Tekanan darah tinggi alias hipertensi tidak dapat disembuhkan. Namun, bukan berarti kesehatan Anda harus terus memburuk. Dengan perawatan dan gaya hidup yang sehat, tekanan darah Anda bisa dijaga dalam batas normal hingga bertahun-tahun setelah diagnosis hipertensi. Lantas, bagaimana caranya mengontrol tekanan darah bagi pengidap hipertensi? Simak caranya di bawah ini.

Cara sederhana mengontrol tekanan darah

Ada tujuh cara utama bagi Anda untuk dapat mengontrol tekanan darah, yaitu:

1. Makan makanan yang lebih sehat

kulit sehat agar awet muda

Orang dengan hipertensi harus ekstra hati-hati soal garam dan makanan asin. Pasalnya, garam dapat meningkatkan kadar natrium dalam tubuh yang berimbas pada peningakatan tekanan darah. Akibatnya, terjadilah tekanan darah tinggi. Itu sebabnya, orang yang memiliki hipertensi sangat disarankan untuk membatasi asupan garam.

Bahkan meski Anda sudah tertatur minum obat hipertensi, pusat riset dan klinik kesehatan asal Amerika Serikat, Mayo Clinic tetap menyarankan Anda untuk mengurangi asupan garam.

Sebagai gantinya, perbanyaklah makan buah dan sayur yang kaya serat, vitamin, kalium, antioksidan, dan magnesium. Sejumlah penelitian menemukan bahwa asupan serat tinggi terbukti mampu menurunkan angka tekanan darah sistolik dan diastolik bagi pengidap hipertensi.

2. Berolahraga secara teratur

olahraga untuk wanita

Aktif bergerak adalah kunci hidup sehat. Hal ini juga berlaku jika Anda ingin mengontrol tekanan darah. Olahraga teratur merupakan cara efektif untuk mengurangi risiko hipertensi dan membantu mengontrol tekanan darah tinggi pada orang yang memang memiliki riwayat penyakit tersebut.

Tak perlu melakukan olahraga intensitas tinggi, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas fisik sederhana seperti jalan kaki, naik turun tangga, atau sekadar bersih-bersih rumah. Intinya, buatlah tubuh Anda bergerak setiap hari. Jadi, jangan beralasan Anda tidak punya waktu, ya. Olahraga sangat mudah dilakukan, kok!

3. Menjaga berat badan yang sehat

olahraga untuk menambah berat badan

Obesitas dan kelebihan berat badan erat kaitannya dengan tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, menjaga berat badan yang sehat adalah cara sederhana lainnya yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol tekanan darah. Anda bisa mendapatkan berat badan yang ideal dengan menerapkan pola makan sehat dan olahraga teratur.

4. Mengelola stres

istirahat cukup setelah bekerja

Orang dengan hipertensi sering kali menyepelekan cara satu ini karena dianggap tak penting. Padahal, stres adalah cikal bakal Anda melakukan berbagai kebiasaan tidak sehat yang pada akhirnya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Ya, stres kerap membuat Anda kalap ketika makan, minum alkohol, merokok, atau begadang. Semua hal tersebutlah yang ikut berkontribusi terhadap kenaikan tekanan darah Anda.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengelola stres sebaik mungkin. Misalnya dengan mendengarkan musik, curhat, atau meditasi. Dengan begitu, tekanan darah Anda pun akan terkontrol dengan baik.

5. Berhenti merokok dan minum alkohol

Merokok dapat memicu berbagai penyakit kronis seperti hipertensi, stroke, serangan jantung, dan bahkan kanker. Sayangnya, banyak orang yang tidak peduli dengan bahaya tersebut. Padahal, bahaya merokok sudah terang-terangan disebutkan di berbagai media, termasuk pada bungkusnya.

Bagi Anda perokok aktif, tak mudah memang untuk bisa langsung berhenti sama sekali. Namun, bukan berarti Anda tak bisa melakukannya. Mulailah secara perlahan dan kuatkan tekad Anda untuk berhenti sepenuhnya. Sementara bagi Anda yang tidak merokok, jauhi asap rokok untuk mencegah efek kesehatan akibat menjadi seorang perokok pasif.

Tak hanya merokok, Anda juga harus menghindari minum minuman beralkohol agar tekanan darah berada dalam rentang yang normal. Jika dikonsumsi secara berlebihan, alkohol dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah tinggi dan memperparah gejala hipertensi jika Anda sudah terdiagnosis penyakit ini sebelumnya.

6. Minum obat hipertensi sesuai resep dokter

Aturan Pakai Methylprednisolone Untuk Radang Tenggorokan; Dosis Methylprednisolone Untuk Radang Tenggorokan

Orang dengan hipertensi harus rutin minum obat sesuai dengan resep dokter. Bila obat hipertensi tidak diminum sesuai dengan ketentuan, tekanan darah Anda jadi tak terkendali. Akibatnya, Anda memiliki tekanan darah yang tinggi terus-terusan. Maka itu, orang dengan tekanan darah tinggi harus minum obat hipertensi agar tekanan darahnya tidak melonjak drastis.

Jangan pernah berhenti atau mengganti obat tekanan darah tinggi tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter. Meskipun Anda sudah merasa lebih baik ataupun sehat.

7. Rutin cek tekanan darah

penyebab hipertensi dan penyebab darah tinggi

Selain berbagai cara yang sudah disebutkan di atas, cek tekanan darah secara teratur juga merupakan kunci untuk mengontrol hipertensi. Dengan memantau tekanan darah Anda secara rutin, maka Anda bisa segera melakukan tindak pencegahan ketika tekanan darah terus-menerus lebih tinggi dari biasanya.

Orang yang mengalami hipertensi umumnya memiliki tekanan darah di atas 140/90 mmHg setiap kali dilakukan pemeriksaan. Saat itu terjadi, maka jantung Anda telah bekerja sangat keras untuk memompa darah dan berisiko mengalami gangguan tertentu.

Kenapa penting menerapkan gaya hidup sehat kalau punya hipertensi?

mencegah hipertensi maligna

Menerapkan gaya hidup sehat sangat penting untuk pencegahan dan pengelolaan hipertensi. Dalam banyak kasus, perubahan ini dapat mengurangi tekanan darah Anda tanpa menggunakan obat resep. Anggap perubahan ini sebagai “resep gaya hidup” dan berusahalah untuk mematuhi “resep” ini.

Baik jika Anda telah didiagnosis hipertensi, atau jika Anda khawatir karena memiliki beberapa faktor risiko untuk penyakit ini, ketahuilah bahwa meski tidak ada obatnya, tekanan darah tinggi dapat dikelola.

Dengan menerapkan gaya hidup sehat, Anda dapat:

Mengelola tekanan darah merupakan komitmen seumur hidup. Jadi, buatlah janji untuk melakukannya mulai hari ini untuk diri sendiri dan orang yang Anda cintai. Dengarkan dokter, baca informasi medis di situs ini, dan bertindaklah berdasarkan informasi tersebut untuk hidup sehat.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca