Ovaritis (Radang Ovarium)

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020
Bagikan sekarang

Definisi

Apa itu ovaritis?

Ovaritis adalah peradangan infeksi pada indung telur (ovarium). Peradangan yang terisolasi pada ovarium bukanlah kondisi yang sering terjadi.

Seperti peradangan lainnya, radang ovarium bisa bersifat akut (jangka pendek) atau kronis (jangka panjang). Gejala radang subakut diamati dalam kasus gangguan peradangan kronis pada ovarium atau dalam kasus subakut. Peradangan sendi rahim dan ovarium yang jarang terjadi merupakan kondisi kesehatan yang serius dan dapat menyebabkan hilangnya kemampuan reproduksi.

Seberapa umumkah ovaritis?

Ovaritis dapat dialami oleh pasien pada usia berapa pun. Ini dapat diatasi dengan mengurangi faktor risiko Anda. Diskusikanlah dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-Tanda dan Gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala ovaritis?

Dalam situasi normal, jika pasien terkena ovaritis akut, ia akan menderita demam, nyeri perut, dan pada saat yang sama anusnya terasa membengkak dan dapat mengalami gejala lainnya. Sementara dalam kasus kronis, ia akan mengalami gejala seperti kelemahan lateral secara general, mental yang buruk, dan haid tidak teratur atau volumenya tidak banyak seperti biasanya.

Ovaritis kronis bahkan menyebabkan perut bawah sedikit menggantung. Kondisi ini biasanya disertai dengan peradangan rongga, kelelahan, dan terkadang tidak bersemangat.

Oleh karena peradangan penyakit infeksi ini terjadi di sekitar panggul, sekresi saluran kelamin menjadi meningkat sehingga memengaruhi kelangsungan hidup dan aktivitas sperma. Akibatnya, obstruksi tuba falopi dan hydrosalpinx, membuat sperma tidak dapat bertemu telur dengan sukses.

Perlengketan ovarium membuat ovulasi terhambat atau tuba falopi tidak dapat mengambil telur. Fungsi ovarium yang rusak menyebabkan tidak adanya ovulasi dan gangguan menstruasi lainnya. Kondisi-kondisi itu bisa membawa dampak yang sama, yaitu ketidaksuburan.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran akan gejala tertentu, konsultasikanlah pada dokter.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda mengalami satu tanda atau gejala yang disebutkan di atas, atau memiliki pertanyaan apa pun, konsultasikanlah pada dokter. Tubuh setiap orang bereaksi dengan cara berbeda. Selalu lebih baik untuk mendiskusikan apa yang terbaik untuk keadaan Anda dengan dokter.

Penyebab

Apa penyebab ovaritis?

Peradangan ovarium awalnya bisa terjadi karena penularan. Akar dari penyakit ini adalah mikroflora oportunistik (staphylococcus, streptococcus, E. coli, Mycoplasma, dan lain-lain) atau patogen (Chlamydia, spirochetes, virus, dan lain-lain). Penghalang pelindung organ kelamin tidak dapat mencegah masuknya mikroorganisme sehingga sebagian besar penyakit peradangan ovarium dan tuba falopi disebabkan oleh kelompok mikroba.

Peradangan ovarium dengan tidak adanya saluran rahim sangatlah jarang terjadi. Sumber paling umum dari peradangan pada jaringan ovarium adalah tuba falopi yang terinfeksi. Rongga tuba falopi dalam tubuh yang sehat harus bersifat steril. Pada orang yang terinfeksi, buluh-buluh infeksi menembus menuju vagina, serviks, dan rahim.

Melalui tuba, dan kemudian di ovarium, dimulailah proses peradangan yang menginfeksi. Organ yang sehat dalam banyak kasus dapat mengatasi infeksi dan mencegahnya menyebar. Namun, apabila peradangan tetap terjadi pada organ dalam, biasanya orang yang terinfeksi juga menderita gangguan imun yang menyebabkan kondisi kesehatannya memburuk, seperti penyakit endokrin dan imun, disfungsi hormon, dan riwayat penyakit ginekologi.

Faktor Pemicu

Apa yang meningkatkan risiko ovaritis?

Ada banyak faktor risiko untuk ovaritis, seperti:

  • Kerusakan jaringan pada saluran kelamin eksternal dan rongga rahim selama prosedur diagnosik dan pengobatan, aborsi, atau melahirkan. Kelompok pathogen oportunistik dengan sukses menembus cedera mukosa pada jaringan di bawahnya dan mulai berkembang biak, dan kemudian naik ke saluran rahim. Pathogen dapat masuk ke saluran kelamin dan melalui peralatan bedah
  • Peradangan alat kelamin yang spesifik. Gonore (gonorrhea) dapat merusak sel-sel epitel saluran kelamin luar dan kemudian menyebar di atasnya. Peradangan akut gonore ditandai dengan penyebaran yang pesat pada saluran kelamin dan menyebabkan komplikasi septik yang parah pada appendages.
  • Adanya peradangan dan infeksi kronis pada rahim. Dalam endometritis kronis, pathogen memiliki kesempatan untuk naik ke dalam tuba falopi dan menjadi sumber peradangan.
  • Uterine spiral. Benang spiral dari kuman vagina dapat masuk ke dalam endometrium dan kemudian ke tuba dan ovarium.
  • Stres dan kelelahan.
  • Hipotermia atau perubahan tajam pada zona iklim.

Diagnosis dan Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Bagaimana ovaritis didiagnosis?

Gejala peradangan ovarium biasanya dapat menentukan penyebab peradangan, stadium, dan keberadaan infeksi yang terjadi bersamaan pada struktur di sekitarnya. Dalam kebanyakan kasus, peradangan ovarium adalah bagian dari kombinasi peradangan rahim, ketika pada saat yang sama mengenai tuba falopi dan ovarium.

Mendiagnosis penyakit rahim biasanya tidak menyebabkan kesulitan. Diagnosis yang tepat bisa didapatkan ketika pasien memberikan keluhan spesifik, melalui pemeriksaan gata ginekologi, dan tes laboratorium. USG juga membantu untuk melokalisasi proses peradangan dan tingkat penyebarannya.

Apa saja pengobatan untuk Ovaritis?

Terapi peradangan ovarium mencakup program pengobatan individual, dengan misi mengeliminasi sumber infeksi, memperbaiki perubahan hormon, dan imun yang terkait, serta mengeliminasi komplikasi. Bagian penting dari pengobatan peradangan ovarium pada wanita muda adalah untuk mengembalikan kemampuan untuk hamil.

Pencegahan

Apa saja yang dapat saya lakukan untuk mencegah dan mengobati ovaritis?

Perubahan pada gaya hidup dan langkah-langkah kebersihan yang benar secara umum adalah satu-satunya hal yang dibutuhkan untuk mencegah penyakit ini.

Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter untuk memahami solusi terbaik untuk Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Direkomendasikan untuk Anda

    ooforektomi adalah pengangkatan indung telur

    Mengulas Seputar Ooforektomi, Prosedur Operasi Pengangkatan Indung Telur (Ovarium) Wanita

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
    Dipublikasikan tanggal: 31/05/2019
    kanker ovarium pada anak

    Apakah Anak dengan Kanker Ovarium Akan Sulit Memiliki Keturunan?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
    Dipublikasikan tanggal: 10/04/2018
    Susah Hamil

    4 Penyakit yang Bikin Anda Susah Hamil

    Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
    Dipublikasikan tanggal: 26/01/2017