Carpal Tunnel Syndrome

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Definisi

Apa itu carpal tunnel syndrome?

Carpal tunnel syndrome adalah penyakit yang mempengaruhi pergelangan tangan dan tangan. Saraf yang mengontrol indra perasa dan pergerakan di dalam pergelangan tangan dan tangan yang terkena sindrom carpal tunnel disebut saraf median. 

Saraf tersebut melintang melewati struktur pada pergelangan tangan yang berbentuk terowongan yang disebut carpal tunnel (terowongan carpal).

Kondisi ini menyebabkan kesemutan, mati rasa, atau rasa sakit yang menusuk seperti jarum suntik di sepanjang pergelangan tangan sampai lengan atas. Bagian yang paling sering terasa nyeri umumnya adalah jempol, jari tengah, telunjuk, dan area telapak tangan. 

Seberapa umumkah carpal tunnel syndrome?

Carpal tunnel syndrome adalah kondisi yang seringnya dialami oleh tukang ketik, kasir, tukang daging, dan petugas kebersihan, dan pekerja lainnya yang memungkinkan kedua tangan melakukan gerakan berulang dalam waktu yang lama.

Penyakit ini dapat diatasi dengan mengurangi faktor risiko. Diskusikanlah dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala carpal tunnel syndrome?

Tanda dan gejala khas dari carpal tunnel syndrome adalah:

Kesemutan atau mati rasa

Anda mungkin menyadari kesemutan atau mati rasa di jari atau tangan Anda. Biasanya ibu jari dan telunjuk, jari tengah atau jari manis terpengaruh, tetapi tidak pada jari kelingking. Anda mungkin merasakan sensasi seperti sengatan listrik. 

Sensasi itu dapat menyebar dari pergelangan tangan ke lengan Anda. Gejala-gejala ini sering terjadi saat menyetir, memegang telepon atau koran. Bahkan, kondisi ini dapat membangunkan Anda dari tidur. 

Banyak orang melakukan jabatan tangan untuk meredakan gejalanya. Perasaan mati rasa itu bisa menjadi konstan dari waktu ke waktu.

Menjadi lemah

Anda mungkin merasa lemah di tangan Anda hingga tak sengaja menjatuhkan barang. Ini mungkin karena mati rasa di tangan atau pelemahan pada otot jempol ibu jari Anda.

Mungkin masih ada gejala lain yang tidak tercantum di atas. Jika ingin bertanya tentang tanda ini, konsultasikanlah kepada dokter.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda atau gejala di atas atau memiliki pertanyaan, konsultasikanlah kepada dokter, terutama jika gejala sampai mempengaruhi rutinitas harian. Setiap tubuh bertindak berbeda satu sama lain. Selalu diskusikan dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaik bagi kondisi Anda.

Penyebab

Apa penyebab carpal tunnel syndrome?

Penyebab carpal tunnel syndrome adalah penyempitan terowongan carpal karena pergelangan tangan membengkak. Saluran yang mengecil menekan saraf median, yang menyebabkan rasa nyeri dan gejala lainnya.

Selain itu, beberapa penyebab lain dari carpal tunnel syndrome adalah:

  • Menggerakkan tangan dan pergelangan tangan berulang kali dengan cara yang sama, misalnya mengetik, menulis, dan menggunakan mouse komputer.
  • Wanita hamil sering mengalami carpal tunnel syndrome karena perubahan hormon dan penumpukan cairan.
  • Beberapa penyakit, misalnya gangguan muskuloskeletal, kekurangan tiroid (hipotiroid), dan diabetes.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk carpal tunnel syndrome?

Beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko terkena carpal tunnel syndrome adalah:

Faktor anatomi

Fraktur atau dislokasi pergelangan tangan, atau arthritis yang merusak tulang-tulang kecil di pergelangan tangan, dapat mengubah ruang di dalam terowongan karpal dan memberi tekanan pada saraf median. 

Orang yang memiliki carpal tunnel yang lebih kecil mungkin lebih cenderung mengalami carpal tunnel syndrome. 

Jenis kelamin

Carpal tunnel syndrome lebih umum terjadi pada wanita. Ini mungkin terjadi karena ukuran carpal tunnel pada wanita lebih kecil daripada pria. 

Wanita yang mengidap carpal tunnel syndrome mungkin juga memiliki carpal tunnel yang lebih kecil daripada yang tidak mengidap kondisi itu. 

Kondisi kerusakan saraf

Beberapa penyakit kronis, seperti diabetes, meningkatkan risiko Anda terkena kerusakan saraf, termasuk pada saraf median. 

Kondisi peradangan

Artritis reumatoid dan kondisi lain yang berhubungan dengan peradangan dapat mempengaruhi lapisan di sekitar tendon di pergelangan tangan dan memberikan tekanan pada saraf median Anda. 

Obat-obatan

Beberapa penelitian yang disebutkan Mayo Clinic menunjukkan adanya hubungan antara carpal tunnel syndrome dan penggunaan anastrozole (Arimidex), sebuah obat untuk menangani kanker payudara. 

Obesitas

Obesitas meningkatkan risiko Anda terkena carpal tunnel syndrome. 

