Gangguan Sendi Rahang (TMJ)

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020
Bagikan sekarang

Definisi

Apa itu gangguan sendi rahang?

Sendi temporomandibular, yang disingkat TMJ (temporomandibular joint), adalah sendi dan otot rahang untuk membuka dan menutup mulut. Terletak pada setiap sisi kepala, sendi TMJ bekerja sama saat Anda mengunyah, berbicara, atau menelan, serta melibatkan otot dan ligamen serta tulang rahang. 

Sendi ini juga mengendalikan rahang bawah saat bergerak ke depan, ke belakang, dan menyamping.

Setiap TMJ memiliki piringan di antara bola dan soket. Piringan menyokong beban dan membuka rahang dengan lebar, memutar atau menggeser. Adanya masalah yang mencegah sistem kompleks yang terdiri dari otot, ligamen, piringan dan tulang dari bekerja dengan tepat dapat menyebabkan gangguan sendi rahang atau TMJ yang menyakitkan.

Gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala gangguan sendi rahang?

Tanda-tanda dan gejala dari gangguan sendi rahang dapat meliputi:

  • Nyeri pada rahang
  • Rasa sakit pada bagian dalam dan sekitar telinga
  • Kesulitan atau rasa tidak nyaman saat mengunyah
  • Nyeri pada wajah
  • Terkuncinya sendi, menyebabkan mulut sulit membuka dan menutup

Gangguan sendi rahang juga dapat menyebabkan suara klik atau sensasi kasar saat Anda membuka mulut atau mengunyah. Namun, apabila tidak ada rasa sakit atau batasan dari pergerakan yang terkait dengan klik pada rahang, Anda mungkin tidak memerlukan perawatan untuk gangguan sendi rahang.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter gigi?

Segera cari perhatian medis apabila Anda memiliki rasa sakit yang tidak kunjung hilang pada rahang, atau jika Anda tidak dapat membuka atau menutup rahang dengan sempurna.

Dokter, dokter gigi atau spesialis TMJ dapat membahas kemungkinan penyebab dan perawatan untuk masalah Anda.

Diagnosis dan pengobatan

Bagaimana dokter mendiagnosis kondisi ini?

Banyak kondisi lain yang menyebabkan gejala serupa, seperti kerusakan gigi, masalah sinus, radang sendi, atau penyakit gusi. Untuk mencari tahu apa yang menyebabkan masalah Anda, dokter gigi biasanya akan bertanya tentang riwayat kesehatan Anda dan melakukan pemeriksaan fisik. 

Dokter akan memeriksa sendi rahang untuk melihat adanya rasa sakit atau perubahan, mendengarkan klik atau suara ketika Anda menggerakkannya. Dokter juga akan memastikan rahang Anda berfungsi sebagaimana mestinya dan tidak mengunci ketika Anda membuka atau menutup mulut. 

Selain itu, dokter gigi mungkin juga akan menguji gigitan Anda dan memeriksa kemungkinan masalah dengan otot wajah Anda. 

Kemudian, dokter gigi mungkin akan meminta Anda melakukan rontgen wajah penuh, sehingga mereka bisa melihat rahang, sendi temporomandibular, dan gigi Anda, untuk menyingkirkan masalah lainnya. 

Dokter gigi mungkin perlu melakukan tes lain, seperti magnetic resonance imaging (MRI) atau computer tomography (CT). MRI dapat menunjukkan apakah TMJ berada di posisi yang tepat saat rahang Anda bergerak. Sementara itu, CT scan menunjukkan detail tentang tulang sendi Anda. 

Anda dapat dirujuk ke ahli bedah mulut untuk penanganan dan perawatan lebih lanjut. Dokter ini ahli dalam operasi di dan sekitar wajah, mulut, dan rahang. Anda juga dapat menemui dokter gigi untuk memastikan gigi, otot, dan persendian Anda berfungsi sebagaimana mestinya.  

Apa pilihan pengobatan untuk gangguan sendi rahang?

Dikutip dari Web MD, berikut adalah pilihan pengobatan untuk mengatasi gangguan sendi rahang:

Obat-obatan

Dokter gigi mungkin akan meresepkan Anda NSAID dengan dosis yang lebih tinggi jika Anda membutuhkannya sebagai pereda rasa sakit dan bengkak. Dokter mungkin merekomendasikan pelemas otot untuk mengendurkan rahang jika Anda mengunyah atau mengepalkan gigi. 

Obat anti-kecemasan untuk menghilangkan stres pemicu gangguan sendi rahang juga dapat diberikan oleh dokter. Dalam dosis rendah, obat-obatan tersebut juga dapat membantu mengurangi atau mengendalikan rasa sakit. Obat-obatan ini hanya tersedia dengan resep dokter. 

