihan darah dan akhirnya kurang efisien dalam memompa darah.

Seberapa umum penyakit ini?

Penyakit katup jantung adalah penyakit yang umum yang lebih banyak memengaruhi wanita daripada lelaki. Kondisi ini juga dapat dialami setiap orang dari berbagai kelompok usia.

Beberapa orang lahir dengan penyakit katup jantung, sementara yang lain terkena kondisi ini saat sudah dewasa dari penyakit lain seperti diabetes, penyumbatan pembuluh darah, atau tekanan darah tinggi. Dapat diatasi dengan mengurangi faktor-faktor risiko Anda. Diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala dari penyakit katup jantung?

Dikutip dari situs American Heart Association, beberapa orang tidak mengalami gejala. Penting untuk diketahui bahwa beberapa orang tidak mengalami gejala apapun, tetapi mereka masih dapat memiliki masalah pada katup jantung dan memerlukan perawatan. 

Beberapa orang tiba-tiba mengalami gejala yang sangat mencolok. Gejala penyakit katup jantung juga dapat berkembang sangat cepat jika kondisinya parah.

Gejala-gejala AVS berkembang saat penyempitan katup menjadi lebih parah. Gejala-gejala termasuk:

  • Nyeri dada atau sesak.
  • Pingsan.
  • Pusing, kelelahan.
  • Kesulitan bernapas.
  • Merasakan detak jantung yang cepat dan heart murmur.
  • Denyut nadi cepat dan tak beraturan
  • Bengkak pada bagian kaki.

Sementara, orang-orang yang mengidap insufisiensi aorta kronis mungkin tidak mengalami gejala selama bertahun-tahun. Seiring dengan penyakit yang semakin parah, gejala-gejala serupa dapat terjadi.

Mungkin ada gejala-gejala yang tidak disebutkan di atas. Apabila Anda mempunyai kekhawatiran mengenai suatu gejala konsultasikanlah pada dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Apabila Anda memiliki tanda-tanda atau gejala yang tersebut di atas konsultasikanlah pada dokter Anda. Masing-masing tubuh bekerja dengan cara berbeda. Baiknya diskusikan dengan dokter solusi terbaik untuk kondisi Anda. Sakit tenggorokan yang tidak diobati dengan baik dapat menjadi demam rematik – salah satu penyebab stenosis aorta.

Penyebab

Apa penyebab penyakit katup jantung?

Jantung Anda memiliki empat katup yang membuat darah mengalir ke arah yang benar. Katup-katup ini termasuk katup mitral, katup trikuspid, katup paru, dan katup aorta. Setiap katup memiliki flap yang membuka dan menutup sekali selama setiap detak jantung. Kadang-kadang, katup tidak membuka atau menutup dengan benar, sehingga mengganggu aliran darah Anda.  

Penyakit katup jantung mungkin ada saat lahir (penyakit jantung bawaan). Dikutip dari Mayo Clinic, kondisi ini juga dapat terjadi pada orang dewasa karena banyak sebab dan kondisi, seperti infeksi dan kondisi jantung lainnya. 

Penyakit katup jantung termasuk:

  • Regurgitasi. Dalam kondisi ini, tutup katup tidak menutup dengan benar, menyebabkan darah bocor ke belakang di jantung Anda. Kondisi ini biasanya terjadi karena flap katup menggembung kembali (prolaps). 
  • Stenosis. Pada stenosis katup, katup flap menjadi tebal atau kaku, dan bergabung bersama. Kondisi ini menghasilkan lubang katup yang menyempit dan mengurangi aliran darah melalui katup.
  • Atresia. Dalam kondisi ini, katup tidak terbentuk, dan selembar jaringan padat menghalangi aliran darah di antara ruang jantung. 

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk penyakit katup jantung?

Terdapat banyak faktor risiko untuk penyakit katup jantung, di antaranya:

  • Rheumatoid arthritis
  • Penyakit paget
  • Penyakit Fabry
  • Penyakit ginjal stadium akhir
  • Endocarditis (infeksi jantung akibat bakteri)
  • Kalsifikasi katup karena usia lanjut
  • Demam rematik

Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan untuk penyakit katup jantung?