Perubahan cairan tubuh

Retensi cairan dapat meningkatkan tekanan dalam carpal tunnel Anda dan mengiritasi saraf median. Ini biasa terjadi selama kehamilan dan menopause. Carpal tunnel syndrome yang berhubungan dengan kehamilan umumnya membaik dengan sendirinya setelah kehamilan. 

Kondisi medis lainnya

Kondisi tertentu, seperti menopause, kelainan tiroid, gagal ginjal, dan limfedema, dapat meningkatkan risiko Anda terkena carpal tunnel syndrome. 

Faktor tempat kerja

Bekerja dengan alat yang bergetar atau pada jalur perakitan yang membutuhkan penekukan pergelangan tangan yang berulang dapat menciptakan tekanan berbahaya pada saraf median atau memperburuk kerusakan saraf yang ada, terutama jika pekerjaan dilakukan di lingkungan yang dingin. 

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk carpal tunnel syndrome?

Pilihan pengobatan untuk carpal tunnel syndrome adalah:

Perubahan gaya hidup

Berhenti melakukan hal apapun yang menyebabkan carpal tunnel syndrome. Hal ini mungkin sulit bagi yang bekerja, tapi bicarakan dengan bos Anda.

Terkadang perubahan sederhana bisa membantu, misalnya menggunakan bantalan pergelangan tangan saat mengetik. Terapis fisik atau okupasi bisa menyarankan cara yang berbeda.

Mengurangi tekanan pada saraf median

Obat, membebat pergelangan tangan, dan operasi biasanya digunakan. Saat terbaik untuk membebat pergelangan tangan adalah malam hari, tapi ada juga yang di siang hari.

Obat bisa meredakan nyeri dalam jangka pendek dengan mengurangi radang. Obat juga bisa disuntik ke pergelangan tangan dan dapat membantu dalam waktu yang lebih lama. Operasi untuk memperluas ruang bagi saraf adalah cara terbaik untuk mengurangi tekanan saraf jika pengobatan lainnya tidak efektif.

Dengan operasi, Anda biasanya lebih cepat pulih, tapi Anda harus mengistirahatkan selama setidaknya 6 minggu untuk mempercepat penyembuhan dan menghindari gejala baru.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk carpal tunnel syndrome?

Dokter memeriksa pergelangan tangan dan akan memukul bagian saraf median dan membengkokkan dan menahannya selama beberapa detik. Tes khusus (EMG) untuk memeriksa saraf dan otot pergelangan tangan mungkin juga dilakukan.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi carpal tunnel syndrome?

Beberapa perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang mungkin dapat membantu mengatasi carpal tunnel syndrome adalah:

  • Ubah kebiasaan yang menyebabkan carpal tunnel syndrome.
  • Minum pil sesuai arahan dokter.
  • Tunda pengobatan. Jika muncul gejala sakit otot yang parah, peluang pulih total lebih sedikit.
  • Lepaskan pembebat pergelangan tangan sebentar jika Anda memakainya di siang hari untuk melatih pergelangan tangan dan tangan. Jangan benar-benar berhenti menggunakan dan melatih tangan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah kepada dokter untuk mendapatkan solusi terbaik bagi Anda.
Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Akantosis Nigrikans, Saat Kulit Menebal dan Menghitam Akibat Diabetes

    Akantosis nigrikans adalah gangguan kulit yang ditandai dengan kulit menebal dan menggelap. Kondisi ini bisa menjadi salah satu tanda diabetes.

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala
    Penyakit Diabetes, Diabetes Tipe 2 8 September 2020 . Waktu baca 5 menit

    11 Cara Mencegah Diabetes yang Bisa Dilakukan Mulai Hari Ini

    Meski tak bisa disembuhkan, ada berbagai macam cara untuk mencegah diabetes. Tindakan pencegahan diabetes ini pun sangat sederhana. Apa saja?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Penyakit Diabetes, Diabetes Tipe 2 8 September 2020 . Waktu baca 9 menit

    Gejala Penyakit Urologi, Dari Nyeri Buang Air Kecil Hingga Impotensi

    Gejala penyakit urologi kerap berhubungan dengan proses kencing yang tidak normal seperti kesulitan atau malah terlalu sering. Apa gejala lainnya?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Urologi 7 September 2020 . Waktu baca 10 menit

    8 Kondisi yang Menjadi Penyebab Sering Buang Air Kecil

    Ada banyak hal yang menjadi penyebab sering buang air kecil, mulai dari kebiasaan minum, konsumsi obat, hingga penyakit. Apakah Anda memiliki salah satunya?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
    Urologi, Kandung Kemih 6 Agustus 2020 . Waktu baca 6 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    pencegahan anemia

    7 Cara Mencegah Anemia yang Perlu Anda Lakukan

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Fajarina Nurin
    Dipublikasikan tanggal: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
    terapi urine minum air kencing

    Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit
    merawat kulit orang diabetes

    Berbagai Perawatan untuk Menjaga Kesehatan Kulit

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
    Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 8 menit
    transplantasi ginjal

    Transplantasi Ginjal

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
    Dipublikasikan tanggal: 15 September 2020 . Waktu baca 11 menit