Belat 

Belat berupa corong plastik ini pas dengan gigi atas dan bawah Anda untuk menjaga mereka agar tidak bersentuhan. Alat tersebut dapat mengurangi efek mengepalkan atau mengunyah dan memperbaiki gigitan Anda dengan cara menempatkan posisi gigi ke arah yang tepat. 

Pengerjaan gigi

Dokter gigi Anda dapat mengganti gigi yang hilang dan menggunakan crown, bridges, atau kawat gigi untuk menyeimbangkan permukaan gigitan gigi Anda atau untuk memperbaiki masalah gigitan. 

Anda mungkin tidak dapat mencegah gangguan sendi rahang berkembang, tetapi Anda dapat mengurangi gejala dengan menurunkan tingkat stres Anda. Caranya adalah dengan konseling, olahraga, dan diet. 

Pengobatan di rumah

Apa yang bisa saya lakukan di rumah untuk mengatasi gangguan sendi rahang?

Menyadari kebiasaan yang terkait dengan tensi, seperti menegangkan rahang, menggertakan gigi, atau kebiasaan menggigit-gigit benda seperti pensil, dapat membantu Anda mengurangi frekuensi gangguan. 

Tips berikut dapat membantu Anda mengurangi gejala dari gangguan sendi rahang:

  • Konsumsi obat-obatan bebas di apotek. Anda dapat mengonsumsi obat anti-peradangan non-steroid (NSAID), seperti naproxen atau ibuprofen untuk meredakan nyeri otot atau pembengkakan.  
  • Hindari penggunaan otot rahang yang berlebih. Konsumsi makanan yang lembut. Potong makanan menjadi potongan-potongan kecil. Hindari makanan lengket atau kenyal, seperti permen karet.
  • Lakukan peregangan dan pijat. Dokter, dokter gigi atau terapis dapat menunjukkan cara latihan untuk meregangkan dan memperkuat otot rahang, serta bagaimana memijat otot Anda sendiri.
  • Panas atau dingin. Menempelkan panas yang hangat dan lembap atau es pada bagian samping wajah dapat meringankan rasa sakit.
  • Jangan menopang dagu. Anda juga tidak disarankan meletakkan telepon genggam di antara telinga dan bahu Anda. Lakukan postur yang baik untuk mengurangi sakit di leher dan wajah. 
  • Jaga gigi bagian atas dan bawah Anda selalu terpisah. Cara ini akan mengurangi tekanan pada rahang Anda. Letakkan lidah di sela-sela gigi Anda untuk mengontrolnya. 

Pencegahan

Bagaimana saya dapat mencegah gangguan sendi rahang?

Untuk mencegah gangguan TMJ:

  • Jika Anda cenderung memiliki serangan rasa sakit pada rahang, hindari mengunyah permen karet atau menggigit benda-benda, seperti pulpen atau kuku. Hindari makanan keras atau kenyal. Saat Anda menguap, sokong rahang bawah dengan tangan Anda.
  • Kunjungi dokter gigi apabila Anda menggertakkan gigi pada malam hari. Dokter gigi dapat membuatkan semacam bidai untuk Anda.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    3 Cara Terbaik untuk Menjaga Kebersihan Lidah

    Membersihkan lidah sama pentingnya dengan menggosok gigi. Jangan bingung, intip berbagai cara berikut ini untuk membersihkan lidah Anda.

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Aprinda Puji

    Daftar Rekomendasi Obat Sakit Gusi, dari Resep Dokter Hingga Bahan Alami

    Sakit gusi tak boleh diremehkan karena bisa jadi sumber infeksi. Untungnya, ada banyak pilihan obat untuk membantu meredakan sakit gusi. Apa saja?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari

    7 Penyebab Gusi Bernanah yang Perlu Anda Waspadai

    Selain bikin nyeri tak karuan, gusi bernanah juga bisa memicu infeksi. Mungkin salah satu hal ini adalah penyebab gusi Anda jadi bernanah.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari

    Bakteri Mulut Bisa Mencapai Otak, Yuk, Cegah dengan 4 Hal Ini

    Ternyata, bakteri pada mulut bisa berpindah ke bagian tubuh lainnya, hingga ke otak dan menyebabkan infeksi. Supaya tidak menyebar, cegah dengan tips ini.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji

    Direkomendasikan untuk Anda

    infeksi mulut

    5 Kebiasaan Harian yang Bisa Bantu Mencegah Masalah dalam Mulut

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Roby Rizki
    Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020
    kebersihan gigi dan mulut

    4 Cara Menjaga Kebersihan Mulut Agar Tak Jadi Sarang Penyakit

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Roby Rizki
    Dipublikasikan tanggal: 06/05/2020
    menjaga kesehatan mulut saat puasa

    Cara Menjaga Kebersihan Mulut Saat Berpuasa

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Roby Rizki
    Dipublikasikan tanggal: 06/05/2020
    menghilangkan bau mulut saat puasa

    7 Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020