Perawatan penyakit katup jantung tergantung pada seberapa parah kondisi Anda. Berbagai spesialis kesehatan mungkin akan menangani dan mengobati kondisi ini. Mereka akan menentukan perawatan yang paling tepat untuk kondisi Anda. 

Dokter mungkin menyarankan Anda mengubah gaya hidup dan minum obat untuk mengobati gejala. Anda mungkin akhirnya membutuhkan operasi katup jantung untuk memperbaiki atau mengganti katup jantung yang bermasalah. 

Operasi katup jantung dapat meliputi prosedur di bawah ini:

Perbaikan katup jantung

Dokter Anda mungkin sering merekomendasikan operasi perbaikan katup jantung jika memungkinkan. Dalam prosedur ini, dokter bedah akan memisahkan flap katup yang telah menyatu, mengganti kabel yang mendukung katup, menghapus jaringan katup yang berlebih, atau menambal lubang di katup. 

Ahli bedah mungkin sering mengencangkan atau memperkuat cincin di sekitar katup dengan menanamkan cincin buatan. 

Penggantian katup jantung

Jika katup tidak dapat diperbaiki, dokter bedah dapat melakukan penggantian katup jantung. Dalam penggantian katup jantung, dokter bedah Anda mengangkat katup yang rusak dan menggantinya dengan katup yang terbuat dari jaringan jantung hewan atau manusia. 

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk mendiagnosis kondisi ini?

Untuk mendiagnosis dokter akan melihat riwayat medis dan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter dapat mendengar suara jantung yang tidak normal yang menandakan bahwa lada gangguan pada aliran darah. 

Biasanya pasien akan dianjurkan untuk melakukan beberapa tes khusus seperti elektrokardiografi (EKG), rontgen dada, dan ekokardiogram. Tes olahraga dan kateterisasi jantung juga mungkin diperlukan apabila operasi dipertimbangkan.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat mengatasi penyakit katup jantung?

Gaya hidup dan pengobatan rumahan berikut dapat membantu anda mengatasi penyakit katup jantung:

  • Kontrol tekanan darah tinggi dan tingkat kolesterol tinggi. Makan makanan rendah lemak, rendah garam, dan rendah kolesterol. Turunkan berat badan Anda bila memiliki berat badan berlebih.
  • Lakukan olahraga secara rutin.
  • Temui dokter untuk pemeriksaan rutin.
  • Jangan gunakan obat-obatan non resep apabila tidak dianjurkan oleh dokter.

Apabila Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter untuk menemukan solusi terbaik.

Hello Health Group tidak menyediakan nasehat medis, diagnosis, ataupun pengobatan

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Memasuki Masa Lansia Tubuh Semakin Kurus?

Selain kulit semakin keriput, berat badan lansia juga biasanya semakin menyusut. Memangnya, apa penyebab tubuh semakin kurus saat masuk masa lansia?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Ini Alasannya Kenapa Anda Perlu Mengukur Denyut Jantung Selama Olahraga

Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, Anda juga perlu mengukur denyut jantung saat olahraga. Memangnya, apa tujuannya? Baca di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Perawatan Bagi Pasien yang Menjalani Transcatheter Aortic Valve Implantation (TAVI)

Dibandingkan operasi jantung terbuka, TAVI menawarkan manfaat yang sama dengan risiko lebih kecil. Lantas, apa saja perawatan yang diperlukan pasien TAVI?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

Syarat dan Persiapan Sebelum Menjalani Transcatheter Aortic Valve Implantation

Seperti prosedur medis umumnya, pasien yang hendak menjalani TAVI juga perlu memenuhi persyaratan dan melakukan beberapa persiapan. Apa saja di antaranya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

Direkomendasikan untuk Anda

mengajak orang tua pindah

Tips Mengajak Orang Tua Pindah ke Tempat yang Baru

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 25/05/2020
kebutuhan vitamin dan mineral

Ragam Vitamin dan Mineral yang Baik untuk Sistem Imun Lansia

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 22/05/2020
masalah tidur lansia

Masalah Tidur Lansia: Sering Mengantuk dan Banyak Tidur Siang

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 27/04/2020
batuk terus gejala gagal jantung

Duduk Terlalu Lama Bisa Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 04/04/2020